15 Kegunaan Vitamin B Kompleks Mulai Jantung Hingga Hati

#VitaminBBenefits #ManfaatVitaminB #HealthyLiving #VitaminSupplements #HealthWellness #NutritionTips #VitaminBComplexBenefits #NaturalHealth #WellnessJourney #HolisticHealth

Vitamin B complex memiliki segundan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk fungsi otak, saraf, kulit, dan pencernaan. Dinamai complex adalah karena vitamin ini terdiri dari delapan jenis, yakni thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), folat (B9), serta kobalamin (B12). Anda disarankan rutin mengkonsumsinya, yuk baca hingga tuntas 15 kegunaan Vitamin B Kompleks.

 

kegunaan vitamin b kompleks

 

 

Efek  Samping & Kandungan

Kandungan Vitamin B Complex

B Complex terdiri dari 8 jenis vitamin yang bekerja sinergis dalam merawat kesehatan. Masing-masing tipe vitamin memiliki nama-nama yang unik dan memiliki manfaat yang berbeda-beda, seperti:

Vitamin B1

Kandungan Vitamin B Complex: thiaminLebih dikenal juga dengan sebutan Tiamin. Ia memiliki manfaat penting bagi tubuh, seperti: secara umum menjaga kesehatan tubuh, dapat meningkatkan nafsu makan, membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, berperan penting dalam metabolisme protein dalam tubuh, serta membantu tubuh menghasilkan energi. Kekurangan vitamin b-1 akan menimbulkan stres, badan lemas, risiko kaki kesemutan serta meningkatkan resiko terjadinya katarak pada mata kita.

Vitamin B2

Atau dikenal juga sebagai riboflavin. Ia memiliki beragam manfaat sangat penting untuk tubuh, seperti membantu untuk mengurangi resiko glaukoma, membantu fungsi-fungsi sistem saraf agar berjalan ideal, membantu pemugaran jaringan tubuh manusia, membantu menjaga kulit sehat, kuku serta rambut. Tidak hanya itu saja, Iai juga dikenal karena memiliki manfaat dalam memperbaharui protein, lemak, serta karbohidrat menjadi energi bagi tubuh.

Vitamin B3

Niasin adalah nama lainnya. Ia bermanfaat diantaranya adalah menetralisir racun, meningkatkan selera makan, membantu sistem pencernaan, yang sehat meningkatkan kolesterol HDL serta memperbaiki kulit dan saraf. Fungsi lainnya vitamin jenis ini adalah terhadap pelepasan tenaga dari karbohidrat, protein, lemak, dan terlibat pula dalam pembelahan-pertumbuhan sel, juga mencegah terjadinya pelagra (kekurangan viamin b kompleks).

Vitamin B-5

Ini vitamin bersifat larut dalam air. Di dalam tubuh, asam pantotenat berperan sebagai koenzim A yang berguna dalam banyak proses metabolisme pelepasan energi dan karbohidrat, protein, lemak, divestasi hormon adrenal, sintesis sel darah merah, sintesis kolesterol, serta sintesis asetilkolin. Manfaat lainnya adalah ia menolong  membentuk imunitas tubuh.

Vitamin B6

Orang-orang sering menyebut nama lainnya, piridoksin. Jika Anda sedang berpuasa, sebelum dimulai kami menyarankan secara rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vit. B6. Manfaat piridoksin adalah menjaga kadar glokosa dalam darah selama puasa, memiliki peran terhadap produksi & regenerasi sel darah merah, juga sebagai pengatur penggunaan protein, lemak juga karbohidrat yang telah diproduksi.

Vitamin B7

Atau biasa disebut sebagai biotin. Ia merupakan vitamin yang larut dalam air yang juga dikenal dengan vitamin H. Vitamin ini memiliki peranan yang sangat besar dalam reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti transfer karbon dioksida, metabolisme karbohidrat serta lemak. Yang unik dari biotin adalah kandungan ini adalah salah satu jenis vitamin yang cukup stabil dalam kondisi lingkungan, panas, paparan cahaya matahari, dan oksigen.

Vitamin B9

Atau dikenal pula dengan sebutan asam folat, merupakan jenis vitamin B yg sangat akrab dikalangan bumil. Pasalnya, vitamin B9 mempunyai manfaat penting terhadap tumbuh kembang janin, dan bagus untuk mencegah cacat bawaan bayi lahir. Selain itu, manfaat vitamin yang satu ini juga krusial terhadap pembelahan sel sepanjang kehamilan. Asam folat pula dapat memperbaiki daya jangan lupa/menurunkan risiko alzheimer.

Vitamin B12

Nama lainnya adalah kobalamin. Manfaat vitamin ini diantaranya adalah ia terlibat di dalam metabolisme setiap sel tubuh kita, terutama pada sintesis dan regulasi DNA serta sintesis asam lemak, juga dalam produksi energi tubuh kita. # suplemen vitamin b12 #

Efek Samping Vitamin B Complex

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B1 akan mendapatkan sensasi panas, pruritus, lemas, berkeringat, nausea, sianosis, edema paru, perdarahan saluran cerna, dan angioedema
  2. Dosis yang berlebihan vitamin B2 akan menyebabkan warna urin berubah menjadi lebih kuning.
  3. Jika berlebihan mengkonsumsi vitamin B3 akan membuat muntah, diare, nausea, nyeri perut, dispepsia, dan disfungsi hati.
  4. Kadar yang berlebihan pada nutrisi B5 akan meningkatkan resiko diare.
  5. Vitamin B6 jika dikonsumsi berlebihan berpotensi akan mengalami sindrom neuropati, gaya berjalan tidak stabil, mati rasa perioral, penurunan sensasi sentuhan dan parestesia.

 

15 Kegunaan Vitamin B Complex untuk Kesehatan

Vitamin B complex bekerja sinergis bersama-sama diantara ke-8 jenisnya dalam memberi manfaat bagi tubuh. Berikut adalah 15 manfaat vitamin B complex untuk pria juga wanita:

Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B complex, khususnya jenis folat (B-9), sangat bermanfaat untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Kandungan ini juga membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah sehingga tidak terlalu tinggi yang akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan selama Kehamilan

Untuk ibu hamil manfaat vitamin B complex juga sangat krusial. Asam folatnya sangat penting untuk pertumbuhan sel dan pembentukan jaringan tubuh, termasuk pembentukan sistem saraf bayi pada janin yang sedang berkembang.

Bahkan, bukan untuk menakut-nakuti, kekurangan kandungan folat selama kehamilan akan meningkatkan risiko cacat ketika bayi lahir. Konsumsilah asam folat entah itu via suplemen maupun makanan kaya akan nutrisi tersebut.

Meningkatkan Mood

Vitamin B complex bagus dikonsumsi untuk membantu meningkatkan mood, mengurangi depresi dan stres Anda. Jenis vitamin B-6nya membantu mengatur kadar serotonin dalam otak, yang tidak lain adalah zat kimia yang mempengaruhi mood dan emosi.

Meningkatkan Kesehatan Kulit & Rambut

Jenis Biotin dalam vitamin ini dapat membantu menjaga kulit Anda. Nutrisi ini akan membantu memperkuat struktur kulit dan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit rusak. Kekurangan biotin akan  menyebabkan kulit kering, gatal, serta bersisik.

Biotin juga penting untuk kesehatan rambut. Dengan mengkonsumsinya secara rutin berarti struktur rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda menjadi lebih kuat. Rambut rontok dan kerusakan rambut biasanya disebabkan karena kekurangan biotin.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Jenis riboflavin (B-2) dapat membantu menjaga mata yang sehat. Ini karena nutrisi tersebut membantu memperbaiki sel-sel mata yang rusak serta memperkuat pembuluh darah di dalam mata kita. Kekurangan riboflavin beresiko masalah pada penglihatan, juga mata kering dan rabun senja.

Menjaga Kesehatan Tulang

Folat (B-9) dan B-6 dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kedua jenis vitamin B bekerja sinergis dalam membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh yang pada akhirnya akan membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Otak

Thiamin (B-1) dan piridoksin (B-6) sangat penting untuk kesehatan otak Anda. Thiamin itu sendiri akan membantu produksi asetilkolin, atau neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak. Lalu piridoksin berfungsi membantu mengatur kadar serotonin dan norepinefrin yang membantu mengurangi risiko terkena gangguan kognitif pada lansia seperti Alzheimer.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Asam pantotenat (B5) dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Nutrisi ini membantu memproduksi enzim pencernaan untuk memecah makanan menjadi nutrisi yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jaringan Tubuh

Asam pantotenat (B-5) juga dapat membantu tingkatkan kesehatan jaringan tubuh. Ia membantu produksi kolagen, atau protein penting untuk kesehatan jaringan tubuh (tulang, kulit, maupun otot). # fungsi dari vitamin #

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

B complex Vitamin khususnya B-6 membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah putih, yang memang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Asam folat juga memberi manfaat bagi pria dalam rangka membantu meningkatkan kesuburan. Asam ini bisa membantu memperbaiki kerusakan DNA pada sperma serta dapat meningkatkan pergerakan (motilitas) sperma. Keduanya bagus untuk menambah peluang terjadinya kehamilan ketika sperma membuahi sel telur.

Menjaga Stamina

Vitamin B-12 membantu memproduksi sel darah merah. Sel ini bertanggung jawab mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sementara itu untuk vitamin B-1 – B6 bagus untuk membantu memecah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan Vitamin B Complex akan membuat Anda kelelahan dan kekurangan energi.

Bantu Pembentukan DNA

Asam folat sangat berperan dalam pembentukan DNA dan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan sel. Konsumsilah suplemen vitamin B complex apalagi ketika Anda dan pasangan sedang menjalankan program hami (Promil). # vitamin b yang baik buat program hamil #

Membantu Fungsi Hati Dan Ginjal

Jenis vitamin B1 – B3, dan B6 dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Ketiganya bekerja sinergis memperbaiki kerusakan sel dan mencegah masalah pada organ tersebut.

Membantu Fungsi Kelenjar Adrenal

Asam pantotenat peranannya amat krusial dalam fungsi kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon kortisol. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan penurunan produksi kortisol yang ujung-ujungnya menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.

 

kegunaan vitamin b kompleks dalam Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

 

Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

B complex Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, memelihara fungsi organ otak, dan pemroduksian energi. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin B complex adalah mengonsumsi suplemen atau asupan mengandung tinggi vitamin b complex.

Vitamin ini dapat dengan mudah kita temukan dalam daging, telur, susu, biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan. Buah-buahan seperti cherry, alpukat, jeruk, pisang dan lain-lain. Simak secara mendalam 16 Buah yang Kaya akan kandungan Vitamin B Kompleks.

 

 

Dosis Vitamin B Kompleks

Dosis harian yang dianjurkan dapat bervariasi tergantung pada faktor: usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Selalu ikuti anjuran dokter Anda mengenai dosis hariannya, jangan sampai Anda mendapatkan efek  sampingnya.

Mengutip Yashida Hospital, dosis harian vitamin B kompleks yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. Pada usia dewasa muda cukup 400 mikrogram (mcg) per hari
  2. Bagi ibu menyusui konsumsilah 500 mcg sehari
  3. Buat wanita hamil dan orang dewasa konsumsilah hanya 600 mcg sehari

 

 

Sumber:

Keajaiban 30 Buah Demi Mencegah dan Mengatasi Aneka Penyakit – Google Books
6 Buah yang Perlu Ditambahkan ke Daftar Makan Anda – Kementerian Kesehatan
Ketahui Peran Vitamin Dalam Meningkatkan Sistem Imun di Masa Pandemi COVID-19 – Universitas Gajah Mada
8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda yang Penting Diketahui – kontan.co.id
Protein Hewani sebagai Zat Gizi Penting buat Pertumbuhan Anak – Rumah Sakit Universitas Indonesia
Frequently Asked Questions about Vitamin B Complex – Yashoda Hospitals

 

# itu vitamin rights reserved selain itu vitamin b12 #

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa