Apakah Gondongan Menular? Kenali 10 Penyebabnya

#GondonganFakta #GondonganPenularan #PenyakitInfeksiGondongan #KesehatanTenggorokan #GondonganAwareness #MitostentangGondongan #PencegahanGondongan #GondonganEdukasi #TandaGejalaGondongan #GondonganInfo

 

Gondongan merupakan satu dari banyak penyakit yang menyebabkan pembengkakan di wajah si penderita yang disebabkan oleh infeksi virus pada kelenjar parotis yang letaknya ada di bawah telinga, serta berfungsi memproduksi air liur. Gejala pembengkakan di satu sisi wajah umumnya muncul hingga 14-25 hari pasca terinfeksi. Namun ada pertanyaan besar, Apakah gondongan dapat menular ? Bagaimana cara penularannya ? Simak artikel ini hingga tuntas.

 

10 Penyebab Gondongan

Biang keladi gondongan itu sendiri adalah virus bernama paramyxovirus si penyebab infeksi dan pembengkakan kelenjar parotis ini. Virus ini masuk via saluran pernapasan untuk kemudian menetap, berkembang biak yang kemudian menginfeksi kelenjar parotis.

Seperti jenis virus lainnya, paramyxovirus bisa menular secara cepat dari penderita ke orang lain. Penularan tak ubahnya seperti pilek,flu, batuk & bersin. Yang paling sering terjadi, droplet pengidapnya terhirup orang lain. Masa-masa rawan penularan yakni beberapa hari sebelum kelenjar parotis pengidapnya membengkak.

Batuk dan bersin adalah salah satu metode penularannya. Virus ini juga akan menyebar lewat kontak langsung dengan pengidap. Kita juga bisa tertular saat menyentuh wajah setelah kita menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi virus penderitamm atau lewat berbagai alat makan – minum pengidap.

Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak berumur 2-15 tahun. Anak dibawah usia 2 tahun sangat jarang ditemukan kasusnya. Namun bukan berarti orang dewasa aman dari gondongan. Terdapat 10 faktor penyebab gondongan, dua diantaranya sudah kami sebutkan sebelumnya.

  • Terinfeksi bakteri staphylococcus aureus yang sering hidup di permukaan kotor.
  • Belum mendapat vaksin MMR untuk mencegah gondongan, campak dan rubella.
  • Penderita HIV/AIDS
  • Akibat penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka waktu lama.
  • Sedang menjalani kemoterapi.
  • Berada di lingkungan dimana banyak kasus orang terkena gondongan.
  • Tidak menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sebelum menyentuh mata, hidung dan mulut.

 

Langkah Pencegahan Penularan 

Gondongan menyebar sangat cepat. Maka dari itu lakukanlah pencegahan sedini mungkin. Begini caranya:

  1. Hindari kontak lgsung dengan penderita.
  2. Cuci tangan dgn air mengalir mengalid menggunakan sabun secara teratur.
  3. Gunakanlah tisu saat bersin.
  4. Jangan beraktivitas ke luar rumah, setidaknya lima hari setelah gejala pertama kali muncul
  5. Berikan imunisasi MMR (measles (campak), mumps (gondongan), dan rubella) pada anak
  6. Tidak berbagi peralatan makan dan mandi
  7. Memakai masker atau biasakan menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, lalu buang tisu yang telah digunakan lalu cuci tangan sampai bersih.

 

Apakah Gondongan Menular

 

Gejala Lain

Gondongan tidak hanya ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotis saja. Berikut ini beberapa gejala lain yang sangat mungkin akan muncul:

  • Nyeri ketika mengunyah dan menelan makanan
  • Demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius
  • Mengalami Sakit kepala
  • Mulut terasa kering
  • Badan lelah
  • Nyeri sendi
  • Nafsu makan hilang
  • Nyeri pada perut

Pada beberapa kasus, gondongan kemungkinan menyebar serta menginfeksi bagian-bagian tubuh lainnya.  Andaikan mengalami gejala di atas, segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan.

 

 

Apakah Gondongan Menular ? Bukan Cuma Pembengkakan

 

 

Penyembuhan Gondongan

Sayangnya, hingga kini belum ditemukan obat yang menyembuhkan gejala gondongan. Pengidap bisa sembuh jika sistem imun tubuh berhasil melawan infeksi.

Sementara sistem kekebalan tubuh melakukan pemulihan, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala gondongan, yaitu:

  1. Kompreslah bagian tubuh yang bengkak dengan air hangat.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Istirahatlah yang cukup.
  4. Untuk sementara hindari minuman yang mengiritasi kelenjar parotid, misalnya jus buah.
  5. Makanlah yang lunak agar terhindar dari sakit ketika mengunyah.
  6. Hindari makanan rasa asam.
  7. Minum obat pereda rasa sakit sesuai anjuran dokter Anda.
  8. Penyakit ini umumnya sembuh dalam 1-2 minggu. Namun jika tidak membaik, segera temui kembali dokter.
  9. Perbanyak menkonsumsi makanan atau suplemen penguat imunitas tubuh Nutrimax Bee Healthy. Suplemen ini kaya akan bee propolis dan bee pollen kualitas terbaik yang sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

 

Komplikasi Gondongan

Penyakit ini jarang menyebabkan komplikasi, namun, sebagian komplikasi gondongan bisa berimplikasi serius. Makanya Anda harus tetap waspada. Biasanya komplikasi gondongan menyebabkan peradangan serta pembengkakan di beberapa bagian tubuh:

  1. Testis. Jika diderita remaja laki-laki puber, gondongan juga dapat menyebabkan pembengkakan satu atau kedua testisnya.
  2. Otak. Infeksi virus penyakit gondongan mungkin bisa menyebabkan radang otak (ensefalitis).
  3. Membran serta cairan di sekitar otak juga sumsum tulang belakang (meningitis). Ini bisa saja terjadi apabila virus gondongan menyebar melalui aliran darah dan menginfeksi sistem saraf pusat.
  4. Kehilangan pendengaran pada kedua telinga atau slh satunya.
  5. Gangguan irama jantung.

 

 

Sumber:

Gondongan – Kementerian Kesehatan RI
Remaja Perlu Dapat Imunisasi Ulang – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
LINDUNGI ANAK DENGAN IMUNISASI – Rumah Sakit Anak Universitas Gajah Mada

 

# vaksin measles mumps air liur gondongan adalah mumps virus measles mumps rubell air liur pipi kondisi parotitis disease prevention istirahat health tenggorokan memiliki bulan umum berbicara ringan penyebaran diagnosis selain apa symptoms peradangan oleh liur demam biasanya dengan atau pada vaksin dilakukan cara dengan memiliki pada penyebaran vaksin symptoms #

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa