Rokok Elektrik: Ini 7 Langkah Ampuh Stop Kecanduan Vape

#RokokElektrik #Vaping #AlternatifMerokok #HentikanMerokok #VapeIndonesia #RokokElektrikTerbaru #PilihanSehat #VapeLife #QuitSmoking #RokokElektrikTrend

 

Banyak yang tidak paham, dikiranya vaping tidak seberbahaya rokok konvensional. Alhasil, banyak perokok tembakau memilih beralih ke vape. Padahal rokok gaya baru ini juga mengandung nikotin, sehingga sama saja beresiko memunculkan berbagai masalah kesehatan yang mengancam jiwa.

Seperti juga rokok konvensional, vape maupun rokok elektrik juga menyebabkan kecanduan. Nah, dalam kesempatan ini kami menuliskan 7 langkah ampuh berhenti vaping dan rokok. Sudah terbukti, ikuti hingga habis dan segera terapkan.

 

RI Juara Dalam Vaping

Wow, negara kita ternyata teratas pengguna vape loh. Seperti dilaporkan Statista Consumer Insights (perusahaan data pasar dan konsumen), kita adalah negara pengguna rokok elektrik terbanyak di dunia.

 

rokok elektrik terbanyak pecandunya orang indonesia

 

Sebanyak 25% responden dari negara kita mengatakan menggunakan rokok elektrik setidaknya lebih dari sekali. Bahkan boleh dibilang pengguna vape di Amerika Serikat dan Kanada kalah banyak dengan orang Indonesia.

Survei dilakukan secara online periode Januari-Maret 2023 terhadap sekitar 1.000-9.500 responden berusia 18-64 tahun dari beberapa negara termasuk kita. Mereka umumnya menganggap bahwa vaping tidak seberbahaya rokok konvensional. Bahkan, menurut laporan tersebut, ngevape justru media untuk membantu berhenti merokok. Anggapan demikian, mitos atau fakta ? Simak artikel ini sampai habis.

 

Bahaya Vape

Sebagai pengingat, rokok sama berbahayanya dengan vape. Berikut beberapa bahaya vape yang perlu diadari masyarakat, sehingga keputusan menstop kecanduan vape dan rokok konvensional merupakan langkah sangat tepat:

  1. Sama-sama mengandung nikotin yang menimbulkan efek candu, napas pendek, kanker paru, hipertensi hingga kematian.
  2. Kandungan Glikol pada vape sangat jelek imbasnya buat paru-paru dan mata. Tidak itu saja sangat mungkin akan mengalami asma, sesak nafas, serta gangguan jalan napas.
  3. Diasetil atau penambah rasa pada vape (anggur, kopi atau apalah) akan menimbulkan penyakit paru kronis
  4. Tidak hanyak rokok, vape juga meningkatkan resiko terkena kanker.

So, mau lanjut apa berhenti ??

 

rokok elektrik

 

Langkah Berhenti Kecanduan Vape

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk hentikan kecanduan vape. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

Cari Alasan Kuat Berhenti

Langkah pertama sebagai pondasi awal berhenti kecanduan vape adalah menemukan alasan yang tepat. Terserah Anda, entah itu karena kesehatan, menghemat uang, alasan kesehatan anak-istri dan masih banyak lagi. Tanpa alasan yang kuat mustahil bisa ke level selanjutnya. Oh ya, kalau bisa coba ingat-ingat kembali apa alasan menjadi penikmat vape ketika pertama kali menggunakannya. Bandingkan dengan alasan kuat berhenti. Usahakan saat melakukan perenungan ini jangan sambil ngevape ya hehehe.

Identifikasi Pemicunya

Sebelum melakukan proses berhenti, coba identifikasi apa saja pemicu utama keinginan vaping atau merokok. Secara umum pemicunya adalah: setelah makan, saat bekerja, saat buang air besar, nongkrong, menunggu, stres, bosan, karena pergaulan, gelisah dan jengkel.

Catat semua pemicunya untuk nantinya diambil tindakan ketika memutuskan berhenti nanti. Misal karena pergaulan. Tidak ada salahnya hindari terlebih dahulu tongkrongan yang dapat memicu Anda melakukan vaping/ngerokok.

Tentukan Waktu yang Tepat

Setelah punya alasan sangat kuat, langkah berikutnya adalah menentukan tanggal mulai berhenti kebiasaan menghisap vape. Cari tanggal yang dapat membuat motivasi Anda meningkat, misal, di hari ulang tahun Anda atau pasangan. Seandainya sedang menunggu kelahiran anak, ini merupakan tanggal yang baik untuk berhenti ngevape maupun menghisap rokok. Ingat, menunggu tanggal yang tepat tidak berlaku jika Anda dalam kondisi sakit, misal alami serangan jantung dan lain-lain.

Buat Perencanaan yang Efektif

Setelah menentukan tanggal baik, susunlah perencanaan yang efektif. Usahakan ada jeda beberapa hari persiapan sebelum tanggal berhenti demi membuat rencana yang terstruktur. Planning yang kami maksud adalah:

  1. Kabari orang-orang terdekat tanggal mulai berhenti. Ini penting agar Anda mendapat dukungan dan sebagai pengingat.
  2. Mulai singkirkan produk vaping atau rokok (misal: asbak).
  3. Beli perlengkapan atau hal-hal yang bisa mengalihkan keingingan ngevape atau merokok. Misal, permen karet, permen nikotin, stiker larangan merokok, tusuk gigi, dan hal-hal lain yang dapat mencegah keinginan kebiasaan buruk tersebut kembali.
  4. Tidak apa gagal, Berlatih berhenti dengan melakukan “uji coba” satu atau dua hari sekaligus.

Susun Strategi Mengatasi Keinginan Kembali

Ingat, bulan-bulan pertama tantangan Anda sungguh berat. Biasanya setelah bulan ketiga Anda sudah mulai kehilangan kecanduan nikotin. Bulan keenam dan seterusnya Anda sudah tidak menginginkannya, bahkan sekedar mencium asapnya saja sudah akan membuat Anda batuk-batuk. Ini berarti Anda sudah terbebas dari kebiasaan buruk tersebut.

Kembali ke bulan-bulan pertama. Dibulan-bulan ini umumnya tantangannya adalah:

  1. Perubahan suasana hati: mudah marah, frustasi, cemas atau depresi.
  2. Kelelahan.
  3. Insomnia.
  4. Migrain.
  5. Sulit konsentrasi.

Disaat seperti ini Anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Melakukan pernapasan mendalam.
  • Berjalan-jalan demi mendapatkan suasana baru.
  • Nonton film atau mendengarkan musik kesukaan Anda.
  • Makan asupan yang seimbang
  • perbanyak minum air putih.

Minta Dukungan

Bicarakanlah tentang masalah ini ke keluarga dan teman dekat. Mereka adalah orang-orang yang paling tahu dan dapat memberikan semangat. Dukungan akan membantu Anda agar tidak kambuh.

Cari Dukungan Orang Terlatih

Dukungan juga bisa Anda dapat dari dokter, psikolog/psikiater atau konselor dalam mengelola gejala penarikan. Biasanya seorang terapis/konselor akan membantu dalam:

  1. Identifikasi apa alasan potensial berhenti.
  2. Mengajarkan keterampilan menghadapi mengelola keinginan mengidam.
  3. Mendukung munculnya kebiasaan dan perilaku baru.
  4. Belajar mengelola emosi.

 

bahaya vape dan rokok elektrik

 

 

Zat Sisa Kebiasaan Vape & Rokok Dalam Tubuh

Setelah Anda berhasil berhenti menghisap rokok juga vape, kini waktunya membersihkan sisa-sisa zat yang ada dalam tubuh Anda karena kebiasaan buruk tersebut. Langkah pembersihan bisa juga diterapkan diawal sambil berjalan hentikan kebiasaan ngerokok dan vaping. Berikut adalah delapan tips untuk membersihkan nikotin dari tubuh Anda secara alami.

Banyak-banyak Minum Air Putih

Air putih adalah dasar dari kesehatan. Termasuk vape & merokok, keadaan cukup air akan sangat membantu efektivitas kinerja organ-organ penting tubuh membuang racun tubuh termasuk zat nikotin.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Rajinlah makan sayur-sayuran hijau seperti misalnya mentimun, terong dan seledri. Sayuran hijau membantu meningkatkan pembersihan zat-zat berbahaya di dalam tubuh.

Konsumsi Kiwi

Kiwi kaya akan kombinasi Vitamin A, C dan vitamin E. Kesemuanya itu sangat cocok buat Anda yang dahulu memiliki kebiasaan buruk rokok dan vape.

Perbanyak Makan Bayam

Sayur ini kaya akan asam folat dan sangat bagus untuk tubuh Anda. Kandungannya juga sangat membantu membersihkan zat-zat tembakau yang menempel dalam tubuh Anda (detoksifikasi tubuh).

Brokoli Juga Bagus

Brokoli sangat kaya akan Vitamin B5 dan C. Kedua vitamin ini sangat bagus untuk membantu perbaikan fungsi dan efektifitas dari paru-paru Anda.

Rutin Makan Jeruk

Jeruk sangat gampang diperoleh, maka kami menyarankan memakan buah ini tiap hari. Tentu kita tahu jeruk tinggi Vitamin C yang sangat penting untuk detoksifikasi racun dalam tubuh.

Sering-sering Minum Jus Wortel

Nikotin telah merusak kulit Anda. Perbanyaklah mengkonsumsi wortel karena sangat kaya akan Vitamin A, B, C, dan K.

Meminum Suplemen

Selain cara-cara di atas kami menyarankan rajin meminum Suplemen IM Shield Nutrimax untuk membantu menambah imunitas tubuh Anda. Untuk diketahui kebiasaan buruk Anda sebenarnya telah menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Suplemen ini membantu hal tersebut.

 

Sumber

Sedot Rokok Elektronik Picu Kematian – kompas.com
Cedera paru terkait rokok elektronik – Wikipedia
Di Balik Kenikmatan Rokok dan Vape : Bahaya untuk Kesehatan Rongga Mulut – Universitas Gajah Mada
Sebabkan Masalah Kesehatan Sangat Serius, Wamenkes: Rokok Elektrik Sama Berbahayanya Dengan yang  Konvensional – Kementerian Kesehatan RI
Indonesia Jadi Negara Pengguna Vape Terbanyak di Dunia, Kalahkan Negara-Negara Eropa hingga Amerika Serikat – databoks

 

# cairan alat remaja biasa muda terbaru cairan alat baterai oleh perokok rasa hanya elektrik uap elektrik menjadi lebih berbahaya lebih baik tentang kami bagi daftar oleh copyright berita rumah hanya hasil melalui dampak lainnya jadi aman tak uap penggunaan kandungan bagi daftar copyright risiko lainnya #

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa