8 Tips Mendapatkan Sperma yang Sehat Untuk Pria

#makananpenyubursperma #makananpenambahsperma #kental #kesuburanpria #seltelur #sperma #kesuburan #infertilitas #fertilitas #kualitassperma #herbal #suplemen #buahbuahan #sayuran #vitamin #mineral #nutrisi #asamfolat #asamamino #testosteron #kesehatan #hidupsehat #makanansehat #olahraga #seksualitas #pembuahan #reproduksi #spermatogenesis

Mempunyai sperma sehat itu tentu sangat diidam-idamkan, karena merupakan salah satu faktor utama agar terjadinya kehamilan. Simak tips bagaimana sperma yang sehat untuk pria itu.

 

sperma yang sehat untuk pria

 

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Anda harus tahu dahulu perbedaan antara air mani dengan sperma. Dua istilah ini, oleh orang awam hal ini sering tercampur aduk artinya. Yuk, pertama-tama kita bahas apa definisi sperma.

Sperma atau sering juga disebut spermatozoa merupakan sel hasil sistem reprodukasi pria yang bertugas untuk membuahi ovum sehingga terbentuklah zigot. Bersatunya sel ini sendiri merupakan juga sel dengan kromosom lengkap yang nantinya akan berkembang menjadi embrio.

 

Apa Fungsi Air Mani Lelaki Terkait Sperma ?

Awam kerap menganggap air mani dan sperma dua hal yang sama. Meski sama-sama keluar dari organ reproduksi laki-laki, namun dua hal tersebut berbeda definisi. Bagaimana perbedaannya ?

Air mani adalah semua yang dikeluarkan saat pria berejakulasi. “Jadi isi air mani adalah sperma bersama-sama makanan-makanan dari sperma, zat-zat pendukung agar sperma bisa survive nantinya” terang Dokter Gito R. Wasian, Sp. And, Spesialis Andrologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia ketika bincang-bincang dalam acara Nutrimax Live baru-baru ini (23 Februari 2023).

Dengan demikian menjadi jelas masalah mengenai apa fungsi air mani lelaki terkait dengan sperma, kalau sperma adalah bagian dari air mani, yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, harus menggunakan menggunakan mikroskop.

Jadi jelas, meski keluar secara bersamaan air mani bukanlah sperma, sebaliknya merupakan bagian dari air mani.

 

Cara Membedakan Sperma Sehat dan Tidak

Langkah paling awal agar program hamil sukses adalah pahami dulu bagaimana ciri-ciri sperma yang sehat. Selama ini, yang paling sering dituding wanita atas kesuksesan program kehamilan adalah wanita. Pandangan kuno yang tidak selalu benar dan harus segera ditinggalkan.

Pria wajib “dimintai tanggungjawabnya” atas sukses-tidaknya program hamil yang telah direncanakan. Jika disepakati bersama pasangan, dengan demikian si pria mau tak mau, suka tidak suka, harus menjaga dan memperhatikan kondisi kualitas spermanya.

Volume Cairan Sperma Cukup

Untuk program hamil yang ideal kira-kira butuh sekitar 2-5 mililiter volume sperma yang harus dikeluarkan saat pria berejakulasi. Kurang dari nilai tersebut itu artinya cairan sperma sedang dalam kondisi kurang sehat disebut juga hipospermia (Jika berlebih disebut hyperspermia).

Tidak Berbau Amis

Idealnya cairan sperma pria memiliki bau mirip-mirip daun akasia. Namun, jika beraroma amis atau bahkan sangat amis, perlu dicurigai adanya infeksi pada saluran kencing, kelenjar prostat, atau pada bagian-bagian lainnya.

Untuk diketahui Prostat merupakan salah satu kelenjar yang hanya dimiliki kaum pria, hanya berukuran sebesar kacang kenari. Letaknya berada di bagian kandung kemih. Kelenjar ini berkaitan erat dengan sistem reproduksi pria. Jika kelenjar ini dalam kondisi tidak sehat, kelenjar ini akan menimbulkan gangguan kesehatan khususnya untuk urusan kesuburan pria.

Mengandung Sel Sperma yang Cukup

Untuk mengetahui kondisi kesehatan sperma terbaru dengan jelas diperlukan analisis dari ahli dengan menggunakan alat mikroskop, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Idealnya, pria dengan fungsi reproduksi sehat memiliki sel sperma yang cukup banyak: dalam 1 mililiter setidaknya mengandung 20 juta sel sperma berbentuk normal yang mampu bergerak dengan cepat.

Kenormalan pH Sperma

Ciri-ciri sperma berkualitas oke lainnya adalah mempunyai pH dalam kadar yang normal. Sperma sehat ditandai pH setidaknya sekitar 7,2–7,8 (bersifat basa). Jika terlalu rendah, hal ini menandakan adanya infeksi pada organ intim pria. pH (Potential of Hydrogen) sendiri adalah derajat keasaman yang dimiliki cairan sperma.

Likuifaksi

Likuifaksi merupakan kemampuan sperma untuk merubah dirinya dari yang awalnya berbentuk gel, lalu menjadi cairan. Sperma yang tidak mencair dalam 15–20 menit akan sulit berenang menuju sel telur.

Konsistensi Kekentalan Cairan Sperma

Sperma yang sehat bisa dicirikan lewat air mani kental. Jika terjadi sebaliknya, berarti ada masalah: patut diduga disebabkan oleh kurangnya jumlah sperma, sering ejakulasi, atau kekurangan zinc (Merupakan salah satu mineral penting dalam tubuh, namun sayangnya tidak diproduksi oleh tubuh itu sendiri. Untuk itu Anda harus mencukupinya dengan rutin mengkonsumsi makanan kaya kandungan zinc atau suplemen zinc.).

Mudah-mudahan setelah membaca tentang “cara membedakan sperma sehat dan tidak”, pengetahuan Anda soal kesuburan laki-laki akan semakin meningkat. Ingat, jika terlihat dengan mata telanjang (diduga) tidak sehat, jangan khawatir, segera konsultasikan masalah ini ke dokter.

Supaya pengetahuan Anda semakin dalam, yuk simak diskusi Nutrimax dengan dr. Gito R. Wasian, Sp. And, Dokter Spesialis Andrologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia tentang apa dan bagaimana karakteristik sperma yang sehat itu.

 

 

Sperma yang Sehat Untuk Pria Warna Apa ?

Warna sperma bervariasi. Umumnya cairan sperma yang sehat berwarna putih keabu-abuan. Jadi ada warna lain selain putih keabuan? Tentu. Penting diketahui warna sperma bisa berubah. Perubahan warna menunjukkan kondisi yang normal atau bisa juga tanda suatu penyakit.

Sedangkan perbedaan warna sperma itu sendiri bisa saja dipengaruhi faktor genetik, pola makan, dan kondisi kesehatan pria. Air mani yang merupakan wadah sperma bisa memiliki warna bening, putih, kuning, abu-abu, merah muda, merah, coklat, dan bisa juga hitam.

Bening, putih, dan abu-abu

Ketiga warna tadi merupakan tanda bahwa air mani dalam keadaan sehat dan normal. Sedangkan perbedaan ketiganya dipengaruhi olegh kandungan mineral, protein, hormon, dan enzim yang berasal dari kelenjar reproduksi pria.

Kuning

Banyak penyebab air mani seseorang terlihat agak kuning, seperti:
1. Tercampur urine. Saat Anda berejakulasi adalah sangat mungkin Air mani Anda tercampur air kencing. Inilah mengapa air mani terlihat agak kuning.
2. Makanan. Warna kuning juga bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung pigmen kuning alami, misalnya saja kunyit.
3. Perokok atau Peminum Minuman Keras. Air Mani berwarna kuning juga bisa terjadi pada orang-orang yang gemar merokok atau hoby meminum minuman mengandung alkohol

Apakah warna tadi menunjukkan kalau air mani Anda sedang bermasalah? Belum tentu. Yang penting untuk diwaspadai adalah jika kondisi demikian disertai oleh keluhan yang mengganggu. Jika Anda mengalaminya, Anda wajib memeriksakan diri Anda ke dokter. Sangat mungkin Anda sedang menderita sakit kuning, leukositospermia, infeksi prostat, atau bahkan penyakit menular seksual.

Merah atau Merah Muda

Warna cairan sperma merah atau merah muda berarti air mani bercampur darah segar (hematospermia). Asal darah dari mana? Bermacam-macam, bisa karena ada kelainan prostat, testis, ada masalah di saluran kencing, terjadi infeksi penyakit menular seksual, maupun hipertensi. Jika Anda mengalami kondisi seperti itu segera berkonsultasi ke dokter.

Oranye atau Cokelat

Ini adalah karena efek dari mengkonsumsi suplemen vitamin B atau antibiotik. Warna orange atau coklelat bisa mengindikasikan adanya darah yang sudah teroksidasi dalam air mani.

Hitam

Hitam ? Kok Bisa ? disebabkan darah yang sudah berdiam lama di dalam tubuh. Penyebab lain: faktor cedera tulang belakang dan tingginya kadar logam di dalam tubuh.

Tentu saja sperma tidak bisa dilihat kasat mata. Namun dari melihat warnanya setidak-tidaknya kita mengetahui warna sperma mana yang sehat, saat bercampur dengan air mani agar bisa diketahui tingkat kesehatan organ reproduksi Anda.

Demikian penjabaran mengenai sperma warna bening apakah sehat ? Apakah warna sperma Anda ideal ? Semoga ya. Namun jika warnanya tidak bening, tidak abu-abu atau tidak putih, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis Androlog.

Agar lebih mendalami permasalahan ini, silahkan baca artikel berikut Lika Liku Kesuburan Laki-laki

 

Sperma yang Sehat Untuk Pria & Tipsnya

Paling utama dan terutama adalah merubah life style dan kondisi psikologis beserta pasangan Anda. Untuk itu, Perhatikan beberapa hal berikut di bawah ini:

Turunkan Berat Badan Anda Sekarang

Obesitas bisa menjadi penyebab rendahnya jumlah sperma. Atur pola makan, rutin berolahraga untuk menjaga berat badan ideal Anda. untuk menjaga berat badan ideal Anda.

Jaga Asupan Anda Sehari-hari

Perbanyak makanan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan pria, bawang putih, kacang-kacangan, tiram, ikan salmon, dan cokelat hitam.

Minum Suplemen Jika Diperlukan

Jika makanan yang dikonsumsi dirasa belum mencukupi, sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen. Untuk hal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terkait khususnya tentang kandungan suplemen yang hendak konsumsi.

Berikut adalah suplemen Nutrimax yang sangat bagus diminum dalam rangka kesehatan sperma Anda: Stamina X Nutrimax, Male Formula RX Nutrimax, serta Coenzyme Q-10 Nutrimax.

Jauhi Alkohol dan Teman-temannya

Untuk mendapatkan saran ini tidak perlu Anda konsultasikan ke dokter. Pasti jawabannya begini: “hindari alkohol, rokok maupun narkoba”, jawaban template yang tidak perlu merogoh kocek.

Jangan Pakai Celana Dalam yang Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat bisa membuat suhu di sekitar testis menjadi panas. Hal ini tentu saja akan mengganggu produksi sperma Anda.

Kelola Stres Dengan Sempurna

Pengelolaan stres juga menjadi kunci utama untuk memiliki sperma sehat. Untuk mengurangi tingkat stres, kerjakan hal-hal yang positif bagi hidup Anda. Jika perlu, berkonsultasilah ke psikolog, pendeta, ulama dll yang bisa membuat tenang hidup Anda.

Tentu Saja, Berkonsultasi Dengan Dokter

Kapan seharusnya saya (juga pasangan saya) berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat agar mendapatkan momongan ? Ini beberapa kondisi yang harus Anda perhatikan, yakni:
1. Sudah 12 bulan berhubungan intim secara rutin, Anda berusia di bawah 35 tahun
2. Belum 12 bulan berhubungan intim secara rutin, Anda berusia di atas 35 tahun
3. Tidak perlu menunggu usia seperti poin 1 dan 2 di atas, namun secara kasat mata Anda merasa tidak memiliki sperma yang sehat

Jangan Terlalu Berpatokan Dengan “Kesuksesan” Pasangan Lain

Ini juga paling sering dialami pasutri yang belum juga memiliki anak: Pasutri A suaminya overweight toh tetap bisa memiliki anak, suami pasangan B perokok berat toh tetap hamil istrinya, pasangan C suaminya tetap makan makanan kesukaannya, gorengan, tetap bisa hamil juga tuh istrinya, dan lain-lain.

Begini maksudnya, kondisi para pasutri yang “sukses” tadi adalah kondisi mereka, bukan Anda, cocok untuk mereka, namun pasti tidak cocok buat Anda. Jangan jadikan pola gaya hidup mereka yang buruk sebagai pembenaran atas bad habit Anda. Realnya adalah Anda belum dikarunia momongan. Ini fakta yang tidak bisa terbantahkan. Maka sebaiknya berfokuslah kepada mengapa Anda belom juga sukses memiliki anak.

Semoga tulisan tentang tips sperma sehat bermanfaat untuk Anda. Kami mendoakan Anda segera mendapatkan apa yang diimpikan. Sampai jumpa di artikel-artikel bermanfaat lainnya, semoga berhasil ya.

Terimakasih telah membaca artikel kami tentang sperma yang sehat untuk pria.

Referensi Utama

7 Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Bisa Menentukan Tingkat Kesuburan Pria
Bukan Cuma Kental, Ini Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Harus Diketahui

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa