15 Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya

#KehamilanSehat #Trimester3 #KeluahanIbuHamil #PerawatanTrimester3 #KesehatanIbuHamil #KonsultasiDokter #PerkembanganJanin #TrimesterAkhir #IbuHamilBahagia #PerawatanKehamilan

Masuk trimester ke-3 kehamilan, ada banyak keluh kesah yang mungkin Bunda merasai. Jangan cemas, Bunda tidak sendirian! Banyak yang mengalami keluhan ini. Maka, ini merupakan hal normal yang ibu hamil alami. Agar paham baca hingga tuntas apa saja keluhan Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya

 

keluhan ibu hamil trimester 3

 

Keluhan ibu hamil trimester 3

Dikutip dari beberapa sumber yang kredibel, berikut ini merupakan 10 keluh kesah umum yang kerap dirasakan ibu hamil pada trimester ke-3 :

Nyeri pada punggung

Berat bayi yang makin bertambah besar maupun peralihan posisi kandungan bisa memberi penekanan tambahan pada punggung Bunda. Coba sikap duduk yang sangat nyaman, pakai bantal penyangga, ataupun meminta suami untuk memberi pijatan ringan.

Napas sesak

Perkembangan bayi maupun penekanan kandungan yang bertambah bisa mengakibatkan napas sesak. Sempatkan diri untuk istirahat, jangan kebanyakan beraktivitas fisik, serta pastikan mempunyai ruang yang bagus perputarannya udaranya.

Heartburn

Sensasi terbakar di dada ataupun ngilu ulu hati merupakan tanda-tanda umum yang disebutkan heartburn yang dirasakan oleh beberapa ibu hamil. Menghindar dari makanan pedas, memiliki ukuran kecil tetapi kerap makan, maupun menghindar dari makan saat sebelum tidur bisa menolong menurunkan keluh kesah ini.

Wasir atau ambeien

Penekanan pada pembuluh darah oleh kandungan yang jadi membesar bisa jadi pemicunya. Untuk memudahkan keluh kesah ini, Bunda bisa coba memakai bantal khusus saat duduk, jaga skema makan yang sehat, maupun menghindar dari melafalkann saat bab.

Kerap membuang air kecil

Pada saat-saat ini, Bunda mungkin merasa seperti barusan ke kamar mandi, tetapi selang beberapa saat merasa ingin pergi kembali. Pastikan untuk minum cukup air maupun urinasi dengan teratur untuk mempertahankan kesehatan aliran kemih.

Sulit tidur

Masuk trimester ke-3 , susah tidur menjadi permasalahan untuk banyak ibu hamil. Berat yang semakin bertambah, kenyamanan yang menyusut, maupun biasanya membuang air kecil dapat mengusik tidur Bunda. Coba tidur dalam sikap yang sangat nyaman, pakai bantal penyangga di bawah perut maupun punggung, atau mengatur pola tidur yang teratur.

Nyeru pinggang atau pinggul

Kenaikan beban pada tulang belakang maupun peralihan hormon menjadi pemicunya. Bunda bisa coba pijatan halus, kompres hangat, maupun latihan enteng untuk menurunkan ketaknyamanan ini.

Peralihan warna atau bengkak puting maupun areola

Pada trimester ke-3 , Bunda kemungkinan menyaksikan peralihan pada warna maupun ukuran puting atau areola. Warna puting dapat jadi lebih gelap maupun lebih mencolok. Ini merupakan peralihan normal yang terjadi dalam penyiapan menyusui bayi nanti.

Payudara membesar

Seringkali ibu hamil alami perkembangan payudara lebih besar pada trimester ke-3 . Bra dengan ukurannya yang pas maupun support yang bagus bisa menolong kurangi ketaknyamanan maupun jaga kenyamanan Bunda.

Bocornya ASI

Walaupun ASI umumnya baru keluar sesudah melahirkan, sejumlah ibu hamil alami kebocoran cairan ASI pada trimester ke-3 . Ini merupakan hal yang normal maupun bisa terjadi sebagai tanggapan hormon badan.

Bunda bisa memakai bra penyangga yang sangat nyaman maupun bra khusus untuk menyusui untuk mengurus keluh kesah ini.

Bila keluh kesah yang Bunda alami berasa terlalu berlebih ataupun mengusik kualitas hidup keseharian, selekasnya diskusikan sama dokter kebidanan untuk memperoleh anjuran maupun perawatan yang akurat.

Disamping itu, untuk kurangi keluh kesah maupun ketaknyamanan di trimester ke-3 kehamilan, mempertahankan kesehatan maupun kenyamanan jadi penting.

 

 

Panduan atasi keluhan trimester 3 kehamilan

Berikut merupakan sejumlah panduan yang bisa menolong Bunda menghambat ketaknyamanan yang mungkin dirasa sepanjang trimester ke-3 :

Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan yang kaya buah-buahan, sayur, sumber protein rendah lemak, maupun serat. Ini akan menolong penuhi keperluan nutrisi Bunda maupun memberikan dukungan kesehatan Bunda atau perubahan bayi.

Pastikan & untuk makan dalam jatah yang cukup supaya badan Bunda memperoleh energi yang diperlukan.

Aktif berjalan kaki

Walaupun trimester ke-3 mungkin membuat Bunda merasakan lebih capek, teruslah aktif secara jalan kaki dengan teratur.

Jalan kaki merupakan salah satunya bentuk olahraga enteng yang bisa menolong jaga kesehatan badan, tingkatkan perputaran darah, maupun jaga otot-otot masih tetap kuat. Janganlah lupa untuk istirahat bila merasa capek.

Istirahat dan tidur yang cukup

Badan Bunda memerlukan beristirahat cukup sepanjang trimester ke-3 . Upayakan untuk tidur dalam sikap yang sangat nyaman, pakai bantal penyangga bila perlu, maupun mengatur pola tidur yang teratur.

Bila susah tidur, coba dengan tehnik rileksasi seperti bernapas dalam-dalam ataupun meditasi enteng.

Mudah-mudahan beberapa tips di atas bisa menolong Bunda menghambat ketaknyamanan yang mungkin dirasa sepanjang trimester ke-3 kehamilan.

Ingat-ingatlah, tiap kehamilan merupakan unik, menjadi penting untuk Bunda untuk membahas tiap kekuatiran ataupun permasalahan yang Bunda alami sama dokter kebidanan. Teruslah mempertahankan kesehatan maupun cicipi perjalanan kehamilan ini, Bunda!

 

 

Sumber:

Perubahan Fisik Juga Psikis Pada Ibu Hamil – Kemenkes RI
Ini Ciri-ciri Ibu Hamil yang Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai – Fakultas Kedokteran Univeristas Indonesia
Ini 17 Tanda-tanda Melahirkan yang Wajib Ibu Hamil Sadari – RS. Mitra Keluarga
Keluhan Hamil di Trimester 2 dan Bagaimana Mengatasinya wyethnutrition.co.id
Mengenali Apa Keluhan Saat Ibu Hamil yang Pertama – Universitas Gajah Mada

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa