Apakah Kanker Bisa Sembuh ? Deteksi 18 Tanda dan Gejalanya

#SembuhDariKanker #HarapanSembuhKanker #TerapiKanker #PemulihanKanker #KesehatanKanker #PerjuanganMelawanKanker #BisaSembuhDariKanker #TantanganSembuhKanker #KankerAwareness

 

Kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi manusia. Ia bagaikan “lonceng kematian” bagi penderitanya. Walau mematikan, bukan berarti kanker pastilah berujung pada kematian. Masih ada obat dan teknologi pengobatan yang tersedia. Terapi pengobatannya ada dan semakin canggih, lalu apakah kanker bisa sembuh ? Ini merupakan pertanyaan awam sekaligus menjadi sebuah harapan. Simak pembahasannya lewat artikel dan video bincang-bincang kami dalam Nutrimax Live dengan penderita kanker ovarium Shahnaz Haque baru-baru ini.

 

Bisakah Sembuh ?

Kebanyakan dokter tidak menggunakan kata “sembuh” meski tujuannya pasien dalam kondisi sembuh. Meski tidak disebutkan sembuh, banyak penderita yang pernah divonis kanker ternyata masih dapat hidup selama bertahun-tahun lamanya, sesehat orang tanpa penyakit kanker.

“Dalam dunia medis penyakit kanker tak bisa dikatakan sembuh. Istilah yang kami gunakan adalah remisi atau relaps,” ujar Prof. DR Ari Fahrial Syam seperti dikutip lewat antara.com beberapa waktu lalu.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu, istilah remisi berbeda maksud dengan pulih total. Istilah remisi ditujukan kepada pasien kanker yang sudah melakukan terapi, lalu dievaluasi dan disimpulkan bahwa penderita tidak lagi memiliki sel kanker di dalam tubuhnya.

Nah pada remisi, pasien tetap harus mengontrol rutin tubuhnya. Jadi istilah tersbut menjadi semacam pengingat bahwa dirinya harus selalu hidup dengan gaya hidup sehat, seperti istirahat cukup, menjaga pola makan, mengonsumsi sayur dan buah, tidak stres, fisik maupun psikis.

Jadi menjawab pertanyaan sebelumnya, apakah kanker bisa pulih seperti sedia kala ? Jawabannya ya dengan catatan tentunya. Seperti dilansir World Health Organization, kanker akan lebih mudah disembuhkan jika terdeteksi dini.

 

Statistik Kanker di Indonesia

 

Apakah Kanker Bisa Sembuh jumlah penderita kanker indonesia 2020

Apakah Kanker Bisa Sembuh: jumlah kasus kanker payudara asia tenggara

Indonesia memiliki kasus terbanyak untuk semua jenis kanker dan kanker payudara jika dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya (data dari GLOBOCAN, Global Cancer Observatory tahun 2020). Data ini sejalan dengan data sebelumnya dimana dari keseluruhan jenis, kanker payudara terbanyak dibanding jenis lainnya.

 

Pentingnya edukasi dan deteksi dini

Deteksi dini dan mengetahui tanda awal kanker akan sangat membantu dalam proses kesembuhan dan pengobatannya ke depan.

Untuk Anda ketahui, kanker tahap 0, tingkat kesembuhannya mencapai 100 persen. Stadium 1,  90 persen, stadium 2 80 persen, stadium 3 sebanyak 60 persen. Untuk stadium 4 tidak bisa disembuhkan. Ini menjadi bukti bahwa pengenalan awal gejala dan stadium awal-awal akan meningkatkan probabilitas kesembuhan.

 

Apakah Kanker Bisa Sembuh

 

18 Tanda Kanker

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kanker lebih mudah disembuhkan jika ia terdeteksi dini. Maka, meski beberapa jenis kanker berkembang tanpa gejala, tetap saja penting bagi kita untuk mengenali apa saja gejalanya.

Perlu Anda garis bawahi, setiap simptom dapat dijelaskan oleh kondisi yang nampaknya tidak berbahaya. Namun, jika tanda-tanda tertentu terjadi atau bertahan, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Berikut ini berapa karakteristik umum yang mungkin terjadi pada kanker.

Batuk yang konstan

Batuk yang terus menerus umumnya merupakan simptom infeksi seperti bronkitis maupun sinusitis. Perlu segera diperiksa jika berlangsung selama lebih dari sebulan, karena bisa jadi itu gejala kanker paru-paru.

Perubahan kebiasaan BAB

Kadang-kadang kanker menunjukkan diare yang berkelanjutan. Pada beberapa orang pengidap kanker merasa seolah-olah mereka perlu BAB dan masih merasa masih sama ingin lagi meski telah buang air besar. Jika bertahan lebih dari beberapa hari Anda perlu dievaluasi.

Darah pada tinja

Jika terdapat darah di tinja Anda perlu juga diperiksa. Ini untuk memperjelas apakah Anda menderita wasir atau ini merupakan karakteristik kanker.

Anemia yang tidak bisa dijelaskan

Gejala Anemia harus segera dievaluasi, karena banyak kanker bisa mengakibatkan anemia.

Benjolan pada payudara

Sebagian besar benjolan payudara adalah jenis tumor yang bukan kanker. Keluarnya cairan dari payudara adalah hal biasa, namun bentuk cairan tertentu, seperti keluar darah atau hanya dari satu puting penting diperiksa secara mennyeluruh.

Benjolan di testis

bejolan di testis atau membesar (tidak menyakitkan) perlu diperiksa secara menyeluruh.

Perubahan buang air kecil

Sering buang air kecil, sedikit urine, serta aliran kencing lambat dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih biasanya pada wanita, atau kelenjar prostat yang membesar pada pria. Ini harus segera dievaluasi.

Darah dalam urine

Keluarnya darah dalam air kencing bisa menandakan infeksi saluran kemih, batu ginjal atau lainnya. Namun perlu juga dicurigai sebagai salah satu tanda kanker kandung kemih maupun ginjal. Segera periksakan ke dokter. Silahkan baca ini juga buah untuk kanker: Delima Kuning, Langka Namun Banyak Manfaatnya !

Suara serak

Umumnya suara serak dapat disebabkan alergi atau polip pada pita suara, tetapi bisa jadi ini tanda awal kanker tenggorokan. Harus diperiksakan jika berlangsung dari empat minggu.

Benjolan atau kelenjar bengkak yang persisten

Benjolan mungkin tidak berbahaya (misal kista jinak). Jika tidak pernah hilang atau tetap bengkak selama tiga hingga empat minggu harus segera dievaluasi, karena sangat mungkin adalah kanker atau kelenjar getah bening bengkak yang ada kaitannya dengan kanker.

Gangguan pencernaan atau kesulitan menelan

Orang menderita maag kronis perlu atau kesulitan dalam menelan perlu mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Pendarahan atau keputihan vagina yang tidak biasa

Pendarahan setelah hubungan seksual atau di antara periode mens pada vagina yang tidak biasa bisa jadi adalah tanda awal kanker rahim. Begitu juga jika pendarahan datang kembali yang berlangsung dua hari atau lebih, atau yang berat dari biasanya.

Penurunan berat badan tiba-tiba

Gejala penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba disertai dengan demam dan keringat pada malam hari perlu mendapatkan pemeriksaan lanjut.

Gatal terus menerus di area anal atau genital

Gatal yang persisten pada kulit area genital bisa jadi adalah kondisi prakanker. Perhatikan apakah ada perubahan warna pada kulit. Segera periksakan diri Anda.

Luka tak kunjung pulih

Luka yang tidak cepat pulih, misal di daerah mulut, lidah atau gusi patut dicurigai tanda-tanda kanker, harus ke dokter segera.

Sakit kepala hebat

Sakit kepala hebat yang berlangsung terus menerus mungkin adalah tanda kanker. Anda harus segera memeriksakan diri.

Nyeri pada punggung, panggul atau kembung

Nyeri pada punggung, panggul, merasa kembung yang berlangsung terus menerus perlu dicurigai sebagai gejala kanker ovarium.

 

Gaya hidup sehat dan pencegahan kanker

 

Gaya hidup dan pencegahan kanker

Pencegahan tentu saja menjadi yang utama. Lewat gaya hidup sehat akan membuat faktor resiko terkena kanker menjadi berkurang. Ingat, gaya hidup yang buruk menyumbang 30 – 40 persen kontribusi kanker. Faktor genetik/keturunan menyubang kanker hanya 5 persen saja. Selebihnya adalah faktor tak diketahui. Maka meski tidak memiliki keturunan penderita, bukan berarti Anda aman-aman saja lalu bisa menerapkan gaya hidup seenak jidatnya. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah cukup beristirahat, beraktivitas, jaga pola makan, serta memandang hidup secara positif.

Usaha pencegahan kanker itu sendiri terbagi ke dalam tiga golongan, yakni:

Primer: Pencegahan paling awal agar tak kanker dengan mengubah gaya hidup menjadi sehat, olahraga dan menjaga pola makan
Sekunder: Penceganan dengan melakukan deteksi dini agar keberadaan kanker bisa diketahui awal
Tertier: Pencegahan dengan melakukan pengobatan yang tepat jika sudah divonis kanker sehingga proses penyembuhan berhasil secara maksimal.

Baca juga: 4 Manfaat Delima Hitam, Mulai Kesehatan Jantung Hingga Kanker

 

 

Sumber:

Pengidap kanker tidak bisa dibilang sembuh total menurut dokter – antara.com
Cancer in Indonesia – Global Cancer Observatory
Penyakit Kanker di Indonesia Urutan 8 di Asia Tenggara dan Urutan 23 di Asia – Kementerian Kesehatan RI

 

 

# sel sel yang bisa rights reserved baik https bahkan keluarga tentang tumbuh mengobati usus tubuh cara lain perawatan tersebut ketika saat berbagai ditemukan tergantung selain dilakukan digunakan terkait medis waktu obat mengetahui https mengobati tubuh tumbuh cara lain saat berbagai tergantung usus selain digunakan #

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa