Hipertensi Primer dan Sekunder, 22 Tips Penanganannya

Di kehidupan sehari-hari sering kita mendengar term hipertensi maupun tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah fenomena kesehatan yang menjadi biang kerok seseorang terkena penyakit jantung atau stroke. Namun begitu jangan berlebihan saat meresponnya. Masih ada beberapa langkah yang dapat kita tempuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dengan cara cepat. Mari ikuti tulisan berkenaan tentang Hipertensi Primer dan Sekunder, 22 Tips Penanganannya ini hingga kelar.

 

 Hipertensi Primer dan Sekunder

 

Bagaimana Definisi Hipertensi?

Tensi tinggi atau hipertensi muncul saat tekanan darah di pembuluh darah Anda jadi meningkat. Hipertensi mayoritas tanpa disertai tanda-tanda apapun, tapi bisa berefek pada kerusakan organ-organ tubuh dalam waktu yang panjang bila tidak ditangani dengan langkah optimal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beserta Kementerian Kesehatan RI sama-sama mendeskripsikan hipertensi sebagai tensi seseorang dimana sistoliknya mencapai 140 mmHg ataupun lebih plus diastolik 90 mmHg ataupun lebih dan berlangsung dalam waktu yang lama.

 

Data Sangat Tingginya Distribusi Kasus Hipertensi di Tanah Air!

statistik hipertensi di indonesia

Statistik hipertensi di Indonesia tahun 2018

 

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa tingkat kasus darah tinggi di Indonesia cukup tinggi. Data memperlihatkan kalau satu dari tiga penduduk Indonesia rupa-rupanya menderita tekanan darah tinggi & mengalami tren penambahan setiap tahunnya. Pendapat demikian diungkapkannya di acara Webinar Menyambut Hari Hipertensi Sedunia, Selasa (6/6/2023). Oleh karena dampak lanjutannya ialah penyakit membahayakan seperti gagal ginjal, stroke, dan serangan jantung, Menteri Kesehatan menghimbau pada warga untuk disiplin mengecek tensi darahnya.

 

 

Anda Harus Tahu, Apa Gejala Hipertensi

Gejala-gejala & tanda-tanda hipertensi mencakup sakit kepala, kepala pusing, napas sesak, nyeri dada, dan masalah pada pandangan. Namun kerap kali hipertensi perlu diingatkan sekali lagi malah tanpa memperlihatkan tanda-tanda apapun.

 

 Hipertensi Primer dan Sekunder

 

Pentingnya Mengetahui Ciri2 Tensi Naik

Melindungi tensi darah normal Anda adalah penting buat pemeliharaan kesehatan dalam waktu panjang. Tekanan tinggi yang tidak dikendalikan akan berujung pada peningkatan efek negatif seperti kerusakan jantung, serangan stroke, gagal jantung, atau kerusakan organ penting lainnya.

Lakukan Pengukuran Rutin Untuk Mengetahui Ukuran Tekanan Darah Tinggi Anda Terbaru

Mengukur tekanan darah secara rutin menggunakan tensimeter paling penting untuk merawat kesehatan. Dengan melakukan pengukuran seseorang bisa mengawasi dampak negatif berlangsungnya soal kesehatan seperti tekanan darah tinggi maupun hipotensi. Dalam beberapa kasus tekanan darah tinggi ataupun rendah bisa jadi itu merupakan tanda-tanda awalnya permasalahan kesehatan yang tambah serius.

Anda dianjurkan mempunyai tensimeter sendiri terutama untuk orang yang telah terdiagnosa sebagai penderita tekanan darah tinggi. Hal ini supaya Anda tidak usah bolak-balik antre di rumah sakit ataupun klinik dokter untuk pemeriksaan rutin.

Mari Baca artikel tentang Berapakah Tensi Normal Sesuai Kategori Umur (Balita Sampai Lanjut usia)

Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Tensi Tinggi

Dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter adalah salah satu metode menurunkan hipertensi dan kolesterol dalam darah sekaligus. Namun demikian untuk hasil yang optimal konsumsi obat mesti disertai perombakan pola hidup. Lalu bagaimanakah langkah turunkan tekanan darah atau kolesterol bersama-sama tanpa mengkonsumsi obat ?

Olahraga Rutin

Langkah normalkan hipertensi dan kolesterol hasilnya bisa lebih efisien dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Tujuan dari olahraga yakni untuk melatih otot jantung supaya menjadi lebih kuat. Saat jadi kuat jantung akan mampu memompa darah semakin banyak tanpa memaksakan kapasitas otot jantung secara berlebihan. Efek bagusnya adalah tekanan pada pembuluh darah Anda jadi ikutan turun.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika berolahraga secara teratur seperti: tubuh akan merangsang enzim yang fungsi utamanya adalah menyingkirkan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati (liver) yang lalu diubah menjadi zat yang mensupport proses pencernaan serta dikeluarkan dari dalam tubuh.

The Department of Health and Human Serviss (HHS) menyarankan kita berolahraga intensif sebagai langkah menurunkan tekanan darah tinggi ataupun kolesterol serta secara rutin melakukannya 150 menit dalam 1 minggu. Jenis olahraga yang tergolong masuk kategori intensitas menengah adalah seperti aerobik, jogging, bersepeda, naik tangga, berenang, & berjalan. Studi dari The College of Physicians of Canada memperlihatkan bahwa latihan aerobik dengan intensif sedang terbukti mampu mencegah juga mengelola tekanan darah tinggi tingkat 1. Makin sering kita olahraga akan bertambah banyak pula kolesterol jahat yang dapat dikeluarkan tubuh.

Atur Pola Makan Sehat

Rajin-rajinlah melahap asupan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayur-sayur fresh, biji-bijian, ikan dan makanan rendah lemak.

Hindari Asupan Pemicu Hipertensi & Kolesterol

Langkah mengontrol tekanan darah & kolesterol dapat dilakukan dengan menghindari dari beberapa makanan sebagai berikut:

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji (junk food) umumnya dimasak dengan menggunakan garam dan minyak yang mengandung natrium (na) dan lemak yang sangat tinggi. Makan asupan seperti ini pasti akan menaikkan tekanan darah serta takaran kolesterol jahat (LDL) sekaligus. Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam badan Anda akan menjadi plak yang kelanjutannnya menyumpal pembuluh darah.

Daging Olahan

Daging olahan pastinya menggunakan garam bernatrium tinggi agar awet atau tidak cepat busuk. Berdasarkan lembaga United States Department of Agriculture menyatakan bahwa baru dua potongan daging olahan saja ia sudah mengandung natrium kira-kira sebesar 567-910 miligram. Daging olahan juga memiliki kandungan dengan persentase lemak jenuh yang bahkan juga jauh lebih tinggi ketimbang daging merah yang segar. Memakan daging olahan terkait dengan risiko buruk peningkatan kolesterol jahat.

Keju Olahan

Bila Anda pencinta keju olahan tetapi sebaliknya adalah pasien penyakit tekanan darah tinggi mulai saat ini untuk batasilah atau bahkan juga tinggalkan saja makanan tersebut. Keju olahan ternyata memiliki kandungan natrium fosfat di mana di tiap-tiap 28 gr suguhannya juga sudah juga punya kandungan sebanyak 377 natrium!!

Bolu & Hidangan Pencuci Mulut

Lemak jenuh dengan mudah dapat Anda jumpai pada produk buatan susu. Produksi susu yang lain seperti es krim juga mempunyai kandungan lemak yang lebih banyak dibanding junk food hamburger. Bahkan kadar lemak jenuhnya sampai 2x lebih banyak jika dibandingkan dengan gula pada donat. Maka itu batasi saja memakan cake, kue, kukis serta makanan-makanan lain yang ada kandungan olahan susu, krim dan mentega terlalu berlebihan.

Kurangi Asupan Garam, Lemak Jenuh & Lemak

Membatasi mengonsumsi garam dapat meminimalisir efek negatif tekanan darah tinggi. WHO menyerukan bukan hanya untuk menghambat tekanan darah tinggi saja, namun juga untuk mencegah kolesterol tubuh tinggi. Lembaga organisasi kesehatan dunia itu juga merekomendasikan paling tidak garam yang dikonsumsi tak lebih 5 gr atau 1 sendok teh saja. Patut diingat bahwa jumlah itu mewakili semua makanan yang disantap sehari-hari.

Lakukan Diet DASH

Diet DASH adalah salah satu trik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tubuh, sekaligus meminimalisir konsumsi garam – lemak. Ketentuan diet sehari-harinya berfokus pada bagaimana mengurangi asupan garam, gula, lemak, buah-buahan, sayur-mayur hijau segar, beserta gandum utuh. Program diet ini dihitung dengan menggunakan asumsi 2000 kalori setiap harinya. Simak takaran suguhan dari tiap-tiap makanan pada program DASH:

Biji-bijian (6-8 sajian)

Usahakanlah pilih dan makan yang utuh saja misal roti gandum, sereal gandum, pasta gandum yang utuh, beras coklat ataupun oatmeal. Dalam sekali hidangan disajikan hanya satu belah roti atau satu ons sereal kering di mana dalam per 1 jatahnya terdiri dari 170 gr. Satu porsi bijian seberat 170 gram , nasi yang diolah, oat atau juga pasta.

Sayuran (4-5 sajian)

Sayur memiliki kandungan kalori serta lemak rendah maka dari itu sangat baik untuk mengontrol tekanan darah jadi lebih stabil. Dalam setiap hidangan Anda disarankan ada 170 gr sayuran yang terbagi dalam sayuran mentah atau yang telah diolah diolah terlebih dahulu dan sayur yang diblender.

Buah (4-5 sajian)

Satu hidangan buah terdiri dari satu buah apel dan jeruk berukuran sedang atau 170 gr buah fresh plus satu 1/2 cangkir (150 gr) juice.

Yogurt Tanpa Lemak

Hidangkan hanya 1 cup yogurt tanpa lemak setiap harinya.

Kacang dan polong-polongan

Nikmatilah hanya 5 porsi makanan tersebut tiap minggunya di mana dalam sebuah suguhan mengandung 43 gram kacang dan 2 sendok makan biji-bijian atau 170 gr cangkir kacang polong yang sebelumnya diolah.

Saat mengaplikasikan program DASH ukurlah apa yang Anda makan Anda setiap hari:

Salt Disarankan konsumsi hanya 1.500 mg saja perharinya atau 1/4 sendok teh garam.

Lemak maupun minyak (dan yang tergolong mentega ataupun butter) satu sendok makan /hari. Mayones maupun sauce salad kurang dari dua sendok makan.

Sugar Asupan yang mengandung gula takarannya hanya sekitar 1 sdk makan gula atau selai saja.

Daging atau lemak Batasi mengonsumsi daging enam porsi saja setiap hari atau direkomendasikan di bawahnya dimana tiap-tiap porsinya seberat 6 ons.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah trik turunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang amat jitu. Rokok dipastikan sebagai faktor utama pemicu penyakit tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Jika Anda menghisap rokok sama saja persentase kolesterol baik yang ada dalam tubuh kita akan jadi turun. Padahal kalau mau jujur kolesterol baik ternyata memiliki fungsi penting untuk menghancurkan kolesterol jahat yang menggumpal yang menutup pembuluh darah Anda. Belum lagi kandungan nikotinnya juga jadi biang kerok penyempitan pembuluh darah sehingga membuat jantung jadi berdetak lebih cepat dimana ujung-ujungnya hipertensi.

Tidak Minum Alkohol

Langkah efektif lainnya menekan tensi darah tinggi yaitu secara total berhenti menenggak alkohol. Banyak kajian memperlihatkan bahwa alkohol nyata-nyata dapat menambah tekanan darah. Konsumsi alkohol berkelanjutan akan tingkatkan resiko hipertensi gawat.

Jaga Berat Badan Ideal Anda

Bila Anda mengalami berat badan (BB) dan memiliki hipertensi maka sekaranglah saatnya menurunkan bobot tubuh Anda. Harus disadari bahwa kegemukan akan mengakibatkan sindrom metabolik yang tingkatkan efek negatif diserang penyakit jantung, hipertensi, ataupun terserang stroke juga berbagai penyakit terkait penyakit pembuluh darah lainnya. Bila Anda mampu menjalankan diet dan berolahraga secara rutin seperti yang telah diterangkan sebelumnya pastilah tubuh Anda akan mendapatkan bonus penurunan bobot badan yang diidam-idamkan. Yuk berhitung berapakah semestinya bobot badan ideal Anda sekarang dengan mengklik gambar di bawah ini

Suplemen Hipertensi

Berikut merupakan beberapa kandungan suplemen herbal yang secara tradisional memiliki kegunaan membantu menurunkan tensi darah juga mengontrol kolesterol.

Asam Lemak Esensial, Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang teramat penting untuk kesehatan jantung dan dengan pembuluh darah. Suplemen ajaib omega-3 mampu membantu turunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan tubuh. Sumber-sumber omega-3 merupakan berasal dari jenis ikan dengan kandungan lemak alami yang tinggi contohnya ikan salmon, sarden juga trout. Anda juga bisa mendapatkan faedah penting kandungan dari asam lemak esensial di dalam Nutrimax Omega Complex dengan mudah serta harga yang sangat murah. Sebagai informasi tambahan, selain asam lemak essensial, suplemen ini pula mempunyai kandungan Organic Flax Seed Oil, Alpha Linolenic Acid, Oleic Acid, Linoleic Acid, Borage Seed Oil, d-Alpha Tocopheryl Acetate (Vit E) Oil dan Gelatine (Bovine Bone).

Ultra Garlic

Ultra garlic (juga dalam bahasa awam dikenal sebagai Bawang putih) sudah dimanfaatkan dalam teknik penyebuhan tradisional dalam mengendalikan hipertensi dan pelbagai penyakit lainnya. Senyawa allicin yang terkandung di dalamnya dipercaya mempunyai dampak melonggarkan pembuluh darah juga tingkatkan kelancaran peredaran darah. Bila Anda tertarik untuk mengaplikasikan terapi darah tinggi secara alami dengan memanfaatkannya konsumsilah suplemen Nutrimax Ultra Garlic. Terapi ini bukanlah cara yang biasa, karena produk suplemen ini memakai Pure-Gar yakni merek garlic yang sudah diolah dengan tehnologi terkini dan sudah dipastikan terjaga kwalitetnya: Mudah diserap tubuh serta tidak menimbulkan efek aroma tidak sedap setelah memakannya.

Hawaiian Noni

Hawaian Noni merupakan tumbuhan yang berasal Hawai & sudah dipakai masyarakat tradisional di sana dalam metode penyembuhan tradisional selama beratus-ratus tahun lamanya. Buah ini mempunyai kandungan bekerja dengan efektif & efisien menekan tekanan darah tinggi Anda. Bila Anda pengidap hipertensi dan pengin memperoleh kegunaan dari Hawaian Noni, Anda dapat beli Hawaian Noni Nutrimax di gerai kesehatan maupun apotek yang terdekat dari kediaman Anda.

Fruitflow®II

Fruitflow®II memiliki arti suatu kandungan alami yang diekstrak dari tomat matang via proses enzimatik. Materi ini amat kaya peptida bioaktif yang dapat menolong kesehatan jantung melalui cara meminimalisir agregasi platelet. Secara umum Fruitflow®II dalam Circu Health Nutrimax dianggap berperan dalam menghambat pembekuan, mengawasi kelancaran saluran darah, untuk mengontrol tekanan darah dalam range yang sehat, memberikan dukungan peranan normal jantung serta struktur peredaran darah dan lain-lain.

Catatan Untuk Jadi perhatian Sebelum mengkonsumsi suplemen untuk hipertensi sangat perlu untuk bertanya ke dokter atau ahli kesehatan terlebih dulu. Mereka akan memberikan anjuran berdasar situasi kesehatan Anda dan memastikan tak ada interaksi yang tidak dikehendaki terhadap obat lain yang Anda konsumsi.

 

Tensi 170 110, Dampak Buruk Bila Tidak Segera Diatasi

Langkah menurunkan darah tinggi dan kolesterol yang tepat akan membuat tubuh kita terlepas dari penyakit yang terkait dengan masalah jantung dan pembuluh darah diantaranya:

Stroke

Tekanan darah yang menurun juga akan menurunkan akibat negatif Anda terkena stroke. Sebaliknya jika tensi darah terlalu tinggi bakalan menjadikan pembuluh darah jadi tidak lentur juga menyempit. Gumpalan darah yang terbentuk bergerak ke otak yang pada akhirnya persediaan oksigen jadi terhalang. Hal inilah yang kemudian membuat penyumbatan pembuluh darah bahkan lebih bahaya lagi pecah.

Serangan Jantung

Turunkan tekanan darah dan kolesterol bakal membuat kita terhindar dari risiko terserang serangan jantung. Tekanan darah tak terkontrol atau terlalu tinggi bisa membuat pembuluh darah seseorang kaku serta mengalami penyempitan. Di situlah sisa ruangan pembuluh darah menjadi semakin berkurang dan mengalami pengerasan. Hal demikian menyebabkan darah menggumpal dan aliran oksigen ke jantung menjadi terhenti. Keadaan ini lalu bikin otot jantung rusak juga dada nyeri.

Penyakit Arteri Perifer

Pembuluh darah yang kaku atau rusak karena tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan plak kolesterol yang berdampak pada terhambatnya aliran darah ke arah kaki serta tungkai sehingga muncullah rasa sakit atau kematian jaringan.

Kematian

Ini alasannya kenapa hipertensi disebut-sebut sebagai “silent killer” alias si pembunuh diam-diam. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang mengancam nyawa pasiennya. Tekanan darah yang tidak terkontrol yakni suatu keadaan klinis yang diikuti dengan tekanan darah yang konsisten tinggi di arteri. Tekanan darah yang meningkat secara kronis akan berdampak pada kerusakan pada organ tubuh vital seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, & otak. Penanganan yang tidak tepat dan prudent akan meningkatkan efek negatif penyakit serangan jantung, serangan penyakit stroke, kegagalan ginjal, maupun komplikasi serius lainnya yang berujung pada kematian.

 

Kesimpulan Hipertensi Primer dan Sekunder

Untuk berhasil menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal memerlukan usaha yang kuat mengubah life-style yang sehat serta kedisiplinan yang tinggi. Jika berdisiplin tinggi menuruti beberapa langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda mampu mengatur tekanan darah tinggi dengan cara cepat. Mari jaga selalu jantung sehat dengan tidak ada cara lain mengawasi tensi darah normal Anda.

 

Sumber:
Inilah Tips Turunkan Darah Tinggi Secara Cepat Natural – halodoc.com
21 Asupan Penurun Hipertensi Secara Alami yang Paling Ampuh – klikdokter.com
6 tips paling simpel buat turunkan tekanan darah Anda – Kementerian Kesehatan
Darah Tinggi Merupakan Aspek Biang Kerok Terjadinya Stroke – Unila

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa