20 Keluhan Ibu Hamil Trimester 1 2 dan 3: Cara Mengatasinya

#KehamilanSehat #Trimester3 #KeluahanIbuHamil #PerawatanTrimester3 #KesehatanIbuHamil #KonsultasiDokter #PerkembanganJanin #TrimesterAkhir #IbuHamilBahagia #PerawatanKehamilan

Banyak perubahan selama hamil yang akan Bunda rasakan ketika hamil nanti. Yang paling mudah terlihat adalah perut makin besar tiap minggunya. Per trimester keluhannya biasanya berbeda-beda dan lumrah adanya. Yang terpenting adalah bagaimana antisipasinya dan penanganan yang tepat. Jadi Bunda wajib tahu apa saja keluhan ibu hamil trimester 1 2 dan trimester 3 ini ya.

 

keluhan ibu hamil trimester 1 2 dan 3

 

Keluhan Bumil Pada Trimester 1

Memasuki trimester pertama atau 1 – 13 minggu mungkin Bunda akan merasakan banyaknya masalah. Memasuki awal kehamilan (trimester pertama kehamilan) bisa menjadi hal yang membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi Bunda. Kebanyakan Bunda akan merasakan gejala sebagai berikut:

Morning sickness

Hal lumrah terjadi jika Bunda merasakan mual dan muntah atau sering disebut juga morning sickness. Keluhan ini bisa “agak panjang” karena berlangusung selama tiga bulan pertama selama kehamilan. Tidak usah khawatir, gejala ini pertanda si janin sehat.

Sering buang air kecil

Bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil biasanya sering terjadi. Lumrah juga, karena gejala ini menunjukkan meningkatnya perubahan hormon progesteron yang memengaruhi kandung kemih terasa sering penuh juga karena tekanan pada kemih akibat rahim membesar.

Nyeri buah dada

Jangan kaget, nyeri di bagian payudara terjadi karena ada peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Fenomena ini biasanya terjadi pada 4-6 minggu selama kehamilan atau akhir trimester pertama. Gunakanlah bra khusus ibu hamil untuk mengurangi gesekan puting.

Gerah & Letih

Suhu badan biasanya akan meningkat pada periode ini apalagi Bunda tinggal di daerah dengan iklim panas. Keletihan terjadi akibat adanya peningkatan kadar estrogen. Minumlah air putih 3 liter per hari juga cukup tidur untuk kurangi keluhan.

Perubahan Mood

Perubahan suasana hati, atau mood swing, juga sering menjadi keluhan bumil di periode ini. Level estrogen –  progesteron tinggi bisa jadi dapat menyebabkan gejala ini. Cemas atau depresi harus disiasati dengan tetap berpikir positif sehingga mood tetap terjaga. Hindari pemicu stres yang bisa membuat mood menjadi kurang baik. Suami dan keluarga harus menyadari ini.

Kembung & Sembelit

Kembung disebabkan karena terjadi penurunan sistem pencernaan. Hormon dan tekanan dari bayi juga mungkin akan menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi atau mengurangi keluhan ini makanlah asupan kadar serat yang tinggi.

 

keluhan ibu hamil trimester 1 2 dan 3: Kembung dan Sembelit

 

 

Keluhan Trimester 2

Masuk ke trimester 2 keluhan berubah, mulai dari kram kaki, nyeri pada pinggang dll. Meski demikian sangat mungkin Bunda masih bisa merasakan beberapa keluhan di trimester 1. Berikut yang biasanya Bunda alami dalam trimester 2:

Keram pada kaki

Kram kaki muncul ketika otot kaki mengencang dan menimbulkan rasa sakit yang cukup intens. Mungkin hal demikian disebabkan peningkatan berat badan. Cara mencegahnya lakukan peregangan sebelum tidur dan di pagi hari dan makanlah makanan mengandung kalsium.

Pinggang & punggung Nyeri

Gejala ini diakibatkan juga kenaikan berat badan yang drastis. Posisi duduk yang ideal bisa meringankan nyeri. Duduklah tegak berikan penyangga punggung pada kursi demi mengurangi nyeri punggung.

Alami anemia

Jangan terlalu ketakutan berlebihan. Anemia pada periode ini sangat mungkin terjadi. Masalah ini terjadi oleh karena peningkatan vol. darah selama masa kehamilan yang menyebabkan sel darah merah berkurang. Biasanya ini disertai sering muntah.

Nyeri Ulu Hati & Sendawa

Ini juga masih lumrah adanya. Pengosongan lambung 5–6 jam sekali dan katup esofagus yang terbuka menyebabkan refluks pada asam lambung sehingga menyebabkan nyeri dan seringnya bersendawa. Disarankan makan setiap dua jam sekali untuk menetralisir asam.

Kulit Glowing Namun Berjerawat

Mengingat terjadi perubahan yang kompleks pada endokrinologis, imunologis, metabolisme, dan vaskular kulit pun sering mengalami gangguan. Peningkatan peredaran darah membuat kulit terkesan lebih glowing. Namun kondisi ini justru menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

 

 

Keluhan Hamil Trimester 3

Masa akhir-akhir bayi akan keluar menyapa ayah dan Bunda. Terkadang hampir mirip dengan gejala di trimester 2. Berikut keluhan lain yang mungkin akan Bunda hadapi:

Kontraksi palsu (Braxton-Hicks)

Dinamakan demikian karena Bunda sulit membedakannya dengan yang asli. Yang palsu biasanya tidak teratur dan tidak mengikuti pola yang tentu saja tidak menyebabkan pembukaan serviks seperti pada hari H.

Heartburn

Dada serasa terbakar. Ini disebabkan oleh perubahan hormon serta tekanan yang terjadi dalam tubuh akibat pertumbuhan janin. Tips mengatasinya, makanlah hanya dalam porsi kecil, hindari yang pedas-pedas dan berlemak, hindari minum kopi. Disarankan minum susu dingin serta duduk tegak atau berbaring dengan bantal.

Sembelit

Sembeli muncul karena pertumbuhan rahim yang makin membesar, yang menekan usus dan mengganggu pergerakan normal makanan melalui saluran pencernaan. Makanlah asupan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, buah dan sayuran lalu berolahraga ringan pada pagi selama 15 menit.

Kaki Membengkak

Pembengkakan kaki mungkin disebabkan oleh darah dan cairan tambahan yang memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Faktor lainnya bisa juga karena kurangnya konsumsi albumin juga bisa mengakibatkan kaki bengkak. Pastikan tekanan darah tidak meningkat. Disarankan tidur dengan kaki diatas posisi jantung dan mengkonsumsi protein.

Peningkatan Detak Jantung & Sesak Napas

Detak yang meningkat akibat meningkatnya volume darah. Fenomena ini muncul biasanya pada usia 32 minggu kehamilan. Disarankan karena alamiah sifatnya, Bunda tetap rileks, dan atur pernapasan.

Mengalami Wasir

 

varises pada ibu hamil

 

Wasir biasa terjadi di trimester 3. Ini mungkin karena gerak usus menurun dan sulit buang air besar. Walhasil Bunda akan mengejan yang menjadi penyebab wasir. Tenang saja, wasir Bunda bersifat sementara. Dokter biasanya akan memberikan salep wasir.

Varises

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah pada bagian-pagian tertentu, biasanya di kaki. Konsultasikan segera dengan dokter permasalahan ini. Ada beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya:

  1. Jangan berdiri dalam waktu yang lama
  2. Cobalah tidak duduk sementara kaki menyilang
  3. Jaga berat badan saat hamil dalam batas normal
  4. Duduk dengan kaki yang diganjal bantal
  5. Tidur dimana kaki lebih tinggi ketimbang tubuh Bunda.
  6. Gunakan celana hamil untuk menopang perut dengan baik

Perubahan Kulit

Perubahan pada kulit, menggelapnya area kulit pada leher, area genital dan puting, hingga melasma atau bercak coklat tua pada wajah dan rosacea yakni kemerahan juga bisa terjadi pada periode ini. Disarankan Bunda menggunakan pelembap dan mengurangi frekuensi mandi menggunakan air terlalu hangat.

Sulit Tidur

Insomnia adalah keluhan yang wajar dialami sebagian ibu-ibu hamil. Bagaimana tidak? Posisi tidur bunda pasti tidak nyaman. Untuk dapat mengatasinya, manfaatkan bantal hamil guna menyangga bagian perut dan memiliki posisi yang lebih nyaman. Boleh juga dicoba relaksasi atau yoga, serta mandi air hangat.

Pastikan Bunda mengatasinya dengan sabar dan telaten serta melakukan cara-cara yang telah kami anjurkan. Ingatlah selalu gambar di bawah ini :

 

insomnia ibu hamil

 

 

Sumber:

Perubahan Fisik dan Psikis Pada Ibu Hamil – Kemenkes RI
Ciri-ciri Ibu Hamil yang Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai – Fakultas Kedokteran Univeristas Indonesia
17 Tanda-tanda Melahirkan yang Wajib Ibu Hamil Sadari – RS. Mitra Keluarga
Keluhan Hamil di Trimester Kedua dan Bagaimana Mengatasinya wyethnutrition.co.id
Mengenali Keluhan Saat Ibu Hamil yang Pertama – UGM

 

# pada ibu hamil pertama kehamilan yang dapat hamil akan mengalami salah satu ibu hamil mengalami selain itu hamil bisa #

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa