Atasi 10 Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 dengan Tips Ini

#HamilTrimester3 #KesehatanIbuHamil #PersiapanPersalinan #KehamilanSehat #IbuHamilBahagia #PerawatanIbuHamil #GiziHamil #Trimester3Pregnancy #KonsultasiKehamilan #IbuHamil2023

Perubahan bentuk tubuh akan sangat terlihat memasuki trimester ketiga kehamilan. Semakin usia kehamilan bertambah, semakin banyak pula gejala yang dialaminya. Perubahan tubuh dan gejala biasanya akan sangat terasa pada periode ini. Untuk itulah penting bagi calon ibu untuk memastikan keterjagaan kondisi kesehatan tubuh. Simak keluhan apa saja yang dialami ibu hamil pada trimester 3 berikut tips mengatasinya.

 

ibu hamil trimester 3

 

Pengertian Kehamilan Trimester Ketiga

Pada kehamilan trimester ketiga bunda kemungkinan merasa kelelahan, tidak nyaman dan tentu saja karena mendekati hari H, ia akan mengalami rasa cemas. Kehamilan di periode ini berlangsung dari minggu ke 28 sampai ke 40, dimana perkembangan bayi dianggap sudah cukup matang di minggu ke-37 dan tinggal menunggu waktu kapan lahir. Tentu saja berbagai tantangan fisik dan emosional akan dialami bumil.

 

ibu hamil trimester 3 timeline kehamilan

Timeline Kehamilan – Sumber: Wikipedia

 

Perkembangan Bayi saat Kehamilan Trimester 3

Pada periode minggu ke-32, tulang bayi terbentuk sempurna. Buah hati juga sudah bisa membuka dan menutup matanya, bahkan merasakan cahaya. Tubuh bayi juga mulai mampu menyimpan mineral seperti zat besi dan kalsium.

Empat minggu setelahnya, atau minggu ke-36, idealnya posisi kepala bayi sudah menghadap ke bawah. Inilah mengapa dokter akan mengambil tindakan bedah caesar jika bayi tidak mampu pindah ke posisi tersebut.

Pada minggu ke-38, perkembangan bayi dianggap sempurna, karena organ-organ tubuhnya sudah bisa berfungsi dengan baik. Untuk diketahui, pada periode ini secara teori bayi telah memiliki panjang 48-53 cm dengan berat badan sekitar 2,7 – 4 kg.

 

Perubahan Tubuh Ibu Hamil saat Trimester 3

 

Perubahan Tubuh Ibu Hamil saat Trimester 3

 

Pembengkakan sekujur tubuh akan terjadi pada trimester ketiga ini, dan biasanya disertai rasa sakit. Payudara bunda juga sudah bisa mengeluarkan ASI. Gejala-gejala lainnya pada periode ini biasanya adalah:

Kontraksi braxton hicks

Bunda sangat mungkin merasakan kontraksi ringan namun tidak teratur yang biasanya terjadi pada sore atau malam hari, dan setelah aktivitas fisik atau setelah berhubungan. Jika kontraksi teratur dan terus meningkat kekuatannya disarankan untuk menghubungki dokter. Oh ya, frekuensi kontraksi cenderung terjadi lebih sering dan menjadi lebih kuat menjelang kelahiran.

Sesak napas

Bunda mungkin mudah merasa lelah. Cara mengatasinya, postur tubuh Bunda harus ideal yakni memberi paru-paru lebih banyak ruang untuk berkembang dengan tetap tegak saat berdiri dan duduk.

Maag

Hormon kehamilan dapat mengendurkan katup antara perut dengan kerongkongan. Kondisi ini akan membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan mual. Cara mencegahnya adalah dengan memakan makanan dalam porsi sedikit namun sering. Hindarilah makanan yang digoreng, buah asam, cokelat, dan makanan yang pedas.

Nyeri panggul

Nyeri panggul mungkin terjadi pada periode ini. Ini mungkin disebabkan ligamen mengendur, menarik, atau meregang, yang secara alami untuk menopang rahim yang sedang tumbuh. Rasa nyeri juga mungkin disebabkan perubahan kepala bayi yang mulai menghadap ke bawah, sehingga menekan leher rahim dan saraf di sekitar rahim bagian bawah.

Sakit punggung

Hormon kehamilan akan mengendurkan jaringan ikat yang menahan tulang. Ini tentu saja menyebabkan ketidaknyaman Bunda selama trimester ketiga ini. Untuk mengatasinya adalah, pilih kursi dengan penyangga punggung yang baik, dan berolahraga ringan tapi teratur.

Muncul spider veins, varises, dan wasir

Akan terlihat pembuluh darah kecil berwarna merah keunguan muncul di wajah, leher, dan lengan yang biasanya akan hilang setelah melahirkan. Wasir disertai sensasi gatal juga biasanya terjadi. Di kaki mungkin saja terjadi varises. Untuk mengatasinya sering-seringlah berolahraga, posisikan kaki lebih tinggi, serta konsumsilah serat dan minum. Untuk mengatasi wasir, lakukanlah terapi air hangat (merendam bokong di baskom) demi mengurangi gatal dan iritasi.

Keputihan

Keputihan dilaporkan bisa terjadi. Menjelang hari H Bunda mungkin mengeluarkan cairan kental, bening, atau sedikit bercak-bercak darah. Cairan ini pertanda serviks mulai melebar secara alamiah untuk mempersiapkan jalannya persalinan.

Sering buang air kecil

Saat bayi bergerak serta mengenai panggul, bunda akan merasakan banyak tekanan di kandung kemih yang membuat sering buang air kecil. Lucunya sampai air urine tidak sengaja keluar saat ibu tertawa, batuk, bersin, membungkuk, maupun mengangkat benda.

 

 

Kebutuhan Nutrisi saat Trimester 3

Agar ibu hamil dan bayi tetap sehat sampai waktu persalinan nanti, kebutuhan nutrisi mau tak mau wajib dipenuhi selama trimester ketiga kehamilan. Vitamin, kalsium, dan lemak adalah diantaranya. Mereka memiliki perannya masing-masing, ini dia:

Vitamin

  1. Vitamin A: untuk membantu pertumbuhan tulang, kulit, dan penglihatan bayi nantinya.
  2. Vitamin C: membantu penyerapan zat besi pada tubuh dan menyehatkan gigi, gusi, dan tulang bayi.
  3. Vitamin B6: membantu perkembangan sel darah merah dan otak pada bayi.
  4. Vitamin B12: berperan membantu menjaga sistem saraf agar tetap kuat dan pembentukan sel darah merah.
  5. Vitamin D: untuk mendukung penyerapan kalsium pada ibu dan bayi.
  6. Konsumsi secara teratur Suplemen Complete Multivitamins and Minerals Nutrimax

Kalsium

Kalsium memiliki peran membentuk tulang dan gigi bayi, mengingat pada trimester ketiga tulang bayi semakin keras.

Kolin

Berperan membantu pembentukan otak dan sumsum tulang belakang si bayi.

Protein

Fungsinya membantu pertumbuhan bayi dan menghasilkan darah.

Lemak dan minyak

Lemak dan minyak berperan sebagai sumber energi untuk ibu, dan membantu organ bayi dan plasenta tumbuh.

 

Menjaga Kesehatan Tubuh saat Kehamilan Trimester Ketiga

Bunda tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan 11 hingga 16 kilogram. Fenomena ini alamiah adanya. Namun bukan berarti bunda harus “pasrah”. Cobalah untuk tetap aktif selama kehamilan trimester ketiga, rutin berolahraga untuk menjaga stamina baik saat proses persalinan nanti.

 

Hal yang Perlu Dihindari Ibu Hamil saat Trimester Ketiga

Ada yang perlu dilakukan ada juga yang perlu dihindari. Berikut ini kita berbicara apa yang tidak boleh dilakukan. Pada trimester terakhir Bunda sebaiknya tidak melakukan beberapa aktivitas yang bisa berdampak negatif, seperti menghindari perjalanan jauh dan pergi dengan pesawat terbang. Maskapai penerbangan sudah mengantisipasi hal ini. Mereka mengeluarkan aturan melarang ibu hamil usia 34 minggu untuk bisa naik pesawat mereka.

Pantangan lainnya adalah olahraga terlalu berat dan yang berpotensi menyebabkan cedera pada perut.

Bagaimana dengan makanan dan minuman ? Sebaiknya Bunda batasi kafein dan alkohol, kebiasaan minum obat tanpa anjuran dokter, mengkonsumsi ikan mentah dan makanan laut bermerkuri tinggi, minum susu yang tidak dipasteurisasi, juga daging yang diawetkan.

 

Perubahan Emosi pada Kehamilan Trimester 3

Mendekati persalinan adalah wajar jika Bunda mengalami kecemasan. Biasanya adalah tentang apakah prosesnya akan menyakitkan, berapa lama akan bertahan dari rasa sakit, apakah bayi akan normal nantinya, hingga apakah ibu bisa melewatinya dan masih banyak lagi.

Jika demikian, Bunda dan pasangan harus bersama-sama mengatasinya. Misalnya mengikuti kelas melahirkan, berkonsultasi dengan dengan ibu lain yang telah mengalaminya (dengan positif tentunya). Pada detik-detik seperti ini juga peran suami sangat penting menemani istri tercinta yang gundah gulana. Disarankan perbanyak waktu untuk berbincang dengan istri, sebisa mungkin curahkan waktu Anda lebih banyak kepada istri ketimbang urusan pekerjaan.

 

Sumber

Pregnancy – nhs.uk
Overview of Disease During Pregnancy – merckmanuals.com
Pregnancy and the Vegan Diet – vrg.org
Nutrition for the First Trimester of Pregnancy – ideafit.com

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa