Pertanyaan Tentang Imunitas – 15 Poin yang Sering Diajukan

#imunitas #kesehatan #kekebalantubuh #vitamin #minyakzaitun #kesehatanmental #dietsehat #olahraga #hidupsehat #nutrisi #suplemen #sistemimun #imunologi #antibodi #immunisasi #pencegahan #penyembuhan #obatherbal #herbal #kecantikan #sayuransayuran #buahbuah #makanansehat #polahidupsehat #gayasehat #perawatandiri #stres #terapialternatif #pengobatan

Agar mudah memahami imunitas, bayangkan negara kita yang memiliki puluhan ribu tentara yang bernama TNI, lengkap dengan sistem pertahanan laut, udara dan darat untuk menangani serangan dari luar. Itulah analogi simpel dari imun tubuh. Sedangan para anggota Tentara Nasional Indonesia merupakan bagian dari sistem imun itu sendiri, sebagai operator lapangan. Mudahnya seperti itu, agar semakin paham, silahkan baca hingga selesai artikel ini: Pertanyaan Tentang Imunitas – 15 Hal yang paling sering ditanyakan

 

Pertanyaan Tentang Imunitas

 

Pertanyaan Imunitas

Kekebalan atau juga dikenal dengan sebutan Imune System adalah kemampuan tubuh untuk bertahan atas serangan benda-benda asing (antigen) yang masuk ke tubuh. Apakah benda-benda asing yang dimaksud ? Jamur, bakteri, virus, parasit dan sebagainya.

Tanpa kehadiran sistem imun yang optimal dan bekerja secara efektif-efisien, tubuh lebih mudah terkena serangan-serangan itu. Walhasil dengan mudah muncullah infeksi. Berbicara mekanisme imun berarti berbicara juga tentang sel-sel dan banyak struktur biologis yang bertanggung jawab atas daya tahan. Sel-sel juga sistem imun akan melakukan pengidentifikasian bermacam-macam efek biologis dari benda-benda asing, serta menghancurkannya dari sel dan jaringan organisme yang masih sehat agar bisa tetap berfungsi secara maksimal. Jika sistem bekerja sedemikian, itu artinya respons imunitas kita dapat dikatakan berfungsi secara normal.

 

Pertanyaan Sering Diajukan Terkait Imunitas Tubuh

Selama 3 tahun masa Covid-19, masyarakat jadi lebih aware dengan imun. Muncul banyak pertanyaan mengenai hal tersebut, beberapa diantaranya:

 

Antibodi Imun Apa Perbedaannya ?

Antibodi adalah zat dari imun yang terdapat di dalam aliran darah yang fungsinya adalah sebagai tembok pertahanan terhadap antigen yang menyebabkan penyakit.

Fungsi Imunitas ?

Dikutip dari official website  National Library of Medicine, mekanisme imun setidaknya memiliki 3 tugas utama:

1. Mendeteksi dan menetralkan dampak bakteri, parasit, virus, jamur dsb
2. Melawan-menghancurkan serta mengeluarkan jamur, bakteri, virus, maupun parasit dll dari dalam tubuh.
3. Memerangi sel-sel kanker

Berapa Satuan Imun ?

Syarat imun tubuh yang ideal memiliki jumlah limfosit yang normal. Hal ini sangat tergantung pada usia, jenis kelamin, keturunan, serta gaya hidup. Orang dewasa normal mempunyai 1.000 – 4.800 limfosit dalam 1 mikroliter darah. Sedangkan pada anak normal berusia antara 3.000 – 9.500 limfosit/ mikroliter darah.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Mengenal Ragam Jenis Sistem Imun Manusia

Apa yang Dimaksud Imun Therapy ?

Imun terapi mungkin bermaksud mengacu kepada Imunoterapi. Konsep terapi ini adalah dengan memanfaatkan sistem imun si penderita untuk melawan kanker. Imunoterapi sendiri cara, yaitu: Merangsang sistem kekebalan si penderita agar sistem kekebalannya bekerja efektif mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Cara selanjutnya, dengan memberikan zat-zat khusus (buatan) yang berfungsi seperti imun (Contoh protein imun). Tujuan akhirnya sama dengan metode pertama tadi.

Bagaimana Pembentukan Imun Manusia ?

Terdapat 2 metode, yakni alamiah & imunisasi. Metode alamiah artinya sistem imun itu sendirilah yang melawan benda-benda asing berbahaya yang menyusup ke tubuh kita.

Imunisasi adalah metode meningkatkan sistem imun dengan memasukkan vaksin ke tubuh seseorang, Vaksin itu sendiri berisi virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau ada bagian-bagiannya yang telah dimodifikasi.

Bagaimana Proses Imun Itu ?

Sistem kekebalan terdiri dari sistem yang begitu rumit. Dari sistem yang sangat rumit itu, penjelasan sederhananya adalah, bagaimana sistem ini mengenali musuh lalu mengumpulkan kekuatan dan menyerang musuh tersebut

Kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, kelenjar timus dll masuk dalam bagian sistem imun.

Kelenjar Getah Bening. Jika infeksi, kelenjar ini akan bengkak. Setelah infeksi sembuh, kelenjar mengempis lalu kembali ke semula. Pembuluh getah bening sendiri mengandung cairan getah bening, di mana di dalamnya ada lemak serta leukosit.

Merupakan bagian dari dari sistem getah bening yang berfungsi menyaring eritrosit yang rusak. Setelah infeksi membaik, kelenjar akan mengempis bentuknya kembali normal. Di dalamnya ada makrofag & limfosit, dan sel pembentuk antibodi.

Sumsum Tulang. Adalah wadah penghasil sel-sel limfosit lalu untuk kemudian dimatangkan.

Sel Darah Putih. Atau disebut juga sebagai Leukosit, yakni salah satu unit dari pertahanan tubuh yang bergerak secara aktif. Jika ia mendeteksi benda asing di tubuh, secara otomatis leukosit akan langsung bekerja. Sel ini menghasilkan protein khusus, bernama antibodi, yang tugasnya melakukan pengidentifikasian serta melawan zat asing yang hendak menyerang tubuh.

Timus. Kelenjar timus juga bertugas menghasilkan jenis leukosit, yaitu sel T atau limfosit-T.

Bagaimana Imunitas Bekerja ?

Benda-benda asing masuk ke badan kita, lalu menyerang. Muncullah serangkaian respon kekebalan, dimana beberapa macam sel berkoordinasi bersama-sama untuk mengidentifikasi kehadiran mereka. Sel-sel tadi lalu menstimulasi limfosit B untuk menghasilkan antibodi.

Sel T atau sel limfosit memiliki tugas penting untuk menghancurkan para “penumpang gelap”. Sel T juga memberi signal untuk sel-sel lainnya agar segera bertindak.

Setelah antibodi diproduksi, ia akan bertahan beberapa waktu. Jika benda-benda asing kembali datang, antibodi siap melakukan tugasnya.

Sistem Imun Pada Lansia ?

Serupa dengan penjelasan sebelumnya. Hanya saja karena umur bertambah tua, fungsi tubuh juga mengalami penurunan. Itulah alasannya para manusia lanjut usia lebih beresiko terserang penyakit.

Baca: Asupan Makanan yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun

Immunologi Itu Apa ?

Salah satu bagian ilmu kedokteran dan biologi yang khusus mempelajari sistem imun disebut juga dengan Imunologi.

Apa Imun Berlebih Itu ?

Mungkin yang dimaksud adalah Autoimun. Autoimun, suatu kondisi di mana sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh kita. Terdapat 80 penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit ini. Beberapa diantara penyakit tersebut sulit dikenali mengingat memiliki gejala-gejala yang mirip, contohnya lelah, nyeri otot, dan demam.

Baca Tulisan Berikut Ini: Empat Jenis Gangguan pada Sistem Imun

Apakah Gula Menurunkan Imun

Dehidrasi, sering stres, kebiasaan merokok, kebiasaan minum alcohol, mengonsumsi antibiotik tanpa resep dokter, kurang asupan makanan bergizi, dalam kondisi kesehatan medis tertentu, jarang berolahraga, serta tidak istirahat dengan cukup. Baca juga hal-hal lainnya yang menjadi penyebab turunnya imun

Imunitas Golongan Darah

Ternyata berdasarkan golongan darah, orang bisa diramalkan kondisi kesehatannya. Seperti diberitakan oleh merdeka.com, golongan darah A cenderung memiliki imun yang lemah. Sedangkan gol. darah B & AB nampaknya lebih baik imun tubuhnya daripada yang A.. Nah yang paling kuat imun tubuhnya adalah gol. darah O.

Kebahagiaan Meningkatkan Imun, Mungkinkah ?

Jawabannya adalah sangat mungkin. Seperti ditulis Psychology Today dalam kompas.com, orang yang tidak punya rasa bahagia lebih beresiko 3x lipat terserang flu daripada mereka yang berbahagia.

Apa Tanda2 Imun Lemah ?

Tanda-tanda kekebalan yang lemah adalah kelelahan terus-menerus, pilek yang membuat Anda mudah batuk, sering sakit perut dan diare, penyembuhan luka lambat, sering infeksi, nyeri sendi dan otot, serta masalah kulit.

 

 

Imun Menurun Saat Haid, Benarkah ?

Para peneliti masih menyelidiki masalah ini. Wanita diduga lebih rentan terhadap penyakit saat menstruasi. Dipercayai bahwa kadar hormon estrogen yang tinggi menurunkan aktivitas molekul yang berperan penting dalam kekebalan. Namun dugaan ini perlu diteliti lebih lanjut.

 

Kesimpulan

Imunitas tubuh yang sehat berarti mampu bekerja dengan efektif. Jika tidak bagus akan berdampak pada tubuh yang rentan dari serangan luar.

Jika sehat – efektif, sistem imun tubuh akan bekerja mendeteksi dan menetralisir virus, bakteri, parasit atau jamur dsb, melawan dan menghancurkannya, juga mengeluarkan benda-benda asing dari tubuh kita. Tidak hanya itu, sistem kekebalan yang kuat dan mampu bekerja efektif bahkan bisa melawan sel patogen seperti kanker. Tidak heran kalau teknologi kedokteran lalu memanfaatkan ini sebagai teknik terapi kanker.

Suplemen Nutrimax Bagus Untuk Imunitas Tubuh: Bee Healthy Nutrimax (Mengandung Bee Propolis & Bee Pollen), C+Plus Nutrimax Plus Calcium Ascorbate 500Mg (Vitamin C Bebas Asam & Aman Bagi Lambung), C Max 1000 Nutrimax Vitamin C Aman Bagi Lambung, C+Phytogreen Nutrimax Vitamin C Tablet Kunyah (Juga Aman Bagi Lambung), Complete Multivitamins & Minerals Nutrimax Vitamin C Tablet Kunyah (Aman Bagi Lambung), IM Shield Nutrimax Untuk Merawat Imunitas Tubuh, serta Royal Jelly Nutrimax Mengandung Royal Jelly Powder Extract Dengan Kualitas Terbaik.

Baca Juga Tulisan Berikut: Berjemur Menambah Imun ?

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa