Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya, 22 Tips Penanganannya

Dalam kehidupan sehari-hari kerap kita mendengar kata-kata hipertensi ataupun tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah fenomena kesehatan yang berimbas pada seseorang terserang penyakit jantung maupun stroke. Namun jangan berlebihan ketika merespon. Masih ada beberapa langkah yang dapat diambil buat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dengan cepat. Mari ikuti artikel mengenai Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya, 22 Tips Penanganannya ini hingga kelar.

 

 Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

 

Begini Definisi Hipertensi WHO

Tensi tinggi atau hipertensi muncul ketika tekanan darah dalam pembuluh darah Anda bertambah. Hipertensi sebagian besar tidak memperlihatkan gejala yang jelas, tapi bisa berefek pada kerusakan organ-organ tubuh dalam periode yang panjang apabila tidak ditangani dengan langkah optimal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beserta Kementerian Kesehatan RI sama-sama mendeskripsikan hipertensi sebagai ukuran tensi seseorang dimana sistoliknya mencapai 140 mmHg atau bisa lebih, dan diastolik 90 mmHg atau bisa lebih dan berlangsung dalam waktu yang lama.

 

Data Sangat Tingginya Distribusi Angka Hipertensi di Tanah Air

statistik hipertensi di indonesia

Statistik hipertensi di Indonesia tahun 2018

 

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa tingkat kasus penyakit darah tinggi Nasional cukup tinggi. Data memperlihatkan kalau satu dari tiga penduduk Indonesia rupa-rupanya menderita hipertensi & mengalami tren kenaikan setiap tahunnya. Pendapat demikian diutarakannya di acara Webinar Menyambut Hari Hipertensi Sedunia, Selasa (6/6/2023). Oleh karena dampak lanjutannya merupakan penyakit membahayakan seperti serangan jantung, stroke dan gagal ginjal, Menteri Kesehatan menghimbau pada warga selalu disiplin memeriksakan tensi darahnya.

 

 

Gejala Darah Tinggi Naik

Gejala-gejala & tanda-tanda hipertensi seperti sakit kepala, kepala pusing, napas sesak, nyeri dada, juga masalah pada penglihatan. Namun kerap kali hipertensi harus diingatkan sekali lagi malah tanpa menunjukkan gejala-gejala apapun.

 

 Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

 

Pentingnya Mengetahui Cara Pencegahan Tekanan Darah Tinggi

Melindungi tensi darah normal Anda paling penting untuk pemeliharaan kesehatan dalam periode waktu panjang. Tekanan tinggi yang tidak dikendalikan akan berujung pada meningkatnya risiko seperti: kerusakan jantung, serangan stroke, gagal jantung, atau kerusakan organ-organ vital yang lainnya.

Disiplin Mengukur Tensi Untuk Mengetahui Ukuran Darah Tinggi Terkini

Mengukur tekanan darah secara rutin menggunakan tensimeter begitu penting buat menjaga kesehatan. Dengan melakukan pengukuran seseorang bisa mengawasi dampak negatif berlangsungnya problem kesehatan seperti penyakit hipertensi ataupun hipotensi. Dalam beberapa kasus tekanan darah tinggi ataupun rendah bisa jadi itu merupakan tanda-tanda awal mula persoalan kesehatan yang kian serius.

Anda dianjurkan mempunyai tensimeter sendiri di rumah khususnya untuk orang yang sudah terdiagnosa sebagai penderita tekanan darah tinggi. Hal ini supaya Anda tidak butuh bolak-balik berbaris mengatri di rumah sakit ataupun klinik praktek dokter untuk pemeriksaan rutin.

Baca juga artikel terkait tentang Berapakah Tensi Ideal Menurut Umur (Balita Hingga Lanjut usia)

Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Tensi Tinggi

Dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter merupakan salah satu tehnik menurunkan hipertensi serta kolesterol dalam darah sekaligus. Namun demikian untuk hasil yang maksimal konsumsi obat harus disertai perubahan pola hidup. Lalu bagaimanakah trik menurunkan tekanan darah serta kolesterol bersama-sama tanpa mengkonsumsi obat ?

Olahraga Rutin

Langkah menormalkan hipertensi serta kolesterol hasilnya bisa lebih efisien dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Tujuan dari olahraga yaitu melatih otot-otot jantung supaya menjadi lebih kuat. Saat jadi kuat jantung akan dapat memompa darah makin banyak tanpa memaksakan kapasitas otot jantung secara berlebihan. Efek positifnya adalah tekanan pada pembuluh darah Anda juga ikut turun.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika melakukan olahraga dengan rutin seperti: tubuh akan merangsang enzim yang bertugas menghalau kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati (liver) yang lalu diubah menjadi zat yang mensupport proses pencernaan serta dikeluarkan dari dalam tubuh.

The Department of Health and Human Serviss (HHS) menyarankan kita berolahraga intensif sebagai langkah menurunkan tekanan darah tinggi maupun kolesterol dan secara rutin melakukannya 150 menit per minggu. Jenis olahraga yang tergolong masuk kategori intensitas menengah adalah seperti berenang, aerobik, jogging, bersepeda, naik tangga, atau berjalan. Studi dari The College of Physicians of Canada memperlihatkan bahwa latihan aerobik dengan intensif sedang terbukti mampu mencegah ataupun mengelola hipertensi tingkat satu. Makin sering kita olahraga akan semakin banyak juga kolesterol jahat yang dapat dikeluarkan oleh tubuh kita.

Atur Pola Makan Sehat

Selalu makan makanan sehat berserat & bergizi sebagai langkah utama dalam menurunkan tekanan darah tinggi seperti buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, juga makanan rendah lemak

Hindari Asupan Pemicu Hipertensi & Kolesterol

Langkah mengontrol hipertensi dan kolesterol dapat dijalankan dengan menghindari dari beberapa makanan berikut:

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji (junk food) umumnya dimasak dengan menggunakan banyak garam dan minyak yang memiliki kandungan natrium (na) dan lemak yang cukup tinggi. Makan asupan seperti ini pasti bakal tingkatkan tekanan darah dan takaran kolesterol jahat (LDL) sekaligus. Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam badan Anda akan menjadi plak-plak yang pada kelanjutannya memblock pembuluh darah.

Daging Olahan

Daging olahan tentunya menggunakan garam bernatrium tinggi agar awet atau tidak mudah basi. Berdasarkan lembaga United States Department of Agriculture menyatakan bahwa sekedar dua irisan daging olahan saja ia sudah mengandung natrium kira-kira sebesar 567-910 mg. Daging olahan juga memiliki kandungan dengan takaran lemak jenuh yang bahkan juga jauh lebih tinggi dibanding daging merah yang fresh. Memakan daging olahan ada sangkut pautnya dengan dengan resiko meningkatnya kolesterol jahat.

Keju Olahan

Bila Anda pecinta keju olahan namun sebaliknya adalah pasien tekanan darah tinggi mulai saat ini untuk batasilah atau bahkantinggalkan saja makanan tersebut. Keju olahan ternyata memiliki kandungan natrium fosfat di mana di setiap 28 gr hidangannya juga telah memiliki kandungan sebesar 377 natrium!!

Bolu & Hidangan Pencuci Mulut

Lemak jenuh dengan gampang dapat Anda temukan dalam produk buatan susu. Produksi susu yang lain seperti es krim juga mengandung lemak yang bahkan lebih banyak ketimbang junk food hamburger. Bahkan kadar lemak jenuhnya bisa sampai 2x lebih banyak dibanding gula pada donat. Makanya kurang-kurangilah memakan cake, kue, kukis beserta makanan-makanan lain yang memiliki kandungan olahan susu, krim dan mentega terlalu berlebihan.

Kurangi Asupan Garam, Lemak Jenuh & Lemak

Membatasi mengonsumsi garam dapat meminimalkan risiko negatif hipertensi. WHO menyerukan bukan hanya untuk menjaga tekanan darah tinggi saja, dan juga untuk menjaga kadar kolesterol tubuh. Lembaga organisasi kesehatan dunia itu juga merekomendasikan paling tidak garam yang dikonsumsi tak lebih dari 5 gr atau satu sendok teh. Patut diingat bahwa jumlah itu mewakili semua makanan yang disantap dalam keseharian.

Lakukan Diet DASH

Diet DASH adalah salah satu trik untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol tubuh, plus kurangi konsumsi garam – lemak. Ketentuan diet sehari-harinya fokus pada pengurangan asupan garam, gula, lemak, buah-buahan, sayur-mayur hijau fresh, beserta gandum utuh. Program diet ini dihitung dengan menggunakan pemikiran 2000 kalori setiap harinya. Simak takaran santapan dari tiap makanan dalam diet DASH:

Biji-bijian (6-8 sajian)

Usahakanlah pilih dan makan yang utuh saja misal roti gandum, sereal gandum, pasta gandum yang utuh, beras coklat ataupun oatmeal. Dalam sekali hidangan disajikan hanya satu belah roti atau satu ons sereal kering di mana dalam per 1 jatahnya terdiri dari 170 gr. Satu porsi bijian seberat 170 gram , nasi yang diolah, oat atau juga pasta.

Sayuran (4-5 sajian)

Sayur memiliki kandungan kalori dan lemak rendah makanya sangat baik untuk mengawasi tekanan darah jadi lebih stabil. Dalam setiap hidangan Anda disarankan ada 170 gram sayur-mayur yang terbagi dalam sayuran mentah atau yang telah diolah diolah terlebih dahulu dan sayur yang dijus.

Buah (4-5 sajian)

Satu hidangan buah terdiri dari satu butir apel dan jeruk berukuran menengah atau 170 gr buah fresh plus satu 1/2 cangkir (150 gr) juice.

Yogurt Tanpa Lemak

Hidangkan hanya 1 cup yogurt non lemak setiap hari.

Kacang dan polong-polongan

Nikmatilah hanya 5 porsi makanan tersebut tiap minggunya di mana dalam sebuah hidangan mengandung 43 gram kacang dan 2 sendok makan biji-bijian atau 170 gram cangkir kacang polong yang sebelumnya sudah diolah.

Saat melakukan diet DASH takarlah apa yang Anda konsumsi Anda setiap hari:

Salt Disarankan konsumsi hanya 1.500 miligram saja per harinya atau seperempat sendok teh garam.

Lemak maupun minyak (dan yang tergolong mentega serta butter) 1 sendok makan /hari. Mayones maupun sauce salad hanya 2 sendok makan saja.

Sugar Asupan yang mengandung gula dibatasi hanya sekitar 1 sdm gula / selai saja.

Daging atau lemak Batasi mengonsumsi daging enam porsi saja per hari atau dianjurkan kurang dari itu dimana tiap porsinya seberat 6 ons.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok salah satunya langkah turunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang amat tepat. Rokok dipastikan sebagai faktor utama yang memicu penyakit tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Jika Anda menghisap rokok itu sama saja kandungan kolesterol baik yang ada dalam tubuh kita akan jadi menurun. Padahal kalau mau jujur kolesterol baik ternyata memiliki fungsi vital untuk menangani kolesterol jahat yang menggumpal yang menutup pembuluh darah kita. Belum lagi kandungan nikotinnya juga jadi biang kerok penyempitan pembuluh darah hingga membuat jantung jadi berdetak lebih cepat dimana ujung-ujungnya tekanan darah.

Tidak Minum Alkohol

Langkah efektif lainnya menekan tensi tinggi adalah secara total berhenti megonsumsi alkohol. Banyak kajian memperlihatkan kalau alkohol nyata-nyata dapat meningkatkan tekanan darah. Konsumsi alkohol berkelanjutan akan menambah akibat negatif hipertensi kritis.

Jaga Berat Badan Ideal Anda

Bila Anda mengalami berat badan (BB) dan memiliki hipertensi maka sekaranglah waktunya menurunkan bobot tubuh Anda. Harus disadari bahwa kegemukan akan mengakibatkan sindrom metabolik yang menambah akibat negatif diserang penyakit jantung, hipertensi, ataupun terserang stroke juga penyakit-penyakit dalam kaitannya dengan penyakit pembuluh darah lain. Bila Anda mampu menjalankan diet dan berolahraga secara rutin seperti yang telah diterangkan sebelumnya pastilah tubuh Anda akan mendapatkan bonus penurunan bobot tubuh yang diharapkan. Yuk berhitung berapakah semestinya bobot tubuh ideal Anda saat ini dengan mengklik gambar di bawah ini

Suplemen Hipertensi

Berikut merupakan beberapa kandungan suplemen herbal yang secara tradisional memiliki fungsi membantu menurunkan tensi darah juga mengendalikan kolesterol.

Asam Lemak Esensial, Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang teramat penting buat kesehatan jantung begitu juga dengan pembuluh darah kita. Suplemen ajaib omega-3 mampu membantu menurunkan hipertensi dan mengurangi peradangan pada badan kita. Sumber-sumber omega-3 yakni berasal dari jenis-jenis ikan dengan kandungan lemak alami yang tinggi misal salmon, ikan sarden serta ikan trout. Anda juga bisa mendapatkan kegunaan kandungan dari asam lemak essensial di dalam Nutrimax Omega Complex dengan mudah serta harga yang sangat terjangkau. Sebagai informasi tambahan, selain asam lemak esensial, suplemen ini punya kandungan Organic Flax Seed Oil, Alpha Linolenic Acid, Oleic Acid, Linoleic Acid, Borage Seed Oil, d-Alpha Tocopheryl Acetate (Vit E) Oil juga Gelatine (Bovine Bone).

Ultra Garlic

Ultra garlic (juga dalam bahasa awam dikenal sebagai Bawang putih) sudah dimanfaatkan dalam teknik penyebuhan tradisional dalam mengontrol tensi tinggi dan berbagai penyakit lainnya. Senyawa allicin yang terkandung di dalamnya dipercaya mempunyai dampak melonggarkan pembuluh darah serta menambah kelancaran peredaran darah. Bila Anda tertarik untuk menjalankan terapi tensi tinggi secara alami dengan memanfaatkannya silahkan konsumsi suplemen Nutrimax Ultra Garlic. Terapi ini bukanlah cara yang biasa, karena produk suplemen ini memakai Pure-Gar yakni merek garlic yang sudah diolah dengan tehnologi terkini dan sudah dipastikan terbukti mutunya: Mudah diserap tubuh serta tidak menimbulkan efek bau tidak sedap setelah mengkonsumsinya.

Hawaiian Noni

Hawaian Noni merupakan tumbuhan yang berasal Hawai dan telah digunakan masyarakat tradisional di sana dalam metode penyembuhan tradisional selama beratus-ratus tahun lamanya. Buah ini mempunyai kandungan yang bekerja dengan efektif & efisien menurunkan tensi tinggi Anda. Bila Anda pasien hipertensi dan mau mendapati faedah dari Hawaian Noni, Anda dapat beli Hawaian Noni Nutrimax di gerai kesehatan ataupun apotik yang terdekat dari kediaman Anda.

Fruitflow®II

Fruitflow®II memiliki arti suatu kandungan natural diekstrak dari tomat matang via proses enzimatik. Materi ini amat kaya peptida bioaktif yang sanggup menolong kesehatan jantung secara meminimalisir agregasi platelet. Secara umum kandungan Fruitflow®II dipercaya berguna untuk menghambat pembekuan, melindungi kelancaran saluran darah, untuk mengontrol tekanan darah dalam range yang sehat, memberikan dukungan manfaat normal jantung serta struktur peredaran darah serta lainnya. Ingin mendapat kegunaan Fruitflow®II – Selalu minum Circu Health Nutrimax

Catatan Untuk Jadi perhatian Sebelum mengkonsumsi suplemen untuk hipertensi sangat perlu untuk bertanya ke dokter atau ahli kesehatan lebih dulu. Mereka akan memberikan anjuran berdasar situasi kesehatan Anda dan memastikan tak ada interaksi yang tidak diingini terhadap obat lain yang sedang Anda konsumsi.

 

Penderita Hipertensi, Dampak Buruk Bila Tidak Segera Diatasi

Langkah menurunkan darah tinggi dan kolesterol yang tepat akan membuat tubuh kita terbebas dari penyakit terkait dengan masalah jantung dan pembuluh darah seperti:

Stroke

Tekanan darah yang menurun juga akan menurunkan efek negatif Anda terserang stroke. Sebaliknya jika tensi darah terlalu tinggi bakalan menjadikan pembuluh darah jadi tidak lentur dan mengalami penyempitan. Gumpalan darah yang terbentuk bergerak ke otak yang pada akhirnya persediaan oksigen jadi terganggu. Hal inilah yang kemudian membuat penyumbatan pembuluh darah bahkan lebih buruk lagi pecah.

Serangan Jantung

Turunkan tekanan darah serta kolesterol bakal membuat kita terhindar dari dampak negatif terserang heart attack (serangan jantung). Tekanan darah tak terkontrol atau terlalu tinggi berdampak pada pembuluh darah kaku juga menyempit. Di situlah sisa ruangan pembuluh darah menjadi kian berkurang serta mengeras. Hal demikian menyebabkan penggumpalan darah dan aliran oksigen di jantung menjadi terhenti. Keadaan ini lalu menjadikan otot jantung terganggu juga dada nyeri.

Penyakit Arteri Perifer

Pembuluh darah yang kaku atau rusak karena tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan plak-plak kolesterol yang menghambat aliran darah ke arah kaki dan tungkai sehingga timbullah rasa sakit atau kematian jaringan.

Kematian

Ini alasannya kenapa darah tinggi atau hipertensi disebut-sebut sebagai “silent killer” alias pembunuh diam-diam. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan beragam komplikasi penyakit yang mengancam nyawa para pasiennya. Tekanan darah yang tidak terkontrol ialah keadaan klinis yang diikuti dengan tekanan darah yang selalu tinggi di arteri. Tekanan darah yang meningkat secara kronis akan berdampak pada kerusakan pada organ-organ tubuh vital seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, juga otak. Penanganan yang tidak tepat dan prudent akan meningkatkan risiko penyakit serangan jantung, serangan penyakit stroke, kegagalan ginjal, maupun komplikasi serius lainnya hingga berujung pada kematian.

 

Kesimpulan Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

Untuk berhasil menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal memerlukan usaha yang kuat mengubah pola hidup yang sehat juga kedisiplinan yang tinggi. Jika berdisiplin tinggi menuruti beberapa metode yang telah ditulis sebelumnya, Anda mampu mengontrol tekanan darah yang tinggi dalam sekejap. Mari jaga selalu jantung yang sehat dan kuat dengan cara mengawasi tensi darah normal Anda.

 

Sumber:
Inilah Tips Menurunkan Hipertensi Dengan Cara Cepat dan Alami – halodoc.com
21 Asupan Penurun Tensi Tinggi Secara Alami yang Efektif – klikdokter.com
6 tips termudah untuk turunkan tekanan darah Anda – Kementerian Kesehatan
Darah Tinggi Merupakan Faktor Terutama Penyebab Terjadinya Stroke – Unila

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa