Amandel Bengkak Minum Apa? 10 Cara Alami yang Ampuh

#AmandelBengkak #KesehatanTenggorokan #MinumanPenyembuh #ObatAmandel #TipsKesehatan #PengobatanAlami #AmpuhLawanAmandel #PerawatanTenggorokan #SolusiAmandel #MinumanPenyegarGigi

 

Amandel adalah salah satu organ tubuh bagian dari sistem imunitas manusia dari serangan infeksi. Ketika terinfeksi, tonjolan daging di depan tenggorokan ini akan bereaksi membengkak. Lalu apa yang mesti dilakukan jika Anda mengalaminya ? Amandel bengkak seharusnya minum apa ?  Simak saja hingga tuntas 10 cara alami untuk mengatasinya.

 

Penyebab Umum

Amandel bengkak dapat menjadi masalah yang mengganggu dan menyakitkan. Artikel ini akan mengulas penyebab dari kondisi ini serta gejala yang dapat diidentifikasi.

 

Amandel Bengkak Minum Apa

 

Infeksi Bakteri atau Virus

Salah satu penyebab utama amandel bengkak adalah infeksi bakteri atau virus. Bakteri seperti Streptococcus pyogenes atau virus Epstein-Barr dapat menyebabkan peradangan pada amandel.

Alergi

Reaksi alergi terhadap zat tertentu dapat menyebabkan amandel bengkak. Kondisi ini dapat terjadi sebagai respons tubuh terhadap alergen tertentu seperti debu, serbuk bunga, atau makanan tertentu.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Amandel yang berfungsi sebagai filter dapat mengalami pembengkakan saat melawan infeksi.

Kebiasaan Merokok atau Paparan Asap Rokok

Merokok atau terpapar asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, termasuk amandel. Hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan dan peradangan.

Adenoid yang Besar

Adenoid yang berada di belakang amandel dapat membesar dan menyebabkan tekanan pada amandel. Ini dapat menjadi salah satu penyebab pembengkakan.

Gastroesofageal Refluks (GERD)

GERD merupakan fenomena di mana asam lambung kita naik ke kerongkongan. Asam lambung yang mencapai tenggorokan dapat menyebabkan iritasi pada amandel dan pembengkakan.

Paparan Bakteri atau Virus di Lingkungan

Paparan berulang terhadap bakteri atau virus di lingkungan, terutama pada anak-anak yang berada di lingkungan sekolah, dapat meningkatkan risiko amandel bengkak.

Ketidakseimbangan Hormon

Perubahan hormonal, terutama pada masa pubertas, dapat memengaruhi amandel dan meningkatkan risiko pembengkakan.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus atau sindrom Sjögren dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat, termasuk amandel.

Pola Hidup dan Nutrisi yang Buruk

Ketidakseimbangan nutrisi dan pola hidup yang tidak sehat dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan pembengkakan amandel.

 

Cara alami untuk atasi amandel bengkak

Selain obat-obatan dokter, ada macam-macam obat alami yang bisa membantu Anda mengatasi amandel bengkak, terus simak ya.

Minum cukup air putih

Bukan cuma buat kumur-kumur, air putih hangat bisa sangat bermanfaat dalam pengobatan amandel bengkak alami. Minumlah air puih secukupnya agar membantu menjaga tenggorokan Anda tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi.

Air Hangat dengan Garam

Air hangat dengan garam adalah minuman yang telah lama dikenal memiliki efek positif pada amandel yang bengkak. Garam membantu mengurangi peradangan dan memberikan rasa lega pada tenggorokan. Campur saja setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, gunakanlah untuk berkumur.

Teh Jahe Hangat

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan amandel bengkak. Minum teh jahe hangat secara teratur dapat memberikan kelegaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Madu dan Lemon

Campuran madu dan lemon terkenal karena khasiat penyembuhannya. Madu memiliki efek antimikroba, sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Campurkan madu dan perasan lemon ke dalam air hangat untuk minuman penyegar.

Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang kaya akan elektrolit dan nutrisi. Kondisi amandel bengkak seringkali disertai dengan dehidrasi. Air kelapa tidak hanya membantu mengatasi dehidrasi, tetapi juga memberikan kelegaan pada tenggorokan yang iritasi.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang kuat, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan pada amandel dan mendukung proses penyembuhan.

Air Lemon dan Mentimun

Air lemon dengan potongan mentimun memberikan efek segar dan menenangkan. Lemon memberikan vitamin C, sedangkan mentimun membantu memberikan sensasi dingin yang dapat meredakan peradangan.

Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi peradangan pada amandel. Pastikan jus lidah buaya yang dikonsumsi tidak mengandung tambahan gula yang berlebihan.

Minuman Berbasis Propolis

Propolis, substansi yang dihasilkan oleh lebah, memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Minuman berbasis propolis dapat membantu mengatasi infeksi pada amandel.

Air Teh Chamomile

Teh chamomile terkenal karena sifat relaksasinya. Minum teh chamomile dapat membantu mengurangi stres pada tubuh dan meredakan gejala amandel bengkak.

Minuman Hangat Berbasis Kurkuma

Kurkuma mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Minuman hangat berbasis kurkuma dapat menjadi pilihan untuk mengurangi pembengkakan pada amandel.

Kesimpulan

Meskipun minuman di atas dapat memberikan bantuan, penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika gejala amandel bengkak berlanjut atau memburuk. Artikel ini bukan pengganti nasihat medis dan hanya bertujuan memberikan informasi umum.

Jangan biarkan amandel bengkak mengganggu kenyamanan hidup Anda. Dengan mengonsumsi minuman yang tepat dan menjaga kesehatan secara menyeluruh, Anda dapat meredakan gejala dan mendukung proses penyembuhan alami tubuh.

Memahami penyebab amandel bengkak penting untuk pengelolaan dan pencegahan. Jika mengalami gejala seperti sakit tenggorokan berkepanjangan, kesulitan menelan, atau pembengkakan yang tidak mereda, segera konsultasikan dengan dokter.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah preventif dan menjaga kesehatan amandel. Jangan ragu untuk mendiskusikan gejala dan pengobatan yang sesuai dengan dokter spesialis Anda.

 

Sumber:

Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Amandel Secara Alami – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Mengenal Apa Itu Amandel – Universitas Gajah Mada
Mengenal Radang Amandel (Tonsilitis) Pada Anak – RSUP DR. Sardjito

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa