Salah Satu Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Adalah? 22 Tips

Di kehidupan keseharian kerap kita mendengar kata-kata hipertensi ataupun tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah fenomena kesehatan yang berimbas pada seseorang terkena penyakit jantung serta stroke. Namun begitu jangan terlalu meresponnya secara berlebihan. Masih ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dengan cepat. Mari ikuti tulisan tentang Salah Satu Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Adalah, 22 Tips Penanganannya ini hingga habis.

 

 Salah Satu Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Adalah

 

Apa Arti Tensi Tinggi ?

Tensi tinggi atau hipertensi muncul saat tekanan darah di arteri Anda menjadi meningkat. Hipertensi mayoritas tanpa memperlihatkan tanda-tanda yang jelas, tapi bisa berefek pada kerusakan organ-organ tubuh dalam waktu yang panjang apabila tak ditangani dengan langkah yang optimal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beserta Kementerian Kesehatan RI sama-sama mendeskripsikan hipertensi sebagai tensi seseorang dimana sistoliknya mencapai 140 mmHg ataupun lebih juga diastolik 90 mmHg atau bisa lebih dan berlangsung dalam waktu yang lama.

 

Data Sangat Tingginya Distribusi Hipertensi di Indonesia

statistik hipertensi di indonesia

Statistik hipertensi di Indonesia tahun 2018

 

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa tingkat kasus penyakit hipertensi Nasional lumayan tinggi. Data memperlihatkan kalau satu dari tiga penduduk Indonesia rupa-rupanya menderita tekanan darah tinggi dan ini mengalami tren kenaikan tiap tahunnya. Pendapat demikian diungkapkannya pada Online Menyambut Hari Hipertensi Sedunia, Selasa (6/6/2023). Oleh karena dampak lanjutannya ialah penyakit menakutkan seperti gagal ginjal, stroke, bahkan serangan jantung, Menteri Kesehatan menghimbau pada warga untuk teratur mengecek tensi darahnya.

 

 

Tanda-tanda Darah Tinggi

Gejala-gejala & tanda-tanda hipertensi mungkin adalah sakit kepala, kepala pusing, napas sesak, nyeri dada, juga masalah pada pandangan. Namun kerap kali hipertensi harus diingatkan sekali lagi malah tanpa menunjukkan tanda-tanda apapun.

 

 Salah Satu Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Adalah

 

Pentingnya Mengetahui Cara Turunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Melindungi tensi darah normal Anda begitu penting untuk pemeliharaan kesehatan dalam waktu yang panjang. Tekanan tinggi yang tidak dikendalikan akan peningkatan akibat negatif seperti kerusakan jantung, serangan stroke, gagal jantung, dan kerusakan organ vital lainnya.

Lakukan Pengukuran Rutin Agar Tahu Ukuran Tekanan Darah Tinggi Anda Terupdate

Mengukur tekanan darah secara rutin dengan tensimeter penting dalam menjaga kesehatan. Dengan melakukan pengukuran seseorang bisa mengawasi dampak negatif berlangsungnya perkara kesehatan seperti penyakit hipertensi ataupun hipotensi. Dalam beberapa kasus tekanan darah tinggi maupun rendah bisa jadi itu merupakan pertanda awal mula persoalan kesehatan yang kian serius.

Anda dianjurkan mempunyai tensimeter sendiri terutama untuk orang yang telah terdiagnosa sebagai penderita tekanan darah tinggi. Hal ini supaya Anda tidak usah bolak-balik antre di rumah sakit ataupun klinik dokter untuk pemeriksaan rutin.

Mari Dibaca juga tulisan tentang Berapakah Tensi Normal Sesuai Kategori Umur (Balita Hingga Lanjut umur)

Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Tensi Tinggi

Dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter merupakan salah satu tehnik menurunkan hipertensi maupun kolesterol di dalam darah sekaligus. Namun demikian untuk hasil yang maksimal konsumsi obat harus disertai perombakan kebiasaan hidup. Lalu bagaimanakah trik menurunkan tekanan darah atau kolesterol secara berbarengan tanpa mengkonsumsi obat ?

Olahraga Rutin

Langkah normalkan hipertensi serta kolesterol hasilnya bisa lebih efisien dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Tujuan dari olahraga yakni untuk melatih otot-otot jantung supaya lebih kuat. Saat jadi kuat jantung akan mampu memompa darah makin banyak tanpa memaksakan performa otot jantung terlalu berlebihan. Efek bagusnya adalah tekanan pada pembuluh darah Anda ikut pula menurun.

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh jika berolahraga secara teratur seperti: tubuh akan merangsang enzim-enzim yang fungsi utamanya adalah menghalau kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati (liver) yang lalu diubah menjadi zat yang mensupport proses pencernaan serta dikeluarkan dari dalam tubuh.

The Department of Health and Human Serviss (HHS) menyarankan kita berolahraga intensif sebagai langkah menurunkan tekanan darah tinggi juga kolesterol dan secara teratur melakukannya 150 menit per minggu. Jenis olahraga yang tergolong dalam kategori intensitas menengah adalah seperti berenang, aerobik, jogging, bersepeda, naik tangga, atau berjalan. Studi dari The College of Physicians of Canada memperlihatkan bahwa latihan aerobik dengan intensif menengah terbukti mampu mencegah dan mengelola penyakit tekanan darah tinggi tingkat satu. Makin sering kita melakukan olahraga akan makin banyak juga kolesterol jahat yang akan dikeluarkan oleh tubuh kita.

Atur Pola Makan Sehat

Rutinlah melahap asupan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran fresh, biji-bijian, ikan tidak lupa makanan rendah lemak.

Hindari Asupan Pemicu Hipertensi & Kolesterol

Langkah mengontrol tekanan darah & kolesterol dapat dilakukan dengan menghindari dari beberapa makanan berikut:

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji (junk food) umumnya dimasak dengan banyak garam dan minyak yang memiliki kandungan natrium (na) dan lemak yang sangat tinggi. Makan asupan seperti ini pasti bakal menambah tekanan darah serta takaran kolesterol jahat (LDL) sekaligus. Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam badan Anda akan menjadi plak-plak yang selanjutnya memblock pembuluh darah.

Daging Olahan

Daging olahan tentunya memanfaatkan garam bernatrium tinggi menjadi bahan pengawet awet atau tidak cepat basi. Berdasarkan lembaga United States Department of Agriculture menyatakan bahwa baru 2 irisan daging olahan saja sudah memiliki kandungan natrium kira-kira sebesar 567-910 mg. Daging olahan juga mempunyai kandungan dengan persentase lemak jenuh yang bahkan sampai jauh lebih tinggi daripada daging merah yang fresh. Memakan daging olahan memiliki sangkut paut dengan efek negatif meningkatnya kolesterol jahat.

Keju Olahan

Bila Anda pencinta keju olahan namun sebaliknya adalah penderita tekanan darah tinggi mulai saat ini untuk batasilah atau bahkan juga tinggalkan saja makanan tersebut. Keju olahan ternyata memiliki kandungan natrium fosfat di mana di tiap-tiap 28 gr hidangannya juga telah ada terkandung sebesar 377 natrium!!

Bolu & Hidangan Pencuci Mulut

Lemak jenuh dengan gampang temukan pada produk buatan susu. Produksi susu yang lain seperti es krim juga memiliki kandungan lemak yang bahkan lebih banyak dibanding junk food hamburger. Bahkan kadar lemak jenuhnya bisa mencapai 2x lebih banyak jika dibandingkan gula pada donat. Makanya stop mengonsumsi cake, kue, kukis juga makanan-makanan lain yang ada kandungan olahan susu, krim serta mentega terlalu berlebihan.

Kurangi Asupan Garam, Lemak Jenuh & Lemak

Membatasi mengonsumsi garam akan mengontrol akibat negatif hipertensi. WHO menyerukan tidak hanya buat menjaga tekanan darah tinggi saja, dan juga untuk menjaga kadar kolesterol tubuh. Lembaga organisasi kesehatan dunia itu juga merekomendasikan minimal garam yang dikonsumsi tak lebih 5 gr atau satu sendok teh. Patut diingat bahwa jumlah itu mewakili semua makanan yang disantap dalam keseharian.

Lakukan Diet DASH

Diet DASH adalah salah satu trik untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol tubuh, sekaligus meminimalisir konsumsi garam – lemak. Ketentuan diet sehari-harinya menitikberatkan pada bagaimana mengurangi asupan garam, gula, lemak, buah-buahan, sayur-mayur hijau fresh, & gandum utuh. Program diet ini dihitung dengan menggunakan pemikiran 2000 kalori perharinya. Simak takaran santapan dari tiap makanan dalam program diet DASH:

Biji-bijian (6-8 sajian)

Usahakanlah pilih dan makan yang utuh contohnya roti gandum, sereal gandum, pasta gandum utuh, beras cokelat ataupun oatmeal. Dalam sekali hidangan disajikan hanya satu belah roti atau satu ons sereal kering di mana dalam tiap satu jatahnya terdiri dari 170 gr. Seporsi biji-bijian yang takarannya 170 gram , nasi yang telah diolah terlebih dahulu, pasta atau juga oat.

Sayuran (4-5 sajian)

Sayur memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah makanya sangat baik untuk melindungi tekanan darah jadi lebih stabil. Dalam setiap hidangan Anda disarankan ada 170 gram sayuran yang terdiri dari sayuran mentah atau yang telah diolah diolah terlebih dahulu serta sayur yang diblender.

Buah (4-5 sajian)

Satu hidangan buah terdiri dari satu butir apel dan jeruk berukuran menengah atau 170 gr buah fresh ditambah satu 1/2 cangkir (150 gr) juice.

Yogurt Tanpa Lemak

Hidangkan hanya Satu cangkir yogurt free fat setiap hari.

Kacang dan polong-polongan

Nikmatilah hanya 5 porsi makanan tersebut tiap minggunya di mana dalam sebuah suguhan mengandung 43 gram kacang dan 2 sendok makan biji-bijian atau boleh juga 170 gram cangkir kacang polong yang sebelumnya diolah.

Saat melaksanakan program DASH ukurlah apa yang Anda makan Anda setiap hari:

Salt Disarankan mengonsumsi hanya 1.500 milligram (mg) saja per harinya atau seperempat sendok teh garam.

Lemak maupun minyak (dan yang termasuk mentega maupun butter) 1 sendok makan /hari. Mayones maupun saus salad jangan lebih 2 sendok makan saja.

Sugar Asupan yang mengandung gula dibatas hanya sejumlah 1 sdk makan gula atau selai saja.

Daging atau lemak Batasi mengonsumsi daging enam porsi saja per harinya atau dianjurkan kurang dari itu dimana tiap porsinya seberat 6 ons.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah metode turunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol yang sangat jitu. Rokok dipastikan sebagai faktor utama yang memicu tekanan darah tinggi juga kolesterol tinggi. Jika Anda menghisap rokok sama saja level kolesterol baik yang ada di dalam tubuh kita akan jadi semakin dikit. Padahal kalau mau jujur kolesterol baik ternyata memiliki fungsi vital dalam menyelesaikan kolesterol jahat yang menggumpal yang menutup pembuluh darah Anda. Belum lagi kandungan nikotinnya juga jadi biang kerok penyempitan pembuluh darah hingga membuat jantung jadi berdetak cepat dimana ujungnya hipertensi.

Tidak Minum Alkohol

Langkah efektif lainnya menekan tensi darah tinggi merupakan secara total stop megonsumsi alkohol. Banyak kajian memperlihatkan bahwa alkohol nyata-nyata dapat menaikkan tekanan darah. Konsumsi alkohol berkelanjutan akan mempertingkat dampak negatif hipertensi kritis.

Jaga Berat Badan Ideal Anda

Bila Anda mengalami berat badan (BB) juga memiliki darah tinggi maka sekaranglah saatnya menurunkan bobot badan Anda. Harus disadari bahwa kegemukan bakal mengakibatkan sindrom metabolik yang menambah resiko buruk diserang penyakit jantung, hipertensi, maupun terserang stroke juga penyakit-penyakit terkait penyakit pembuluh darah lain. Bila Anda mampu menjalankan diet dan berolahraga secara rutin seperti yang telah diterangkan sebelumnya pastilah tubuh Anda akan mendapat bonus pengurangan berat tubuh yang diharapkan. Yuk menghitung berapakah seharusnya berat tubuh ideal Anda saat ini dengan mengklik gambar di bawah ini

Suplemen Hipertensi

Berikut merupakan beberapa kandungan suplemen herbal yang secara tradisional mempunyai fungsi membantu menurunkan tensi darah juga mengendalikan kolesterol.

Asam Lemak Esensial, Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang teramat penting untuk kesehatan jantung begitu juga dengan pembuluh darah kita. Suplemen ajaib omega-3 mampu membantu turunkan tekanan darah juga mengurangi peradangan pada badan kita. Sumber-sumber omega-3 merupakan berasal dari jenis ikan dengan kandungan lemak alami tinggi contoh ikan salmon, sarden serta ikan trout. Anda juga bisa mendapatkan faedah penting kandungan dari asam lemak essensial di dalam Nutrimax Omega Complex dengan mudah serta harga yang dapat dijangkau. Sebagai informasi tambahan, selain asam lemak essensial, suplemen ini pula punya kandungan Organic Flax Seed Oil, Alpha Linolenic Acid, Oleic Acid, Linoleic Acid, Borage Seed Oil, d-Alpha Tocopheryl Acetate (Vit E) Oil juga Gelatine (Bovine Bone).

Ultra Garlic

Ultra garlic (juga dalam bahasa awam dikenal sebagai Bawang putih) sudah dimanfaatkan dalam teknik penyebuhan tradisional untuk mengendalikan tensi tinggi dan pelbagai penyakit lainnya. Senyawa allicin yang terkandung di dalamnya dipercaya mempunyai dampak memperlebar pembuluh darah dan tingkatkan kelancaran peredaran darah. Bila Anda tertarik untuk melakukan terapi tensi tinggi secara alami dengan memanfaatkannya konsumsilah suplemen Nutrimax Ultra Garlic. Terapi ini bukanlah cara yang biasa, karena produk suplemen ini memakai Pure-Gar yakni merek garlic yang sudah diolah dengan tehnologi mutakhir dan sudah dipastikan teruji kualitasnya: Mudah diserap tubuh serta tidak menimbulkan dampak aroma tidak sedap setelah mengonsumsinya.

Hawaiian Noni

Hawaian Noni merupakan tumbuhan yang berasal Hawai dan sudah dipakai masyarakat tradisional di sana dalam teknik penyembuhan tradisional selama bertahun-tahun lamanya. Buah ini mempunyai kandungan yang bekerja dengan efisien mengontrol tekanan darah tinggi Anda. Bila Anda pasien hipertensi dan mau memperoleh kegunaan dari Hawaian Noni, Anda dapat beli Hawaian Noni Nutrimax di gerai kesehatan maupun apotik yang paling dekat dari lokasi Anda.

Fruitflow®II

Fruitflow®II memiliki arti suatu kandungan alami yang diekstrak dari tomat matang via proses enzimatik. Materi ini amat kaya peptida bioaktif yang dapat menolong kesehatan jantung melalui cara meminimalisir agregasi platelet. Secara umum Fruitflow®II dalam Circu Health Nutrimax dianggap berperan dalam menghambat pembekuan, mengawasi kelancaran saluran darah, untuk mengontrol tekanan darah dalam range yang sehat, memberikan dukungan peranan normal jantung serta struktur peredaran darah dan lain-lain.

Catatan Untuk Jadi perhatian Sebelum mengkonsumsi suplemen untuk hipertensi sangat perlu untuk berdiskusi ke dokter atau ahli kesehatan lebih dahulu. Mereka akan memberikan anjuran berdasar situasi kesehatan Anda dan memastikan tak ada interaksi yang tidak diingini terhadap obat lain yang Anda konsumsi.

 

Naik Darah, Dampak Buruk Bila Tidak Segera Diatasi

Langkah menurunkan darah tinggi dan kolesterol yang tepat akan membuat tubuh kita bebas dari penyakit yang terkait dengan masalah jantung dan pembuluh darah diantaranya:

Stroke

Tekanan darah yang menurun juga akan dapat menurunkan akibat negatif Anda terkena stroke. Sebaliknya jika tensi darah terlalu tinggi bakalan menjadikan pembuluh darah jadi kaku serta menyempit. Gumpalan darah yang terbentuk bergerak ke otak yang pada akhirnya supply oksigen jadi terhalang. Hal inilah yang lalu membuat penyumbatan pembuluh darah bahkan lebih parah lagi pecah.

Serangan Jantung

Turunkan tekanan darah serta kolesterol bakal membuat kita terhindar dari akibat negatif terserang heart attack (serangan jantung). Tekanan darah tak terkontrol atau terlalu tinggi berdampak pada pembuluh darah kita kaku serta menyempit. Di situlah sisa ruangan pembuluh darah jadi semakin berkurang dan mengeras. Hal demikian menyebabkan penggumpalan darah serta aliran oksigen ke jantung terhenti. Keadaan ini lalu menjadikan otot jantung terganggu dan dada menjadi nyeri.

Penyakit Arteri Perifer

Pembuluh darah yang kaku atau rusak karena tekanan darah tinggi dapat sebabkan plak-plak kolesterol yang menghambat aliran darah ke arah kaki serta tungkai sehingga muncullah rasa sakit atau kematian jaringan.

Kematian

Ini alasannya kenapa darah tinggi dikenal juga sebagai “silent killer” alias pembunuh diam-diam. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan beberapa komplikasi penyakit yang memberikan ancaman nyawa penderita. Tekanan darah yang tidak terkontrol yakni kondisi klinis yang ditandai dengan tekanan darah yang konsisten tinggi di arteri. Tekanan darah yang meningkat secara kronis akan berdampak pada kerusakan pada organ-organ tubuh yang terpenting seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, juga otak. Penanganan yang tidak tepat dan prudent akan meningkatkan akibat negatif penyakit serangan jantung, serangan penyakit stroke, kegagalan ginjal, serta komplikasi serius lainnya hingga berujung pada kematian.

 

Kesimpulan Salah Satu Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Adalah

Untuk berhasil menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dibutuhkan mengubah lifestyle yang sehat juga kedisiplinan yang tinggi. Jika berdisiplin tinggi menuruti langkah-langkah yang telah diijabarkan sebelumnya, Anda mampu mengontrol tensi darah yang tinggi secara cepat. Mari jaga selalu jantung yang sehat dan kuat dengan tidak ada cara lain mempertahankan tensi darah normal Anda.

 

Sumber:
Inilah Tips Turunkan Hipertensi Dengan Cepat & Alami – halodoc.com
21 Asupan Penurun Tensi Tinggi Dengan Alami yang Ampuh – klikdokter.com
6 tips sederhana buat turunkan tensi Anda – Kementerian Kesehatan
Darah Tinggi Merupakan Elemen Biang Kerok Terjadinya Stroke – Unila

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa