15 Tips Sukses Menjalankan Program Hamil Mandiri

#SuksesPromil #TipsHamil #KesuburanAlami #LangkahPromil #NutrisiFertilitas #HamilSehat #PromilTerbaik #CaraHamilMudah #JalanMenujuKehamilan

Bagi pasangan suami istri menjalani program hamil memang gampang-gampang susah. Mempersiapkan kehamilan yang sehat butuh usaha bersama-sama. Ada banyak pasutri yang cepat hamil, tapi ada yang justru butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk memiliki momongan. Cara program yang bisa membantu Anda cepat punya anak tidak sekedar berhubungan intim. Ada banyak faktor yang harus Anda pahami, yuk simak 15 tips sukses menjalankan program hamil mandiri.

 

Program Hamil Mandiri

 

Agar program kehamilan Anda lancar dan berbuah kebahagiaan, ada beberapa tips yang harus Anda dan pasangan perhatikan.

 

Cara program hamil sukses yang dapat Anda lakukan

Menjalankan program kehamilan pasti memerlukan waktu, usaha, kesabaran juga finansial. 15 tips dibawah ini yang perlu dilakukan pasturi demi mewujudkan promil yang sukses.

 

 

Jalani tes kesuburan

Setiap pasangan yang aktif berhubungan seksual teratur tanpa KB atau pengaman haruslah mempertimbangkan pengecekan kesuburan jika tempo satu tahun tidak berbuah kehamilan.

Pemeriksaan kesuburan akan sangat membantu identifikasi masalah kemandulan. Untuk wanita disarankan melakukan tes ovulasi, histerosalpingografi (HSG), ultrasonografi, histeroskopi atau laparoskopi. Sedangkan untuk pria pemeriksaan air mani, pengujian hormon dan genetik atau biopsi testis. MRI otak, USG skrotum, atau tes vas deferens. Silahkan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk masalah ini.

Makan asupan yang tinggi asam folat

Selain sering dikonsumsi ibu hamil dengan menghindari berbagai gangguan kehamilan yang mungkin terjadi, seperti preeklamsia, asam folat memiliki segudang manfaat, seperti untuk meningkatkan kesuburan, mengurangi resiko keguguran, mencegah bayi lahir secara prematur, serta membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang mendukung promil yang berhasil. Rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, mulai dari buah, sayur, hingga produk hewani seperti asparagus, kacang tanah atau kuaci. Simak makanan lainnya dalam artikel Cara Yang Alami Agar Cepat Hamil 1 Minggu.

 

Berhenti menggunakan KB dan alat kontrasepsi

Ini paling dasar, namun banyak yang melupakannya. Hentikan pil KB, kondom, suntik KB, KB spiral dll beberapa bulan sebelum Anda dan pasangan memulai program. Umumnya sistem reproduksi akan berjalan normal  kembali dalam 3 bulan setelah berhenti KB.

 

Program Hamil Mandiri dan siklus menstruasi

Siklus Menstruasi

Kenali masa subur

Mengetahui masa subur adalah modal terbaik untuk mencoba hamil. Tanpa mengetahuinya, Anda mungkin akan kesulitan menjalani promil meski sudah berhubungan seksual dengan pasangan. Masa subur adalah rentang waktu ketika ovarium melepaskan sel telurnya (ovulasi). Pelepasan telur umumnya terjadi hanya satu kali dalam sebulan, terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi Anda dimulai.

Salah satu tanda masuk masa subur yang mudah diidentifikasi adalah lendir serviks menjadi lebih licin dan tipis. Sel telur ibu biasanya bertahan hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepas. Inilah waktu ideal bagi pasangan suami istri melakukan hubungan seksual untuk hamil.

Berhubungan intim lebih sering

 

Berhubungan intim lebih sering

Sperma sehat berpenetrasi ke sel telur ibu

 

Seperti diuraikan tadi, wktu paling baik untuk melakukan hubungan intim adalah di masa ovulasi istri. Cobalah lebih sering berhubungan intim setiap dua hari sekali. Tidak disarankan untuk setiap hari atau dua kali sehari karena kontra produktif.

Jangan Gunakan Pelumas

Menggunakan pelumas sangat tidak dianjurkan ketika pasangan sedang dalam masa promil. Biasanya digunakan sebagai pelicin agar memudahkan penetrasi penis dan rangsangan.

Mengapa tidak dianjurkan ? Pelumas mengandung bahan kimia yang akan menghambat gerakan sperma sehingga ia kesulitan mencapai sel telur dan membuahinya.

Berolahraga ringan

Kebugaran tubuh ada kaitannya dengan kesuburan. dengan berolahraga aliran darah ke organ reproduksi dapat meningkat. Olahraga yang dimaksud adalah yang ringan-ringan saja namun rutin dan teratur. Semisal jalan santai, berenang ringan, yoga, zumba dan olahraga ringan lainnya.

Stop merokok

Merokok adalah biang kerok menurunnya kualitas, bentuk dan motilitas (pergerakan) sperma, percayalah. Bagi wanita, merokok menyebabkan kerusakan ovarium yang tidak dapat diperbaiki. Tidak hanya itu, produksi sel telur Bunda juga menjadi lebih sedikit, belum lagi kualitasnya yang rendah.

Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut

Wah apa hubungannya ? Penyakit gusi oleh ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Meskipun teerdengar tidak berkaitan, periksakanlah masalah kesehatan mulut, terutama gigi, sebagai persiapan hamil.

Mengurangi kafein

Mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein terlalu berlebihan akan berdampak negatif terhadap promil. Cukup satu cangkir kopi per hari, atau ada baiknya menghindari sama sekali. Jumlah kafeina berlebihan dapat menyebabkan Anda sulit hamil.

Menjalani pola makan ideal

Pola makan yang buruk, seperti mengkonsumsi junkfood, makanan setengah matang ataupun jerohan wajib Anda hindari selama masa program. Konsumsilah hanya buah, sayur, biji-bijian, serta protein tanpa lemak setiap hari selama promil berlangsung.

Menjaga berat badan

Memiliki berat badan berlebih sangat mungkin mempersulit program hamil. Obesitas dapat menurunkan peluang Anda untuk sukses hamil, karena berat badan ternyata memengaruhi hormon dan dapat mencegah ovarium Anda berovulasi.

Membatasi konsumsi obat

Beberapa obat kimia memengaruhi kesehatan bayi jika dikonsumsi selama promil atau kehamilan. Minumlah obat jika diperlukan dan hanya dalam kontrol dokter.

 

Minum Suplemen Jika Perlu

Nutrisi yang tepat memainkan peran kunci dalam meningkatkan peluang kehamilan dan memastikan perkembangan embrio yang sehat. Beberapa nutrisi yang sangat penting buat program kehamilan melibatkan:

Asam Folat (Vitamin B9): Membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi dan mendukung pembentukan DNA. Anda dapat dengan mudah mengkonsumsi asam folat dalam Suplemen Nutrimax Mother.

Zat Besi: Mencegah anemia pada ibu hamil dan mendukung perkembangan janin. Kandungan ini bisa Anda peroleh dalam Suplemen Nutrimax Vital.

Kalsium: Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Silahkan konsumsi dengan rutin Suplemen Nutrimax Osteo Gard

Vitamin D: Penting untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin d3 dengan mudah via Suplemen D3 Nutrimax.

Omega-3 (DHA dan EPA): Mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin. MInum saja secara rutin Suplemen Omega 3 Nutrimax.

Pemilihan suplemen yang tepat dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan peluang kehamilan selama program kehamilan. Namun, ini harus dilihat sebagai bagian dari strategi kesehatan yang lebih luas yang mencakup pola makan seimbang, olahraga, dan perhatian medis yang teratur. Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang unik. Oleh karena itu, diskusikan rencana suplemen Anda dengan dokter untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan tujuan promil Anda.

 

Jika Gagal (Lagi) Bagaimana ?

Pola makan telah dijaga, gaya hidup sudah diperbaiki, suplemen penyokong kehamilan telah diminum, anjuran dokter telah diikuti dan lain-lain, tetapi mengapa kehamilan belum juga muncul ?

Anda dan pasangan mungkin harus dilanjutkan ke level berikutnya, yakni dengan teknologi reproduksi berbantu (TRB). Terdapat beberapa pilihan terapi yang akan disarankan ke pasien, biasanya adalah:  Induksi Ovulasi, In Vitro Fertilization (atau disebut juga bayi tabung), Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI), maupun inseminasi. Simak terapi-terapi tersebut dalam artikel Inilah Waktu yang Tepat Buat Program Hamil ke Dokter.

 

Sumber:

Merencanakan Jenis Kelamin Bayi – sardjito.co.id
PROGRAM KEHAMILAN YANG TEPAT, APA SAJA? – rsiabinamedika.com
Rutin Minum Susu Bikin Cepat Hamil, Benar Enggak Ya? – ui.ac.id
5 Macam Promil yang Efektif untuk Punya Anak – doktersehat.com

 

 

# cara agar pola hidup sehat kacang kacangan hal ini Anda bisa menerapkan salah satu cara pola hidup sehat hal yang hidup sehat berikut ini selain itu salah satu dapat meningkatkan pola hidup #

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa