16 Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

#VitaminB #BuahVitaminB #BuahSehat #VitaminBComplex #BuahSehat #VitaminBfoods #BuahPenuhNutrisi #HealthyFruits #BuahKayaVitaminB #NutrisiAlami

Selain daging dan sayuran-sayuran, banyak buah yang kaya akan vitamin B. Setiap harinya, tubuh kita amat memerlukan asupan vitamin b dan berbagai nutrisi lainagar badan kita bisa sehat. Vitamin B merupakan sejenis vitamin  larut dalam air yang penting untuk berbagai proses tubuh kita. Artikel ini mencoba menguraikan secara mendalam 16 buah yang mengandung vitamin b kompleks.

 

Buah yang Mengandung Vitamin b Kompleks

 

Ini Kandungan Vitamin B Complex

Vitamin ini juga terdiri dari 8 jenis vitamin, makanya ditambahkan istilah kompleks. Kesemuanya bekerja sinergis untuk membantu merawat kesehatan, seperti:

  1. Vitamin B1atau Tiamin
  2. Vitamin B2 atau Riboflavin
  3. Vitamin B3 atau Niasin
  4. Vitamin B5 atau Asam Pantotenat
  5. Vitamin B6 atau piridoksin
  6. Vitamin B7 atau Biotin
  7. Vitamin B9 atau Asam Folat
  8. Vitamin B12 atau Kobalamin

Klik di sini untuk mengetahui lebih mendalam setiap manfaat kandungan jenis Vitamin B Complex.

 

16 Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Indonesia adalah negara yang beruntung melimpah varietas tumbuh-tumbuhannya. Orang Indonesia sebenarnya “punya modal” untuk sehat, karena buah-buahan yang digemari orang di seluruh dunia sebagian besar ada di sini, khususnya buah-buahan sumber Vitamin B Complex. Apalagi Anda yang tinggal di sekitaran Pasar Induk, wah sayang sekali kalau tidak menggemari buah, becanda loh. # vitamin dan sel darah merah yang cukup #

Alpukat

Alpukat atau avokad (Persea Americana) adalah sumber vitamin B6 selain mikronutrien penting lainnya seperti tembaga dan magnesium. Kandungan nutrisinya juga mendukung sistem imunitas tubuh dalam melawan bakteri & virus. Tidak itu saja, alpukat mengandung vitamin B2, B3, B5, dan B9 (folat), serta tinggi lemak tak jenuh tunggal.

Jeruk

Atau terkenal juga dengan nama Orange (Citrus) juga sangat kaya vitamin B jenis B12. Ia pun mengandung antioksidan tinggi, beta-karoten, dan kalsium yang tentu saja adalah nutrisi penting bagi tubuh kita. # vitamin b untuk kebugaran #

Apel

Apel (Malus domestica) mengandung tinggi vitamin B12, riboflavin (vitamin B2) yang membantu tubuh untuk menyerap energi dari makanan yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. # sayuran hijau dan b12 #

Pisang

Buah lainnya yang sangat populer di Indonesia yang mengandung vitamin B adalah pisang (Musa). Jenis vitamin B terkandung dalam buah ini adalah vitamin B12 atau Cyanocobalamin. Oleh orang-orang yang sering sembelit, pisang merupakan opsi utama karena seratnya yang tinggi. # makanan yang baik buat kesehatan #

Blueberry

Blueberry (corymbosum) merupakan buah dengan kandungan B12 yang tinggi dan kaya akan antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita.

Mangga

Siapa yang tidak kenal mangga (Mangifera sp). Rasanya manis atau asam (jika hendak dibuat rujak). Bagi yang suka buah ini pasti karena manis dan teksturnya yang lembut. Ia juga mengandung Vitamin B jenis niasin (B-3).

Nanas

Nanas (ananas comosus) kaya akan kandungan Vitamin B-1 (Thiamin) yang bagus buat kesehatan ingatan kita. Jadi, bagi Anda yang “suka lupa” jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi nanas.

Peach

Ingat Dewi Persik ingat juga Buah persik (peach). Ia memiliki daging berwarna kuning dengan aroma yang harum menggoda. Buah ini kaya akan vitamin B-3 (Niasin) yang bermanfaat menjaga saraf otak agar bekerja dengan baik.

Melon

Melon (Cucumis melo L.) terkenal karena memiliki kandungan vitamin B lengkap. Kandungannya bermanfaat membantu kinerja jantung dan termasuk membantu mencegah risiko serangan jantung. Selain itu, melon adalah jenis buah yang dapat memberikan efek segar serta mampu membantu mencegah stres serta melancarkan pasokan oksigen menuju otak.

Durian

Durian (durio) kaya vitamin B yang melimpah, sebut saja vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Nutrisi tersebut berperan dalam metabolisme energi, fungsi otak, juga buat kesehatan kulit.

Semangka

Buah semangka (andromonoecious monoklin) juga mengandung Vitamin B-6 yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan otak dan kelancaran peredaran darah dalam tubuh.

Jambu Biji

Jambu biji (Psidium guajava ) atau juga terkenal dengan sebutan jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk. Dagingnya mengandung beraneka macam mineral serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B6 dan vitamin B3. Tidak hanya buahnya, daun jambu biji dapat mengurangi kerontokan rambut karena kadar vitamin Bnya sangat tinggi. Vitamin B2 berperan memperbaiki sel dan folikel rambut sehingga menguatkan akar rambut.

Strawberry

Buah strawberry (fragaria × ananassa) memiliki rasa asam juga manis yang menyegarkan badan. Ia mengandung vitamin B yang sangat baik untuk membantu daya tahan tubuh agar tidak rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Cherry

Buah ini (Prunus subg. Cerasus) ceri sering dijadikan hiasan kue. Namun tahukah Anda cherry ternyata tinggi  vitamin B. Dalam tiap 100 gram buah kecil ini mengandung sekitar 6 mg vitamin B9, 0,2 mg vitamin B5, 0,04 mg vitamin B2, dan 0,03 mg vitamin B1.

Anggur

Anggur dipanen dari tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Kandungan vitamin Bnya dijamin tinggi. 100 gram buah anggur mengandung vitamin B cukup tinggi: 3 mg vitamin B9, 0,1 mg vitamin B1, 0,07 mg vitamin B5, serta 0,13 mg vit. B6. Jika dimakan secara rutin, maka sama saja Andamencegah risiko penyakit kronis, membantu produksi hormon, membantu pembentukan DNA, dan merawat fungsi otak.

Kurma

Kurma (Phoenix dactylifera) berasal dari tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Kandungan nutrisinya sangat beragam. Ia salah satunya sangat kaya vitamin b complex jenis B-6. # makanan yang sehat #

Delima

Delima (Punica granatum) merupakan tumbuhan yang tumbuh biasanya hingga 5–8 m. Sering disebut pomegranate atau pome. Dengan kulitnya yang tebal buah ini kaya akan nutrisi bermanfaat untuk kesehatan. Ia kaya vitamin B kompleks jenis asam pantotenat (B-5) yang terkenal sangat bagus untuk merawat kesehatan jantung.

 

 

Kegunaan Vitamin B Complex buat Kesehatan

B Complex bekerja secara sinergis dalam memberikan manfaat bagi tubuh kita. Masing-masing jenis memiliki manfaat atau bahkan berkolaborasi bersama-sama membentuk manfaat. Setidaknya ada 15 manfaat yang kami kumpulkan dari sumber-sumber terpercaya, beberapa diantaranya adalah:

 

Buah yang Mengandung Vitamin b Kompleks dan Kegunaannya buat Kesehatan

 

  1. Membantu Kebugaran Jantung
  2. Membantu Jaga Kesehatan selama Kehamilan
  3. Untuk Meningkatkan Mood
  4. Membantu Tingkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
  5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata
  6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang
  7. Membantu Proteksi Kesehatan Otak
  8. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
  9. Meningkatkan Kesehatan Jaringan Tubuh
  10. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh
  11. Meningkatkan Kesuburan Pria
  12. Untuk Menjaga Stamina Tubuh
  13. Untuk Membantu Pembentukan DNA
  14. Untuk Membantu Fungsi Hati Dan Ginjal
  15. Untuk Membantu Fungsi Kelenjar Adrenal

Baca juga artikel berikut ini: Potensi Pasar Obat Herbal di Indonesia Sangat Menjanjikan.

 

Efek Samping Vitamin B Complex

Sebagian besar mengkonsumsi vitamin B complex sebenarnya tidak menimbulkan risiko efek samping yang serius. Ditambah lagi, larut di air. Namun tetap saja Anda harus mengkonsumsi dosisi sesuai anjuran. Terdapat kemungkinan seseorang mengalami efek samping vitamin ini jika diminum secara berlebihan, yakni:

Vitamin B1 (Thiamine)

Mengkonsumsi vitamin B1 terlalu banyak akan mendapatkan sensasi panas, pruritus, lemas, berkeringat, nausea, sianosis, edema paru, perdarahan saluran cerna, dan angioedema

Vitamin B2

Dosis berlebihan vitamin B2 akan menyebabkan warna urin berubah menjadi lebih kuning.

Vitamin B3 (Niacin)

Niacin jika dikonsumsi berlebih akan membuat Anda muntah, diare, nausea, nyeri perut, dispepsia, dan disfungsi hati.

Vitamin B5

Kadar yang terlalu berlebihan pada nutrisi ini akan meningkatkan risiko diare.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Jika dikonsumsi berlebih anda berpotensi mengalami sindrom neuropati, gaya berjalan tidak stabil, mati rasa perioral, penurunan sensasi sentuhan dan parestesia.

 

Dosis Vitamin B Kompleks Per Hari

Dosis vitamin b kompleks harian yang disarankan bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan yang bersangkutan. Ingat selalu ikuti anjuran dokter tentang dosis hariannya, mengingat efek samping yang tak diinginkan. # salah satu manfaat vitamin untuk sistem saraf yang baik #

Mengutip laman Yashida Hospital, dosis harian vitamin B kompleks adalah sebagai berikut:

Dewasa muda: 400 mikrogram (mcg) per hari
Ibu menyusui: 500 mcg sehari
Wanita hamil dan orang dewasa: 600 mcg sehari

 

 

Sumber:

The Miracle of Fruits: Keajaiban 30 Buah Untuk Mencegah dan Mengatasi Aneka Penyakit – Google Books
6 Buah Unik yang Perlu Ditambahkan ke Daftar Makan Anda – Kementerian Kesehatan
Ketahui Peran Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun di Masa Pandemi COVID-19 – Universitas Gajah Mada
8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui – kontan.co.id
Protein Hewani Zat Gizi Penting bagi Pertumbuhan Anak – Rumah Sakit Universitas Indonesia
Frequently Asked Questions about Vitamin B Complex – Yashoda Hospitals

 

# manfaat vitamin untuk sel darah #

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa