Perbedaan Pityriasis Alba dan Vitiligo dan 17 Cara Penanganannya

#PityriasisAlba #Vitiligo #PerbedaanKulit #Dermatologi #KesehatanKulit #PenyakitKulit #PigmentasiKulit #PerawatanKulit #InfoKesehatan

Vitiligo merupakan gangguan kulit yang kerap kali mengundang banyak pertanyaan masyarakat di seluruh dunia. Artikel ini mencoba mendalami informasi tentang kelainan kulit ini, termasuk di dalamnya pemicu, gejala, diagnosa, metode penyembuhannya, dan bagaimana mengelola keadaan ini. Informasi yang diberikan dalam bacaan ini diharapkan mampu memberikan Anda pengetahuan yang lebih baik berkaitan dengan Bagaimana Perbedaan Pityriasis Alba dan Vitiligo & bagaimana caranya melakukan penanganan yang tepat terhadap penyakit ini.

 

Perbedaan Pityriasis Alba dan Vitiligo

 

INI PERBEDAAN VITILIGO DAN PITYRIASIS ALBA

Pityriasis alba dan vitiligo adalah dua kondisi kulit yang seringkali membingungkan karena gejalanya serupa, namun memiliki perbedaan yang penting. Berikut adalah perbedaan antara pityriasis alba dan vitiligo:

Penyebab

Pityriasis Alba. Pityriasis alba biasanya disebabkan oleh kulit yang kering atau iritasi. Kondisi ini sering terkait dengan eksim atau dermatitis atopik.

Vitiligo. Vitiligo disebabkan oleh kehilangan pigmen melanin dalam sel-sel kulit. Ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak melanosit, sel yang bertanggung jawab untuk menghasilkan melanin.

Gejala

Pityriasis Alba. Lesi pityriasis alba biasanya berupa bercak putih atau pucat dengan batas yang tidak jelas. Kulit di sekitar bercak cenderung lebih kering dan bersisik.

Vitiligo. Vitiligo juga menunjukkan bercak putih, tetapi batasnya lebih tegas. Bercak vitiligo dapat berkembang dan menjadi lebih besar seiring waktu.

Distribusi Lesi

Pityriasis Alba. Pityriasis alba biasanya terjadi di wajah, terutama di pipi dan sekitar mata. Lesi juga dapat muncul di area tubuh lainnya, seperti lengan dan leher.

Vitiligo. Vitiligo dapat terjadi di mana saja pada tubuh, termasuk wajah, tangan, kaki, dan area tubuh lainnya. Lesi vitiligo seringkali simetris.

Perjalanan Penyakit

Pityriasis Alba. Pityriasis alba cenderung membaik secara alami seiring waktu, terutama dengan perawatan yang tepat dan menjaga kelembapan kulit.

Vitiligo. Vitiligo bersifat kronis dan dapat terus berkembang sepanjang hidup. Beberapa metode pengobatan dapat membantu mengurangi penyebaran dan meningkatkan penampilan kulit.

Diagnosa

Pityriasis Alba. Diagnosa pityriasis alba dapat ditegakkan berdasarkan pemeriksaan visual dan riwayat kesehatan pasien. Dokter mungkin melakukan tes kulit tambahan jika diperlukan.

Vitiligo. Vitiligo juga dapat didiagnosis melalui pemeriksaan visual oleh dokter kulit. Pada kasus yang lebih kompleks, dokter dapat melakukan tes laboratorium atau biopsi kulit.

Perawatan

Pityriasis Alba. Perawatan pityriasis alba melibatkan menjaga kelembapan kulit dengan pelembap dan mungkin penggunaan krim steroid topikal untuk mengurangi peradangan.

Vitiligo. Perawatan vitiligo melibatkan penggunaan krim steroid, terapi fototerapi, atau terapi PUVA. Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat oral atau tindakan lainnya sesuai kebutuhan.

 

PENYEBAB GANGGUAN VITILIGO PADA WAJAH

Yang menimbulkan vitiligo masih belum kita mengerti secara mendalam akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat sebagai pemicu paling potensial.

Faktor yang Berperan dalam Perkembangan Vitiligo

Beberapa faktor yang berperan dalam perkembangan vitiligo yaitu beberapa hal yang mempengaruhi timbulnya maupun perubahannya. Meskipun pemicu yang pasti terkait vitiligo belum betul-betul dipahami faktor-faktor yang sudah dideteksi sebagai berperanan dalam perkembangan vitiligo mencakup:

Faktor Genetik

Terdapat tanda-tanda kalau genetik memainkan peranan dalam problem kulit vitiligo. Maka bila seseorang memiliki histori keluarga pengidap Anda kemungkinan beresiko menderita gangguan penyakit kulit vitiligo. Beberapa gen tertentu dikaitkan dengan memiliki dampak negatif vitiligo.

Lingkungan

Aspek lingkungan juga dapat dianggap memiliki peranan dalam gangguan penyakit kulit vitiligo. Pancaran sinar matahari yang berlebih tiada perlindungan bisa menimbulkan sampai jadi memperburuk vitiligo.

Stres Fisik atau Emosional

Stress fisik/emosional yang signifikan juga bisa dikaitkan timbulnya ataupun perburukan tanda-tanda vitiligo pada sejumlah orang. Stress secara jelas dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh tubuh serta mampu merangsang reaksi autoimun.

Infeksi

Sejumlah studi memperlihatkan kerawanan infeksi khusus dengan akibat negatif makin tinggi terserang vitiligo. Infeksi seperti virus herpes simpleks bisa mempengaruhi mekanisme kekebalan badan ataupun punya andil kemunculan vitiligo.

Perubahan Hormonal

Perubahan hormon pada badan seperti yang terjadi selama waktu kehamilan bisa menimbulkan maupun menjadi memperburuk vitiligo pada beberapa orang. Perlu untuk diingat bahwa vitiligo adalah penyakit non menular yang artinya Anda tak akan menulari orang lain lewat kontak fisik maupun barang yang Anda pakai.

Stres

Sejumlah kasus gangguan vitiligo dihubungkan stres fisik maupun emosional yang signifikan.

Kerentanan Paparan Matahari

Paparan cahaya matahari bisa mengakibatkan ataupun menjadi memperburuk vitiligo di beberapa individu.

Hubungan dengan Gen

Pertalian vitiligo atau hal genetik sudah jadi fokus kajian. Terdapat bukti yang mendukung pertalian di antara histori keluarga juga dampak negatif terserang penyakit ini.

Riwayat Keluarga

Orang yang punya anggota keluarga penderita vitiligo rupanya mempunyai resiko yang semakin lebih tinggi terharap meningkatnya penyakit ini. Aspek genetik yang diwariskan dalam keluarga bisa meningkatkan kerawanan menderita gangguan penyakit kulit vitiligo.

Gen-Gen Kunci

Pengamatan genetik menganalisis sejumlah gen khusus yang terkait vitiligo. Gen yang kerap berkaitan dengan gangguan kulit vitiligo ialah gen yang bernama NLRP1. Perubahan genetik di NLRP1 dapat menaikkan resiko seseorang buat meningkatkan kemunculan penyakit ini.

Polimorfisme Genetik

Polimorfisme adalah jenis genetik di personal dalam populasi pengidap. Karena itu sejumlah polimorfisme genetik khusus udah ditautkan resiko vitiligo. Umpamanya polimorfisme di gen PTPN22 maupun CTLA4 udah berkaitan dengan vitiligo.

Risiko Keluarga

Resiko vitiligo individu dengan bagian keluarga yang penderita merupakan banyak variasi terkait di berapa dekat hubungan keluarga itu. Karena itu kian dekat pertalian bakal lebih tinggi efek negatifnya.

Interaksi Gen-Gen

Vitiligo kemungkinan libatkan hubungan yang kompleks antara beberapa gen yang memengaruhi sistem imunitas tubuh serta sel yang penghasil pigmen kulit. Hubungan ini bisa mempengaruhi perkembangan maupun progresivitas gangguan kulit vitiligo.

Walaupun andil genetik punyai keterlibatan dalam keriskanan kepada vitiligo, penting untuk ditulis kalau tidak seluruh orang beriwayat keluarga vitiligo bakal perkembangan masalah vitiligo. Aspek lingkungan serta autoimun memanglah berperan buat kemajuan vitiligo. Pengetahuan yang bagus berkenaan tentang beberapa faktor genetik dalam vitiligo bakal bisa menolong dalam peningkatan perawatan & terapi yang semakin lebih efisien buat penyakit ini.

Peran Sistem Imun Tubuh dalam Vitiligo

Andil ketahanan tubuh dalam vitiligo penting, maupun penyakit ini sering dihubungkan dengan problem mekanisme kekebalan tubuh. Dalam vitiligo sistem imunitas tubuh manusia satu orang menyerang melanosit atau sel yang bertanggungjawab membentuk pigmen kulit (melanin). Berikut merupakan keterangan dalam mengenai peranan prosedur kekebalan badan dalam vitiligo:

Respon Autoimun

Gangguan penyakit kulit Vitiligo kerap diklasifikasi menjadi penyakit autoimun, di mana sistem imun mulai menggempur sel di dalam tubuhnya sendiri. Di dalam masalah ini melanosit jadi obyek pokok sistem imunnya. Respons autoimun ini akan mengakibatkan melanosit mengalami kerusakan maupun hancur.

Inflamasi

Proses peradangan ini akan berlangsung di tempat kulit yang terserang masalah kulit vitiligo. Sel-sel kekebalan tubuh manusia seperti limfosit ataupun makrofag bisa menginfiltrasi kulit pasien. Inflamasi akan mengakibatkan infeksi juga kerusakan pada melanosit tersebut.

Peran Sel T Limfosit

Sel-sel T limfosit merupakan sisi penting dari sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam penyakit kulit vitiligo sel T limfosit teraktivasi & menyerang melanosit. Mereka akan membebaskan sitokin ataupun protein yang dipakai buat berkomunikasi seperti interferon-gamma yang bisa menghancurkan melanosit maupun mengusik produksi melanin.

Peran Sel B

Proses peradangan ini terjadi di tempat kulit yang terserang gangguan vitiligo. Sel-sel imun seperti limfosit maupun makrofag bisa menginfiltrasi kulit pasien. Inflamasi akan mengakibatkan pembengkakan ataupun kerusakan di melanosit tersebut.

Sel-sel T limfosit merupakan sisi penting dari struktur kekebalan tubuh seseorang. Dalam gangguan vitiligo sel T limfosit teraktivasi atau menyerang melanosit. Mereka akan membebaskan sitokin ataupun protein yang dipakai untuk komunikasi seperti interferon-gamma yang bisa menghancurkan melanosit maupun mengacau produksi melanin.

 

METODE TERAPI PROBLEM KULIT VITILIGO

Pengobatan vitiligo memiliki tujuan untuk menghentikan perkembangan penyakit ataupun mengembalikan warna kulit yang lenyap dan menambah mutu hidup individu yang terserang penyakit ini. Berikut adalah sejumlah sistem penyembuhan buat problem kulit vitiligo:

Terapi Topikal

Terapi tropis merupakan salah satu bentuk perawatan yang dipakai dalam bermacam gangguan kulit. Terapi tropik menggunakan pemanfaatan produk yang dibalurkan langsung ke kulit, wujud perawatan yang non-invasif ataupun sering jadi alternatif pertama-tama dalam management situasi kulit. Berikut di bawah ini akan diterangkan lebih detil berkenaan terapi tropis maupun bagaimana terapi tersebut bisa membantu dalam pelbagai kondisi.

Kortikosteroid Topikal

Kortikosteroid merupakan obat antiinflamasi yang dapat kurangi pembengkakan pada kulit ataupun perlambat lenyapnya pigmen. Mereka ada berbentuk cream maupun salep.

Kalsineurin Inhibitor

Beberapa obat Kalsineurin inhibitor bisa kurangi pembengkakan ataupun bisa dipakai di ruang yang sensitif seperti muka juga leher.

Terapi PUVA

Terapi PUVA menyertakan paduan pemakaian psoralen atau senyawa yang peka pada sinar ataupun pancaran cahaya ultraviolet A (UVA).

Terapi Fototerapi

Fototerapi melibatkan paparan kulit pada cahaya UVB maupun UVA dengan pemulihan klinis yang bisa menolong rekondisi pigmen di dalam kulit.

Terapi Kombinasi

Gabungan beragam teknik terapi contoh terapi tropis atau fototerapi kerap kali lebih efisien ketika menangani vitiligo.

Terapi Mikropigmentasi

Dalam Terapi Mikropigmentasi tinta spesial disuntikkan ke bintik warna putih dalam kulit buat membuat penampilan kulit yang tambah lebih rata.

Terapi Bedah

Bedah transplantasi melanosit merupakan mekanisme menyertakan mengambil melanosit dari ruangan yang bukan terserang vitiligo atau penanamannya di ruangan yang terserang. Akan tetapi sistem ini jarang dipakai sebab komplikasi serta resiko.

Terapi Imunomodulator

Terapi Imunomodulator menyertakan pemakaian obat untuk mengendalikan mekanisme imunitas tubuh untuk menghentikan gempuran pada melanosit.

 

 

Peran Dukungan Psikologis dalam Manajemen Vitiligo

Peranan bantuan mental dalam management vitiligo penting lantaran penyakit ini tidak cuma mempengaruhi kulit fisik, namun resiko emosional maupun mental pribadi yang terserang. Bantuan mental bisa membantu individu menangani depresi maupun menaikkan rasa optimis juga mengatur resiko sosial vitiligo. Berikut merupakan peranan penting support kejiwaan dalam pengobatan masalah kulit vitiligo:

Mengatasi Stres dan Kecemasan

Vitiligo bisa menjadi sumber stress ataupun kegelisahan dengan penting. Bantuan mental menolong individu saat mengenali maupun mengatur stress atau kekuatiran berkaitan tampilan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Perombakan tampilan yang dikarenakan oleh masalah kulit vitiligo bisa turunkan rasa yakin diri. Konseling psikis bisa menolong individu untuk lebih bagus berkenaan diri sendiri ataupun meningkatkan rasa yakin diri yang tambah lebih positif.

Koping dengan Reaksi Sosial

Individu dengan masalah vitiligo dapat menghadapi respon sosial yang bermacam-macam. Bantuan mental akan menolong individu saat meningkatkan trik buat menghadapi reaksi negatif maupun menanggapi dengan bijaksana.

Tingkatkan Pengetahuan

Konseling kejiwaan serta berikan informasi penting berkenaan vitiligo, Masalah ini bakal menolong individu merasa lebih mempunyai daya serta terinformasi.

Mendukung Perubahan Gaya Hidup

Konsultan bisa membantu individu saat menyelesaikan peralihan pola hidup yang kemungkinan dibutuhkan jadi sisi dari management vitiligo seperti perawatan tropis ataupun fototerapi.

Mengelola Dampak Psikologis pada Kualitas Hidup

Gangguan penyakit kulit bisa pengaruhi kwalitas hidup secara krusial. Bantuan mental membantu individu di dalam menanggulangi stres maupun isolasi sosial.

Menghadapi Stigma

Bantuan psikis menolong individu di dalam hadapi stigma serta terasa semakin kuat di dalam menjalankan hidup mereka dengan rasa optimis.

Dukungan Keluarga

Penasihat serta bisa memberinya support untuk bagian keluarga individu pasien. Masalah ini penting untuk menolong keluarga saat mengerti maupun memberi dukungan individu yang terserang penyakit ini.

 

FUNGSI VITAMIN D3 UNTUK PENDERITA VITILIGO

Vitamin D3 yang juga dikenal sebagai kalsiferol merupakan gizi penting yang baik buat menolong menjaga kesehatan tulang maupun imunitas tubuh. Studi membuktikan jika vitamin D3 juga bertindak untuk membantu mengatasi penyakit kulit vitiligo.

Bagaimana Vitamin D3 Memengaruhi Vitiligo?

Vitamin D3 adalah nutrisi penting yang memainkan andil penting dalam imunitas tubuh termasuk kesehatan kulitnya. Tapi hubungan antara vitamin ini dengan vitiligo jadi dalam kajian yang berkembang. Berikut merupakan informasi berkenaan tentang bagaimana vitamin D3 mengubah vitiligo:

Regulasi Sel Pigmen

Vitamin D3 terbukti bisa membantu mengatur produksi melanin maupun pigmen tubuh yang bertanggung jawab atas warna kulit kita. Ia juga menolong memperlambat penyebaran gangguan penyakit kulit vitiligo serta besar kemungkinannya mampu mengembalikan warna kulit ke area yang terdampak.

Pengaruh pada Sistem Kekebalan

Dia bisa menolong menghalang rusaknya sel melanosit ataupun sel yang hasilkan melanin. Dengan mengontrol mekanisme imun tubuh yang kuat, vitamin D3 bisa menolong kurangi kerusakan yang berasal dari sistem kekebalan tubuh yang terlampau aktif pada pengidap vitiligo.

Antiinflamasi

Vitamin D3 punya karakter antiinflamasi yang akan menolong dalam meminimalisir inflamasi maupun pembengkakan di kulit yang kerap berkaitan dengan problem vitiligo.

Bagaimana Mendapatkan Vitamin D3?

Anda bisa mendapatkan vitamin D3 lewat paparan cahaya matahari ataupun makanan juga suplemen. Berikut merupakan penjelasan lengkap untuk mendapat vitamin ini:

Paparan Matahari

Teknik alami dalam rangka memperoleh vitamin D3 adalah lewat berjemur di bawah sinar matahari. Kulit kita bisa menghasilkan vit. D3 ketika mendapat cahaya matahari utamanya sinar UVB. Oleh sebab itu tidak boleh ragu-ragu untuk berjemur sesaat di bawah matahari setiap hari.

Makanan Kaya Vitamin D3

Sejumlah makanan mengandung vitamin D3, seperti kuning telur, ikan salmon juga ikan tuna. Menambah makanan ini ke dalam diet Anda bisa membantu pastikan level yang cukup.

Suplemen

Pelengkap vitamin D3 merupakan opsi untuk beberapa orang bila terlebih mereka miliki defisiensi vitamin D. Tapi sangat disarankan komunikasikan terlebih dulu dengan dokter sebelumnya mulai minum suplemen apapun. Untuk memperoleh kegunaan vitamin ini silakan mengkonsumsi secara teratur.

Baca selengkapnya mengenai 10 kegunaan vitamin D.

Peringatan & Pertimbangan

Saat sebelum Anda hendak mendapatkan manfaat tambahan suplemen vitamin D3, disarankan agar melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu. Mereka dapat membantu Anda untuk menentukan dosis yang cocok juga mengecek apakah suplemen tersebut sudah pas buat Anda. Vitamin ini barangkali adalah suplemen yang bermanfaat, tapi bukan penyembuhan khusus untuk gangguan penyakit kulit vitiligo. Selalu ikuti saran dokter terkait pengobatan juga perawatan yang paling pas untuk Anda.

 

Sumber:

Mini Punch Grafting Vitiligo – kemkes.go.id
Disturbances of pigmentation – Google Books
Modern vitiligo genetics sheds new light on an ancient disease – NCBI

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa