Yuk Simak Tips 8 Cara Agar Sperma Sehat

#caramembedakan #tidaksubur #pria #cepathamil #warnaspermaencer #kesuburanpria #sperma #kualitassperma #fertilitas #kesuburan #obatkesuburan #spermasubur #infertilitas #kesuburanpria #spermatogenesis #sehatreproduksi #testissakit #obatspermasubur #makanansehat #olahragasehat #sayuransehat #buahsehat #vitaminpria #asamfolat #seng #proteinpria #suplementasi #pemanasansebelumhubungan #kondisiokulasi #penyebabinfertilitaspria #hidupsehat

Untuk menjaga sperma agar tetap sehat, ada beberapa langkah dan kebiasaan yang dapat Anda ikuti. Menjaga kesehatannya adalah faktor penting bagi pasangan ingin memiliki keturunan.. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengenali bagaimana caranya agar sperma sehat.

 

cara agar sperma sehat

 

Sebelum sampai di sana, Anda perlu mengetahui perbedaan antara sperma dan mani. Kedua istilah ini sering disalahartikan oleh orang awam. Pertama, yuk kita bahas definisinya.

Sperma atau spermatozoa (dalam bahasa Inggris: Sperm) adalah sel dari sistem reproduksi pria yang membuahi sel telur untuk membentuk zigot: Sel yang mengandung kromosom lengkap dan menjadi cikal bakal embrio.

 

Bagaimana Perbedaan Mani Dengan Sperma ?

Mani dan sperma orang normal selalu dianggap sebagai dua hal yang sama. Selain itu meski sama-sama berasal dari kelamin laki-laki, namun kedua hal tersebut berlainan. Lalu apa bedanya?

Sperma merupakan sesuatu yang dikeluarkan saat pria ejakulasi. “Jadi kandungan air mani terdiri dari sperma bersama dengan nutrisi-nutrisinyanya yang mendukung zat-zat untuk kelangsungan hidup sperma nantinya,” jelas dr. Gito R. Wasian, Sp. z o.o. Dan pakar andrologi Pusat Kesuburan Anak Laki-Laki Indonesia dalam live chat Nutrimax baru-baru ini (23 Februari 2023).

Oleh karena itu, masalah perbedaan mani dan sperma menjadi jelas: jika sperma merupakan bagian dari mani yang tidak terlihat oleh mata telanjang, maka harus diperiksa atau dilihat di bawah mikroskop.

 

Kenali Bagaimana Ciri yang Ideal

Langkah awal agar program hamil berhasil adalah dengan memahami terlebih dahulu karakteristiknya yang sehat. Secara tradisional, wanita telah dianggap sebagai kontributor utama keberhasilan atau kegagalan program kehamilan. Tentu anggapan ini kuno dan tidak selalu benar.

Pria juga harus “bertanggung jawab” atas berhasil atau tidaknya program kehamilan yang direncanakan. Ketika pasangan sudah dijodohkan, pria suka atau tidak suka harus memperhatikan dan menjaga, untuk meningkatkan kualitas sperma dan mani.

Volume Cairan Cukup

Program kehamilan yang ideal membutuhkan sekitar 2-5 mililiter jumlah sperma yang dikeluarkan saat pria ejakulasi. Jika turun di bawah nilai tersebut, berarti sperma dengan keadaan sakit, yang disebut juga hipospermia (jika berlebihan disebut hiperspermia).

Tidak Berbau Amis

Idealnya, sperma pria berbau seperti daun akasia. Namun, jika berbau amis atau bahkan sangat amis, sebaiknya perhatikan radang uretra, prostat, atau bagian lainnya.

Perhatikan bahwa prostat adalah kelenjar seukuran buah kenari yang hanya dimiliki oleh pria. Itu ada di bagian bawah kandung kemih. Prostat berkaitan erat dengan mekanisme reproduksi lelaki. Ketika kelenjar ini dalam kondisi sakit, hal itu menyebabkan masalah kesuburan pria.

Mengandung Cukup Sel Sperma

Mengetahui status kesehatan sperma terbaru membutuhkan analisis ahli dengan mikroskop yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Idealnya, pria dengan fungsi reproduksi yang sehat memiliki jumlah sperma yang cukup banyak: 1 mililiter mengandung setidaknya 20 juta sperma, yang memiliki bentuk normal dan dapat bergerak dengan cepat. pH sperma normal

pH Normal

Karakteristik dari kualitas sperma yakni nilai pH normal. Sperma yang sehat memiliki pH minimal 7,2-7,8 ​​(basa). Jika lebih rendah, itu adalah infeksi pada alat vital pria. PH (potensial hidrogen) sendiri merupakan derajat keasaman sperma.

Likuifaksi

Pencairan mengacu pada kemampuan sperma untuk bertransformasi dari gel menjadi cair. Sperma yang tidak berganti kulit dalam waktu 15-20 menit dapat berenang menuju sel telur.

Konsistensi Kekentalan Cairan Sperma

Sperma yang sehat dicirikan dengan mani kental. Jika sebaliknya terjadi, ada masalah: Hal ini diyakini karena rendahnya jumlah spermatozoa, seringnya ejakulasi atau kekurangan seng (Ini adalah salah satu mineral terpenting dalam tubuh, yang sayangnya tdk dapat dilakukan produksi oleh tubuh dengan sendirinya. Untuk melakukan ini, Anda musti mengisinya kembali dengan diet ketat .tinggi seng atau suplemen seng.)

Mudah-mudahan setelah membaca tentang ciri pergerakan sperma yang sehat, pengetahuan Anda soal kesuburan laki-laki akan semakin bertambah. Ingat, jika dengan mata telanjang terlihat (diduga) tidak sehat, jangan khawatir, segera konsultasikan masalah ini ke dokter.

Supaya pengetahuan Anda semakin dalam, yuk simak diskusi Nutrimax dengan dr. Gito R. Wasian, Sp. And, Dokter Androlog dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia tentang apa karakteristik bentuk sperma yang sehat itu.

 

 

Yang Sehat Berwarna Apa ?

Warna sperma bervariasi. Secara umum, sperma yang sehat berwarna keputihan. ada warna selain white? Ya. Penting untuk diketahui bahwa warna sperma bisa berubah yang menandakan kondisi yang normal atau bisa juga merupakan tanda penyakit.

Meski perbedaan warna sperma itu sendiri bisa disebabkan faktor genetik, pola makan dan kesehatan si pria. Cairan mani yang berfungsi sebagai penampung sperma bisa berwarna bening, putih, kuning, abu-abu, merah jambu, merah, coklat dan juga hitam.

Bening, putih, dan abu-abu

Ketiga warna tersebut merupakan ciri sperma yang sehat dan normal. Padahal perbedaan ketiganya dipengaruhi oleh konsentrasi mineral, protein, hormon dan enzim pada kelenjar reproduksi pria.

Kuning

Ada banyak penyebab mengapa sperma manusia terlihat agak kekuningan, yaitu:

1. Tercampur Urin. Saat Anda ejakulasi, ada kemungkinan besar sperma Anda akan bercampur dengan urin Anda. Itu sebabnya sperma terlihat kuning.
2. Kuning juga bisa disebabkan makanan yang mengandung pigmen kuning alami, contoh kunyit.
3. Perokok atau peminum alkohol. Sperma kuning juga bisa terjadi pada orang yang gemar merokok atau sering minum minuman beralkohol

Apakah warna-warna ini merupakan tanda bahwa ada masalah dengan benih Anda? Belum tentu. Jika kondisi ini disertai dengan ketidaknyamanan yang mengganggu, disarankan untuk berhati-hati. Jika demikian, Anda harus menghubungi dokter Anda. Bisa jadi Anda sedang menderita penyakit kuning, leukositospermia, prostatitis, atau bahkan penyakit menular seksual (PMS).

Merah atau Merah Muda

Sperma berwarna merah atau merah muda bisa menandakan bahwa sperma Anda bercampur dengan darah segar (hematospermia). dari mana darah berasal Berbagai penyebab bisa disebabkan kelainan prostat, testis, masalah saluran kemih, PMS atau tekanan darah. Jika Anda memiliki penyakit seperti itu, segera dapatkan bantuan medis.

Oranye atau Cokelat

Alasannya terletak pada efek suplemen vitamin B atau antibiotik. Warna oranye atau coklat dapat mengindikasikan darah beroksigen dalam air mani.

Hitam

Terdengar menakutkan? Ya, warna hitam tersebut bisa disebabkan oleh darah yang sudah lama berada di dalam tubuh. Alasan berbeda: Cedera tulang belakang dan kadar logam yang tinggi.

Tentu saja, sperma tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun jika dilihat dari warnanya, setidaknya kita mengetahui warna sperma yang sehat, yang dicampur dengan sperma untuk menentukan kesehatan reproduksi.

Ini adalah gambaran warna sperma yang sehat. Apakah warna sperma ideal? Semoga. Akan tetapi jika warnanya tidak jelas, tidak abu-abu atau tidak putih, segera hubungi dokter andrologi.

 

8 Cara Supaya Sperma Sehat

Yang terpenting dan terpenting adalah mengubah gaya hidup dan keadaan psikologis Anda bersama pasangan. Perhatikan poin-poin berikut:

Turunkan Berat Badan Anda Sekarang

Obesitas bisa menjadi penyebab rendahnya jumlah sperma. Berolahraga secara rutin dan atur pola makan untuk menjaga berat badan ideal.

Jaga Asupan Anda Sehari-hari

Tambahkan makanan kesuburan pria yang baik, bawang putih, kacang-kacangan, tiram, salmon, atau cokelat hitam ke dalam diet Anda.

Minum Suplemen Jika Diperlukan

Jika makanan yang dikonsumsi tidak cukup, lebih baik mengonsumsi suplemen. Anda mesti berkonsultasi dengan dokter untuk ini, terutama yang perlu Anda ketahui tentang kandungan suplemen makanan.

Berikut adalah suplemen Nutrimax yang bagus dikonsumsi dalam rangka membantu meningkatkan kesehatan sperma Anda: Stamina X Nutrimax, Male Formula RX Nutrimax, serta Coenzyme Q-10 Nutrimax.

Jauhi Alkohol

Untuk mendapatkan saran ini tidak perlu Anda konsultasi ke dokter. Pasti Anda akan mendapatkan jawaban: “hindari alkohol, rokok maupun narkoba”, jawaban template yang tak perlu mengeluarkan uang.

Jangan Kenakan Underweare yang Ketat

Pakaian dalam yang ketat meningkatkan suhu testis. Keadaan ini secara alami dapat memengaruhi kualitas dan produksi sperma.

Kelola Stres

Manajemen stres juga merupakan kunci terpenting untuk sperma yang sehat. Untuk mengurangi stres, lakukan aktivitas yang berdampak positif pada hidup Anda. Bila perlu, konsultasikan dengan psikolog, pendeta, pendeta, dll, yang dapat menenangkan hidup Anda.

Tentu Saja, Konsultasi ke Dokter

Kapan saya dan pasangan harus menemui dokter agar mendapatkan diagnosa serta penanganan yang tepat untuk kehamilan? Berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Anda telah berhubungan seks secara teratur selama 12 bulan dan berusia di bawah 35 tahun
2. Tidak lebih dari 12 bulan berhubungan seks secara teratur, Anda berusia di atas 35 tahun
3. Anda tidak harus menunggu 1 atau 2 tahun seperti di atas, tetapi Anda jelas merasa tidak memiliki sperma yang sehat.

Jangan Terlalu Berpatokan Dengan “Keberhasilan” Pasangan Lain

Hal ini juga paling sering dialami oleh pasangan belum memiliki anak: Suami pasangan A gendut tapi masih bisa punya anak, suami pasangan B merokok tapi istri masih hamil, suami pasangan C masih memakan apa yang mereka suka, gorengan, istri masih bisa hamil, dll.

Itu berarti pasangan yang “sukses” memiliki ruang milik mereka, bukan milik Anda. Tidak apa-apa dengan mereka, tentu saja tidak dengan Anda. Jangan jadikan gaya hidup yang lebih buruk mereka sebagai alasan untuk pembenaran kebiasaan buruk Anda. Faktanya adalah Anda tidak dikaruniai seorang bayi. Itu adalah fakta. Jadi fokus saja ke kenapa sampai sekarang belum dikaruniai anak.

Agar tambah dalam tentang permasalahan ini, silahkan baca artikel Lika Liku Kesuburan Laki-laki

Semoga artikel tentang tips supaya sperma subur dan sehat bermanfaat untuk Anda. Kami doakan Anda segera mendapatkan apa yang diidam-idamkan. Sampai jumpa di artikel-artikel berguna lainnya, good luck. 

 

Baca Juga Referensi

7 Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Bisa Menentukan Tingkat Kesuburan Pria
Bukan Cuma Kental, Ini Ciri Sperma Sehat yang Harus Diketahui

 

# cara meningkatkan kualitas sperma #
# vitamin baca juga selain itu dapat menurunkan cara meningkatkan kualitas #
# dihindari panjang kamu kali kurang merusak risiko dibutuhkan menurunkan rumah menerapkan reserved hasil penurunan media melalui panduan hingga melindungi ekor kepala mungkin informasi bahan termasuk penelitian tertentu terhadap sehingga pergerakan ingin lainnya berbagai konsultasi pergerakan risiko rumah vitamin health terhadap #

Istilah-istilah Terkait (TAG)

Logo Nutrimax

Merek food supplement berkualitas terbaik, dengan lebih dari 70 produk. Semua produk Nutrimax telah teregistrasi di BPOM & Dijamin Halal.

Customer Care

Customer Care kami ada di seluruh Indonesia, siap membantu Anda (Setiap Hari kerja, 09:00 – 18:00). Klik link (area) di bawah sesuai domisili terdekat Anda: Jakarta, Bogor, Aceh, Sumut, Kepri, Jambi dll

Clarissa