Anda Wajib Tahu Berapa Dosis Vitamin B Kompleks Harian

#DosisVitaminB #VitaminBKesehatan #SuplemenVitaminB #VitaminBSeimbang #KesehatanHarian #GiziSehat #DosisHarian #VitaminBSuplemen #KeseimbanganNutrisi #PentingnyaVitaminB

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang memainkan peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Harus dikonsumsi sesuai anjuran, jika ingin vitamin ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika kekurangan tidak baik bagi tubuh, sebaliknya jika terlalu banyak akan berbahaya buat kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai berapa dosis harian vitamin B kompleks yang diperlukan untuk mencapai kesehatan optimal.

 

dosis vitamin b kompleks

 

Apa Itu Vitamin B Kompleks?

Vitamin B kompleks terdiri dari sejumlah vitamin B yang esensial bagi tubuh, termasuk B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Setiap vitamin B memiliki peran unik dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal.

 

Kandungan Vitamin B Complex dan Manfaatnya

Vitamin B Complex terdiri dari 8 jenis yang bekerja sinergis membantu merawat kesehatan. Tiap jenis vitamin memiliki manfaat berbeda-beda, simak saja:

Vitamin B1

Kandungan Vitamin B Complex: thiaminMemiliki sejumlah manfaat penting seperti:

  1. Menjaga kesehatan tubuh (general)
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Membantu jaga keseimbangan air di dalam tubuh
  4. Berperan dalam metabolisme protein dalam tubuh
  5. Membantu menghasilkan energi

Vitamin B2

Memiliki beragam manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita:

  1. membantu untuk mengurangi resiko glaukoma,
  2. membantu fungsi-fungsi sistem saraf agar berjalan ideal
  3. membantu pemugaran jaringan tubuh manusia,
  4. membantu menjaga kesehatan kulit, kuku serta rambut.
  5. manfaat dalam memperbaharui protein, lemak, serta karbohidrat sebagai energi bagi tubuh.

Vitamin B3

  1. Menetralisir racun
  2. meningkatkan selera makan
  3. membantu sistem pencernaan,
  4. meningkatkan kolesterol HDL
  5. memperbaiki kesehatan kulit dan saraf
  6. Berperan terhadap pelepasan tenaga dari karbohidrat, protein, lemak
  7. terlibat dalam pembelahan-pertumbuhan sel
  8. mencegah terjadinya pelagra (kekurangan viamin b kompleks).

Vitamin B5

  1. Sebagai koenzim A yang berperan dalam:  pelepasan energi, karbohidrat, protein, lemak, divestasi hormon adrenal,
  2. sintesis sel darah merah,
  3. sintesis kolesterol,
  4. sintesis asetilkolin.
  5. membantu membentuk imunitas tubuh.

Vitamin B6

Manfaat piridoksin adalah

  1. menjaga kadar glokosa dalam darah selama puasa,
  2. memiliki peran terhadap produksi & regenerasi sel darah merah,
  3. sebagai pengatur penggunaan protein, lemak serta karbohidrat yang telah diproduksi.

 

Vitamin B7

Ia merupakan vitamin yang larut dalam air yang juga dikenal dengan vitamin H yang berperan dalam:

reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti transfer karbon dioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak.

salah satu jenis vitamin yang cukup stabil dalam kondisi lingkungan, panas, paparan cahaya matahari, dan oksigen.

 

Vitamin B9

Merupakan jenis vitamin B yg sangat akrab dikalangan bumil.

  1. manfaat penting terhadap tumbuh kembang janin,
  2. mencegah cacat bawaan bayi lahir.
  3. pembelahan sel sepanjang kehamilan.
  4. memperbaiki daya jangan lupa/menurunkan risiko alzheimer.

Vitamin B12

  1. terlibat dalam metabolisme setiap sel di dalam tubuh kita,
  2. terutama pada sintesis dan regulasi DNA
  3. serta sintesis asam lemak dan produksi energi.

 

 

Kegunaan Vitamin B Complex buat Kesehatan

B Complex bekerja secara sinergis dalam memberikan manfaat bagi tubuh kita. Masing-masing jenis memiliki manfaat atau bahkan berkolaborasi bersama-sama membentuk manfaat. Setidaknya ada 15 manfaat yang kami kumpulkan dari sumber-sumber terpercaya, beberapa diantaranya adalah:

 

dosis vitamin b kompleks: Kegunaannya buat Kesehatan

 

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Membantu Menjaga Kesehatan selama Kehamilan
  3. Untuk Meningkatkan Mood
  4. Membantu Tingkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
  5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata
  6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang
  7. Membantu Menjaga Kesehatan Otak
  8. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
  9. Meningkatkan Kesehatan Jaringan Tubuh
  10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  11. Meningkatkan Kesuburan Pria
  12. Untuk Menjaga Stamina Tubuh
  13. Untuk Membantu Pembentukan DNA
  14. Untuk Membantu Fungsi Hati Dan Ginjal
  15. Untuk Membantu Fungsi Kelenjar Adrenal

 

Dosis Vitamin B Kompleks Sehari-hari

Dosis harian yang dianjurkan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Ingat, selalu ikuti anjuran dokter Anda tentang dosis harian Vitamin B Complex, mengingat efek sampingnya yang kontraproduktif dengan tujuan utamanya, yakni kesehatan tubuh.

Sebagai gambaran untuk Anda, mengutip Yashida Hospital, dosis harian vitamin B kompleks yang direkomendasikan bervariasi sebagai berikut:

  1. Untuk usia dewasa muda cukup 400 mikrogram (mcg) per hari
  2. Buat ibu menyusui konsumsilah 500 mcg sehari
  3. Bagi wanita hamil dan orang dewasa konsumsilah hanya 600 mcg sehari

 

Sumber Makanan:  Buah yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Beruntungnya bangsa kita yang melimpah akan varietas tumbuh-tumbuhannya. You name it, buah apapun ada di bangsa yang beriklim tropis ini. Kami mendata setidaknya ada 16 buah yang disarankan untuk dikonsumsi karena merupakan sumber vitamin b kompleks, diantaranya adalah alpukat, jeruk, apel, pisang, blueberry, mangga, nanas, peach, melon, durian, semangka, jambu biji, strawberry, cherry, anggur, kurma dan buah delima.

Setiap buah memiliki manfaatnya masing-masing karena mengandung jenis vitamin b complex yang berbeda-beda. Misalnya saja jambu biji (atau jambu klutuk, Psidium guajava ). Dagingnya mengandung vitamin B6 dan vitamin B3, sedangkan daunnya merupakan sumber vitamin B2 yang membantu memperbaiki sel dan folikel rambut demi menguatkan akar rambut. Klik link ini jika ingin mengetahui manfaat dan jenis vitamin b yang terkandung dalam buah-buahan lainnya

 

Efek Samping Vitamin B Kompleks

Pemberian dosis yang berlebihan jelas dapat menimbulkan efek samping yang tidak kita inginkan. Salah satunya adalah efek samping untuk Vitamin B1 (atau Thiamine) yakni adanya sensasi panas, pruritus, lemas, berkeringat, nausea, sianosis, edema paru, perdarahan saluran cerna, dan angioedema. Jenis vitamin b kompleks yang lain juga begitu, memiliki efek sampingnya masing-masing. Silahkan baca artikel ini: Efek Samping Vitamin B Kompleks yang Patut Diwaspadai.

 

 

Selalu Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Sebelum memulai atau mengubah dosis suplemen, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Kita akan membahas cara efektif berkomunikasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan dosis yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 

Kesimpulan

Dalam bagian ini, akan diuraikan kembali pentingnya pemahaman dosis vitamin B kompleks untuk mendukung kesehatan optimal. Kesimpulan ini akan memberikan ringkasan singkat serta memberikan pandangan positif mengenai dampak positif dari pemahaman dosis vitamin B kompleks.

 

 

Sumber:

The Miracle of Fruits – Google Books
6 Buah Unik yang Perlu Ditambahkan ke Daftar Menu Makan Anda – Kementerian Kesehatan
Ketahuilah Peran Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun di Masa Pandemi COVID-19 – Universitas Gajah Mada
8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda yang Wajib Diketahui – kontan.co.id
Protein Hewani sebagai Zat Gizi Penting bagi Pertumbuhan Anak – Rumah Sakit Universitas Indonesia
Frequently Asked Questions about Vitamin B Complex – Yashoda Hospitals

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa