5 Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3

#Trimester3Pregnancy #KehamilanTrimester3 #PerawatanTrimester3 #IbuHamilTrimester3 #PersiapanPersalinan #GayaHidupSehatIbuHamil #InformasiKehamilan #TipsTrimester3 #PregnancyJourney #KesehatanIbuHamil

Trimester ketiga kehamilan akan membuat sebagian bumil kelelahan dan merasa tidak nyaman. Informasi seputar kehamilan periode ini harus dipahami dengan benar, sehingga dapat membantu ibu mengurangi kecemasan mengingat hari lahir yang kian dekat. Maklum, seabreg tantangan ada dalam periode ini. Pada kehamilan trimester ketiga, perkembangan buah hati dianggap sudah cukup matang pada minggu 37 dan tinggal hanya menunggu waktu lahir saja. Yuk kenali 5 tanda bahaya kehamilan trimester 3 yang mungkin bisa terjadi.

 

kehamilan trimester 3

 

Perkembangan Bayi saat Kehamilan Trimester 3

Umumnya pada minggu ke-32, tulang-tulang bayi semakin terbentuk sempurna, ia sudah bisa membuka dan menutup matanya, merasakan cahaya. Bayi juga sudah mampu menyimpan mineral seperti zat besi dan kalsium.

Empat minggu kemudian, atau di minggu ke-36, idealnya posisi kepala bayi sudah menghadap ke bawah. Dokter bersiap mengambil tindakan caesar jika posisi kepala bayi tidak berpindah ke posisi ini.

Setelah minggu ke-37, biasanya perkembangan bayi sudah sempurna sepenuhnya, karena organ-organ tubuhnya sudah berfungsi optimal. Pada minggu ini secara teori bayi sudah memiliki panjang 48-53 cm serta memiliki berat badan antara 2,7 – 4 kg.

 

kehamilan trimester 3: Perubahan Tubuh Ibu Hamil

 

Perubahan Tubuh Ibu Hamil saat Trimester 3

Pada periode trimester ketiga, bumil biasanya mengalami sakit dan pembengkakan pada bagian tubuh seperti pergelangan kaki, tangan, jari, dan wajah. Payudara juga sudah mengeluarkan ASI. Banyak bumil yang mungkin cemas jelang persalinan. Karena perasaan cemas, bumil jadi sulit tidur.

 

 

Tanda bahaya kehamilan trimester 3

Melansir dari beberapa sumber, ada 5 tanda bahaya kehamilan trimester 3 yang perlu Bunda tahun dan waspadai, sehingga jangan diremehkan, yakni :

Sakit kepala tak kunjung hilang

Tanda bahaya pertama adalah adanya rasa sakit kepala yang hebat seperti sambaran petir, yang tidak kunjung hilang atau semakin parah yang terjadi tiba-tiba. Waspadailah fenomena ini. Sakit kepala biasanya juga ditandai sakit berdenyut di satu sisi kepala di atas telinga. Akan semakin parah jika disertai penglihatan kabur. Jangan tunggu lama, segera konsultasikan masalah ini ke dokter Anda.

Sulit bernapas

Merasa sesak napas secara tiba-tiba atau dalam waktu lama. Segera periksakan diri Anda ke dokter.

Mual dan muntah berlebihan

Mual dan muntah biasanya terjadi pada trimester pertama. Namun, jika keluhan ini dialami di pada trimester akhir jangan anggap remeh. Ini karena membuat Bunda jadi sulit mendapatkan makanan dan nutrisi dan jika dibiarkan, pertumbuhan buah hati Anda bisa terganggu. Segera periksakan ke dokter.

Janin jarang atau bahkan berhenti bergerak

Selama kehamilan, Bunda akan merasakan janin bergerak. Hal ini lumrah terjadi seiring pertumbuhan bayi. Pada minggu ke-28 Bunda setidaknya merasakan setidaknya 10 gerakan dalam tempo dua jam. Nah, waspadalah jika merasa janin berhenti bergerak atau lebih sedikit dari biasanya. Jangan tunggu lama, segera segera hubungi dokter Anda.

Pendarahan atau keputihan terlalu banyak

Jika Bunda mengalami perdarahan dari vagina yang berbeda dari menstruasi bisa jadi ini tanda bahaya berikutnya. Lalu seandainya dari vagina juga keluar cairan yang berbau tidak sedap. Dua tanda ini harus dikomunikasikan ke dokter segera untuk diambil tindakan.

 

Kebutuhan Nutrisi saat Trimester 3

Kebutuhan nutrisi tidak boleh tidak wajib untuk dipenuhi selama trimester ketiga kehamilan sampai tiba waktunya persalinan. Inilah yang harus selalu dipenuhi:

Vitamin

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tak dapat dapat dihasilkan oleh tubuh. Berikut 5 vitamin yang wajib dikonsumsi bumil selama kehamilan:

  1. Vitamin A untuk membantu pertumbuhan tulang, kulit, dan penglihatan.
  2. Vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu dan menyehatkan gigi, gusi serta tulang bayi.
  3. Vitamin B Complex: Vitamin B6 adalah nutrisi penting dalam perkembangan sel darah merah dan otak bayi,  Vitamin B12 berperan dalam menjaga sistem saraf tetap kuat dan pembentukan sel darah merah.
  4. Vitamin D untuk mendukung penyerapan kalsium pada ibu dan bayi.

Kalsium

Kalsium sangat penting untuk membentuk tulang dan gigi bayi, apalagi pada trimester tulang bayi akan semakin keras.

Kolin

Kolin adalah jenis nutrisi mikro yang memiliki manfaat membantu pembentukan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang membantu pertumbuhan bayi dan menghasilkan darah.

Lemak dan minyak

Lemak dan minyak hanya boleh dikonsumsi 30 persen dari total kalori yang dibutuhkan bumil. Keduanya memiliki manfaat penting sebagai sumber energi bagi ibu juga membantu organ bayi dan pertumbuhan plasenta.

 

Menjaga Kesehatan Tubuh saat Kehamilan Trimester Ketiga

Adalah normal jika Anda mengalami kenaikan berat badan 11 hingga 16 kilogram. Meski demikian, tetaplah aktif selama trimester ketiga. Berolahraga ringan direkomendasikan dokter kandungan manapun sebelum persalinan tiba. Persalinan adalah aktivitas yang membutuhkan stamina prima. Dengan berolahraga ringan stamina bumil akan terjaga.

 

Hal yang Dihindari Bumil saat Trimester Ketiga

Pada periode akhir kehamilan, hindarilah aktivitas yang bisa berdampak negatif pada ibu dan bayi, seperti Olahraga berat atau latihan kekuatan yang bisa menyebabkan cedera pada perut atau perjalanan jauh.

Selain itu hindarilah hal-hal seperti berikut:

  1. Batasi (tinggalkan lebih baik) konsumsi kafein dan alkohol.
  2. Minum obat tanpa pengawasan dokter.
  3. Mengkonsumsi ikan mentah kan mentah dan makanan laut dengan kandungan merkuri tinggi (makerel, atau kakap putih).
  4. Minum susu yang tidak dipasteurisasi.
  5. Daging yang diawetkan.

 

Perubahan Emosi pada Kehamilan Trimester 3

Semakin dekat hari persalinan adalah wajar jika Anda semakin cemas, Kecemasan biasanya tentang apakah prosesnya akan menyakitkan, berapa lama bertahan dari rasa sakit, kekhawatiran normal-sehatnya bayi yang akan dilahirkan.

Atasilah dengan cara misalnya mengikuti kelas melahirkan, atau berdiskusi dengan orang yang memiliki pengalaman melahirkan yang positif. Suami dan orang tua juga memiliki peranan penting untuk mengurangi kecemasan. Perbanyak waktu untuk istri di hari-hari akhir menjelang persalinan.

 

 

Sumber:

Perubahan Fisik & Psikis Pada Ibu Hamil – Kemenkes RI
Ciri-ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai – Fakultas Kedokteran Univeristas Indonesia
17 Tanda Melahirkan yang Wajib Ibu Hamil Sadari – RS. Mitra Keluarga
Keluhan Hamil di Trimester Kedua & Bagaimana Mengatasinya wyethnutrition.co.id
Mengenali Keluhan Saat Ibu Hamil Pertama – UGM

 

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa