Yang Menyebabkan Imun Turun – Wajib Tahu 13 Penyebabnya

#imunitasturun #imunitasterganggu #imunitaslemah #imunitasmenurun #giziseimbang #sistemimun #imunitastubuh #makananpenurunimun #stres #imun #penyakit #imunologis #infeksi #imunodefisiensi #imunitasrendah #sakit #tidur #virus #asamfolat #vitaminC #vitaminD #imunmenurun #penyebabimunmenurun #antibiotik #kurangistirahat

Dalam mengatasi penurunan sistem kekebalan tubuh, penting untuk menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan imunitas dan apa saja yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Simak artikel penting berikut ini berjudul 13 Faktor yang Menyebabkan Imun Turun. Silahkan baca hingga tuntas untuk mendapatkan imunitas tubuh yang kuat.

 

yang Menyebabkan Imun Turun

 

Imun Menurun, Definisi

Penurunan imunitas tubuh adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah dan rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Penyebab penurunan dapat bervariasi yang nanti akan kita bahas satu persatu. Beberapa tanda dan gejala penurunan imunitas meliputi mudah lelah, sering sakit, infeksi berulang, dan kesulitan dalam memerangi penyakit.

 

 

13 Hal Yang Menyebabkan Imun Turun

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh atau imunitas:

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 7 jam per malam lebih rentan terhadap infeksi. Pastikan Anda tidur cukup setiap malam untuk menjaga sistem imun Anda tetap kuat.

Pola Makan yang Buruk

Kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan karbohidrat kompleks. Hindarilah makanan olahan yang tinggi lemak jenuh dan gula.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari, seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan sistem imun Anda.

Stres

Stres dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Cobalah untuk mengelola stres dengan cara yang sehat, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya. Jangan biarkan stres mengendalikan hidup Anda.

Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Vitamin ini dapat didapatkan dari paparan sinar matahari dan makanan tertentu, seperti ikan, telur, dan susu. Pastikan mengkonsumsi cukup vitamin D setiap hari.

Nutrimax menghadirkan beberapa produk suplemen yang kaya akan vitamin D, diantaranya adalah: Vitamin D3 Nutrimax: 1000 IU 60 Tablet, Vitamin D3 400 IU Syrup 120 ml, Vitamin D3 400 IU 120 Tablet, serta Vitamin D3+K2 30 Kapsul & 60 Kapsul

Merokok

Merokok dapat merusak sistem imun. Nikotin dalam rokok dapat merusak sel-sel yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi. Cobalah berhenti merokok untuk meningkatkan kesehatan sistem imun Anda.

Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Cobalah untuk membatasi konsumsi alkohol Anda dan minumlah dengan bijak.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis, seperti diabetes atau kanker, dapat menyebabkan penurunan sistem imun. Pastikan Anda mengelola kondisi kesehatan Anda dengan baik dan melakukan tindakan

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin C, vitamin D, atau selenium, dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi yang kurang juga dapat memperburuk kondisi medis yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV atau kanker.

Obesitas

Obesitas dapat menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh. Kegemukan berlebih juga dapat meningkatkan risiko infeksi.

Usia

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh cenderung menurun, meningkatkan risiko infeksi dan penyakit lainnya.

Paparan Zat Berbahaya

Paparan zat berbahaya, seperti polutan udara atau bahan kimia beracun, dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi.

Dehidrasi

Menurut Siloam Hostpital, kekurangan cairan bisa menjadi pemicu penurunan imun, padahal organ-organ tubuh kita seluruhnya bergantung pada air. Perlu Anda pahami, fungsi utama air dalam tubuh kita adalah membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel-sel, menjaga mulut, hidung, serta melembabkan tenggorokan agar terhindar dari penyakit.

Anda harus rajin-rajin mengkonsumsi air. Karena kita selalu kehilangan air dengan buang air kecil, buang air besar, berkeringat, bahkan ketika kita bernapas sekalipun ! Kehilangan ini harus segera Anda gantikan.

Mengkonsumsi Antibiotik Tanpa Anjuran Dokter

Penggunaan antibiotik secara serampangan tanpa seizin dokter dapat menyebabkan tubuh mengalami kebal obat. Kondisi ini sangat berbahaya manakala Anda menderita infeksi serius.  Dampak lainnya, dapat menekan sistem daya tahan tubuh sendiri.

Tips penggunaan antibiotik: hanya meminum antibiotik dengan resep dokter, habiskan sesuai anjuran dokter, dan jangan pernah menebus obat antibiotik setengah dari yang diresepkan demi menghebat biaya.

 

 

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa