Penyakit Lupus Itu Apa ? Ini 3 Penyebab dan Gejalanya

#LupusPenjelasan #ApaItuLupus #PenyakitAutoimun #KesehatanLupus #LupusAwareness #PemahamanLupus #LupusInfo #PenyakitSistemik #LupusFakta #EdukasiLupus

 

Systemic Lupus  Erythematosus (SLE) atau penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit autoimun kronis yang menimbulkan inflamasi pada beberapa bagian tubuh si penderita, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Karena termasuk penyakit autoimun, ciri khas lupus adalah sistem kekebalan tubuh yang justru melawan sel sehat dalam tubuhnya sendiri. Lantas, penyakit lupus itu apa ? bagaimana penyebab dan gejalanya. Simak penjelasannya di sini!

 

Arti Lupus?

Idealnya, antibodi berfungsi melindungi tubuh dari berbagai sel abnormal (virus atau bakteri) yang menjadi biang kerok munculnya penyakit. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, ia justru menyerang sel-sel sehat dari dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan jadi rentan terkena infeksi, peradangan atau inflamasi.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI periode 2014 – 2016, terdapat kenaikan yang mengkhawatirkan jumlah penderita lupus. Dari total 2166 penderita yang mendapatkan perawatan di rumah sakit pada tahun 2016, 550 diantaranya dinyatakan meninggal. Ini membuktikan bahwa penyakit ini jangan diremehkan dan harus segera mendapatkan perawatan yang tepat.

 

statistik kasus lupus

 

 

Penyebab Lupus

Secara umum, penyebab lupus adalah terdapat kelainan sistem imun penderitanya. Nah kondisi “senjata makan tuan” ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

Lingkungan

Faktor lingkungan disini adalah paparan racun dari asap rokok, merkuri dan gel natrium silika. Zat-zat itu adalah pemicu peradangan serta mendorong terbentuknya autoimun yang akan menyerang sel tubuh si penderita itu sendiri.

Hormon

Berdasarkan beberapa penelitian, wanita ternyata lebih rentan menderita lupus dibanding pria. Mengapa ? Ini karena wanita lebih banyak menghasilkan dan menggunakan hormon estrogen yang membuat ia memiliki sistem imunitas lebih kuat yang sayangnya justru akan menjadi senjata makan tuan.

Genetik

Atau faktor genetik atau keturunan. Banyak kasus penderita dengan riwayat keluarga terkena lupus akan mendapatkan hasil positif saat tes DNA autoimun.

 

Jenis-jenis Lupus

Lupus terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan gejala dan kondisinya, berikut adalah beberapa tipenya:

SLE

Atau Systemic Lupus Erythematosus. Jenis ini paling umum ditemukan dan dapat memengaruhi organ-organ tubuh, seperti jantung, ginjal, sistem saraf, paru-paru, kulit juga sendi. Umumnya gejala-gejalanya adalah peradangan sendi, ruam kulit, kaki bengkak di kaki, pembengkakan di sekitar mata, serta rasa lelah yang sangat.

Lupus Kulit

Jenis lupus ini dapat menyebabkan pada penderitanya menderita ruam pada kulit yang paling sering terekspos sinar matahari (telinga, wajah, kaki, atau leher).

Neonatus

Disebut neonatus karena terjadi pada bayi yang baru dilahirkan. Tipe ini tergolong langka dimana penyebabnya biasanya terjadi karena ibu memiliki antibodi autoimun tertentu yang ditularkan kepada bayinya via plasenta.

Lupus Eritematosus yang Diinduksi Obat

Faktor penyebab tipe ini biasanya induksi obat-obatan dalam tempo yang lama. Obat yang dimaksud adalah hipertensi, obat aritmia, obat antikonvulsan atau antimikroba.

 

Gejala Lupus

Sering lupus disebut juga dengan “penyakit seribu wajah”.  Ini dikarenakan gejala-gejala lupus mirip dengan gejala penyakit lain. Biasanya gejalanya adalah:

Nyeri Persendian

Gejala pertama yang umum dialami penderita adalah rasa nyeri di persendian tangan dan kaki. Penderita akan mengalami sensasi nyeri yang berpindah-pindah dari satu sendi ke sendi lainnya. Nyeri tersebut temporer sifatnya dan tidak menyebabkan kerusakan maupun cacat yang permanen pada persendian.

 

Penyakit Lupus Itu Apa

Ruam menyerupai butterfly pada wajah penderita Lupus

 

Muncul Ruam di Kulit

Munculnya ruam di kulit adalah gejala yang juga paling umum terjadi. Gejala ini biasanya menyebar di pipi, pergelangan tangan, serta batang hidung penderita. Penyebarannya menyerupai kupu-kupu, itulah sebabnya ia dikenal juga dengan sebutan ruam butterfly. Ruam bersifat permanen serta akan bertambah parah jika terekspos sinar matahari.

Mudah Merasa Lelah

Penderita akan mudah lelah meski tidak melakukan yang melelahkan. Lucunya, lelah tidak kunjung pulih meskipun telah beristirahat dengan cukup.

 

Lupus Pengobatan

Ingat, lupus tidak dapat disembuhkan. Pengobatan biasanya hanya memberikan obat-obatan dalam rangka  mengurangi gejala-gejalanya, serta mencegah komplikasi lebih parah.

Dokter juga biasanya menganjurkan penderita lupus untuk menerapkan gaya hidup sehat: menjaga pola makan sehat, mengelola stres, berolahraga secara rutin, serta tentu saja menghindari terekspos paparan matahari.

 

Komplikasi Lupus

Jika tidak ditangani dengan tepat, lupus berisiko menyebabkan komplikasi, yakni:

  • Meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Terjadinya kerusakan ginjal, bahkan hingga gagal ginjal.
  • Munculnya masalah anemia dan peradangan pembuluh darah yang beresiko terjadinya penggumpalan darah
  • Menimbulkan sakit kepala, masalah pada penglihatan, kejang-kejang, bahkan bukan tidak mungkin akan terjadi stroke.
  • Masalah kesehatan pneumonia.

 

Sumber:

Tacrolimus Terapi Aman Untuk Pasien Lupus – Yayasan Lupus Indonesia
What are SLE & other types of lupus ? – Medical News Today
Penyakit Lupus Ternyata Lebih Banyak Menyerang Wanita – Tribunnews
Lupus (Systemic Lupus Erythematosus or SLE) – medicinenet.com

 

# dilakukan dokter melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit ini merupakan nyeri dan gangguan kehamilan lupus yang dapat diketahui paparan sinar matahari yang tidak lupus adalah penyakit jaringan dan organ adalah penyakit yang dapat sembuh lupus dan gejala sistemik manajemen informasi layanan rumah sakit risiko terhadap dan gangguan jaringan lupus yang pasti paparan sinar pada orang sebelum dan pelayanan pasien tentang berbeda harus normal belum ketika bahwa sebagai konsumsi utama sehingga stres imun ada orang saat namun ada dokter dan lupus dapat #

 

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa